alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Kota Mataram Masuk Pengembangan Smart City Tahap III

MATARAM-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) mengumumkan bila Kota Mataram telah siap memasuki pengembangan Smart City tahap III.

“Kita sudah melakoni tahap I dan II,” kata Kepala Diskominfotik Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa, kemarin (11/10).

Total ada empat tahapan. Dengan demikian dua tahapan lagi, maka paripurna pengembangan Smart City di Kota Mataram.

“(Di tahap III) kita akan mengembangkan program kegiatan terkait dengan masterplan yang mendukung Kawasan Pariwisata Nasional Mandalika,” ungkapnya.

Informasi rencana pengembangan yang diungkapkan Suwandi menarik. Mengingat kawasan Pariwisata Nasional Mandalika tidak berada di Kota Mataram tetapi di daerah tetangga: Lombok Tengah (Loteng).

Namun ada semangat integrasi program untuk menyangga Mandalika sebagai tolok ukur pengembangan Smart City.

Sederhananya, daerah tidak lagi membangun ego masing-masing dalam mengembangkan wilayah tetapi menyeragamkan arah pengembangan pada menyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dikembangkan pemerintah pusat.

“Tetapi tentu dengan tetap diselaraskan dengan RPJMD kita,” ulasnya.

Sementara itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Mataram TGH Mujiburrahman mengatakan Kota Mataram terpilih dalam 2 program Smart City, yaitu Gerakan Menuju 100 Smart City dan Smart City Kawasan Pariwisata Nasional.

“Pelaksanaan program Smart City telah memiliki payung hukum yaitu Peraturan Walikota Mataram Nomor 34 Tahun 2019 tentang Masterplan Smart City Kota Mataram Tahun 2019-2024,” katanya.

Wawali berharap adanya peningkatan komunikasi dan koordinasi antar Kepala OPD untuk mendukung Mataram agar program Smart City berjalan dengan lancar.

Tim Ahli Masterplan Smart City Acuviarta Kartaba menyampaikan Penyusunan Master Plan Smart City kawasan pariwisata prioritas nasional merupakan agenda nasional.

“Fokusnya mendorong kawasan pariwisata prioritas nasional,” katanya. (zad/r3)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks