alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

96 Persen Lingkungan di Mataram Berstatus Zona Hijau

MATARAM-Pemkot Mataram melakukan evaluasi pencegahan Covid-19. Dalam evaluasi di Ruang Kenari, Kantor Wali Kota Mataram membahas beberapa isu strategis dalam penanganan Covid-19  di Kota Mataram.

“Intinya tiga hal yang ditekanankan dalam penanganan kasus Covid-19,” kata Sekda Kota Mataram H  Effendi Eko Saswito, kemarin.

Hadir dalam evaluasi tersebut Dandim 1606 Kota Mataram Kolonel Arm Gunawan, Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi, para asisten, staf ahli, dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Eko menggarisbawahi tiga pendekatan penting yang harus dipedomani oleh Satgas Covid-19 Kota Mataram. Pertama terbentuknya tim pengolah data oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan OPD terkait yang bertugas untuk mengolah data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Tersedianya data yang akurat merupakan  kunci dalam usaha-usaha menekan perkembangan Covid-19,” ujarnya.

Kedua, data yang telah diolah tersebut kemudian didistribusikan ke kecamatan untuk mendukung kelancaran proses vaksinasi di seluruh wilayah Kota Mataram.

Sementara ketiga, Satgas Covid-19 harus berkolaborasi dengan Dinas Sosial Kota Mataram dalam penyaluran bantuan yang tepat sasaran kepada masyarakat. “Data ini sangat penting untuk melakukan pencegahan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram dr H Usman Hadi menuturkan, kasus terkonfirmasi Covid-19 sudah saat ini menurun 19 persen, angka kematian 3,5 persen, dan angka kesembuhan mencapai  6 ribu orang.

Dari total 325 lingkungan di Kota Mataram tercatat 96 persen lingkungan zona hijau,  4 persen zona kuning, dan 0 persen zona merah. “Kabar baik lainnya adalah jumlah penerima vaksinasi di Kota Mataram terus meningkat,” ucapnya.

Saat ini lanjut dia, tercatat penerima vaksin dosis pertama telah mencapai 87,67 persen dan penerima vaksin dosis kedua tercatat sebanyak 57,58 persen. Dijelaskan, tantangan terbesar dihadapi Dikes bersama Satgas Covid-19 adalah menghijaukan zona kuning dan oranye.

“Kita juga sedang mengupayakan tercapainya target vaksinasi sebesar 100 persen walaupun terkendala ketersediaan vaksin,” ujarnya

Sementara Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi menuturkan, fokus utama penanganan Covid-19 di Kota Mataram adalah mempercepat terlaksananya vaksin dosis kedua bagi yang telah menerima vaksin dosis pertama. “Ini sangat penting dalam upaya mencapai target vaksinasi di Kota Mataram,” katanya.

Sedangkan Dandim 1606 Kota Mataram Kolonel Arm Gunawan mengapresiasi Kota Mataram atas upaya yang luar biasa dalam pencegahan Covid-19. Dimana Kota Mataram mampu menekan penyebaran kasus Covid-19. “Data target vaksin benar-benar harus ada. Begitu juga dengan sosialisasi harus menyentuh setiap lapisan masyarakat,” tuturnya. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks