alexametrics
Senin, 27 Juni 2022
Senin, 27 Juni 2022

Mataram Libur Korona, Guru Tak Mau Dituding Makan Gaji Buta

MATARAM-Libur panjang ditengah pandemi Covid-19 membuat stigma muncul kepada para guru. Mereka dinyinyiri sebagian masyarakat. “Ada yang bilang guru di masa pandemi ini makan gaji buta,” kata Kepala Disdik Kota Mataram HL Fatwir Uzali usai melantik kepala sekolah di kantor setempat, kemarin.

Stigma ini, kata Fatwir, harus dihapus. Karena, meski para guru libur, mereka tetap memberikan pembelajaran kepada anak didiknya. “Kan tetap ngajar secara online,” ungkapnya.

Ia tidak menampik, dalam pembelajaran daring yang dilakukan guru terjadi kendala. Mulai dari akses internet lelet hingga ada beberapa guru yang gagap teknologi.

Sejauh ini kata dia, guru-guru sudah memberikan tugas kepada siswa meski tidak bertatap muka. Bahkan, banyak guru menggunakan uang sertifikasi untuk membeli kuota internet hanya agar bisa menerapkan pembelajaran daring.

Baca Juga :  Makin Pedas, Harga Cabai di Mataram Tembus Rp 70 Ribu Per Kilo

“Kuota internet untuk guru juga sudah disiapkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” terang Fatwir.

Sementara itu, Kabid Dikdas Disdik Kota Mataram M Taufiq mengatakan, di masa pandemi seperti sekarang, dibutuhkan kecerdasan para kepala sekolah. Mereka harus berinovasi dan mampu menyemangati para guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

“Pada prinsipnya kasek harus bisa memanagerial sekolah itu sendiri,” tegasnya.

Kasek, kata Taufiq, ibarat manager di perusahaan. Bisa mengatur semua kebijakan di sekolah. “Jangan sampai enak di dirinya saja, tidak enak di gurunya,” terang dia.

Sejauh ini, ia melihat beberapa kasek memang kurang sepaham dengan guru. Tidak ada kecocokan. Apa yang menjadi kebijakan seorang kasek tidak selamanya akan diterima guru. Jadi, dibutuhkan persepsi yang sama dalam membangun sekolah.

Baca Juga :  Butuh Diskusi untuk Cari Solusi

“Ini kasek arahnya ke timur, para guru malah ke barat. Kan tidak jalan,” kata Taufik mengumpamakan. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/