alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Pedagang Bisa Tempati Lapak Loang Baloq, Sewa Rp 300 Ribu Per Bulan

MATARAM-Lapak Kuliner Taman Loang Baloq segera ditempati. “Mulai bulan depan sudah bisa ditempati,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi.

Saat ini, pihaknya hanya menunggu SOP. “Dasar penyusunan SOP itu nanti Perda. Saat ini Perdanya sudah mulai disusun dan nanti diajukan ke DPRD,” terangnya.

Turunan dari Perda nantinya akan dibuatkan Peraturan Wali Kota. Dalam aturan itulah, diatur biaya sewa. “Sewanya sekitar Rp 300.000 per bulan. Tapi sebelum aturan disahkan, masih gratis,” ungkapnya.

Untuk menggairahkan pariwisata Loang Baloq, tahun ini Dinas Pariwisata Kota Mataram menyiapkan sejumlah program promosi. Salah satunya kegiatan festival atau lomba layang-layang.

Namun kegiatan ini akan disesuaikan dengan kondisi pandemi. Apakah diizinkan atau tidak oleh gugus tugas. Mengingat beberapa kegiatan juga terancam tak bisa dilaksanakan dengan ketidakjelasan kapan berakhirnya pandemi.

Namun demikian, Denny mengaku Taman Loang Baloq tahun ini akan ditata. Menyusul Pemkot Mataram dapat kucuran anggaran Rp 11 miliar dari pusat.

“Untuk pembangunan Loang Baloq sudah fix dapat Rp 11 miliar untuk plaza, panggung pertunjukan, 15 gazebo, dua menara pengawas, hingga landscape,” paparnya.

Sementara rencana pengadaan bianglala masih menunggu kepastian kerja sama dengan pihak ketiga. Bulan Maret nanti rencana proyek penataan Loang Baloq mulai ditender. Lapak akan ditata secara keseluruhan mulai di sekitar area kolam semua akan ditata.

Sementara para pedagang di area Taman Loang Baloq sangat berharap bisa segera menempati Lapak Kuliner Taman Loang Baloq. Mereka meminta agar Dinas Pariwisata bisa memprioritaskan warga setempat.

“Tempatnya bagus. Mudahan nanti semakin ramai pengunjung yang datang ke Loang Baloq, ” ujar Mulinah, salah satu warga.

Pantauan Lombok Post, kondisi Lapak Kuliner memang sudah siap ditempati. Jaringan listrik hingga air sudah terpasang di bangunan ini. Taman juga sudah tertata rapi sehingga bantuan lapak kuliner ini tinggal ditempati. (ton/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks