alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Dinas PUPR Mataram Mulai Pasang Jaring Sampah di Kali Jangkuk

MATARAM-Pemerintah Kota Mataram merespons cepat persoalan sampah di Sungai Jangkuk yang mendapat sorotan sejumlah pihak. Melalui Dinas PUPR Kota Mataram, sejumlah petugas diterjunkan membersihkan sampah yang ada di Sungai Jangkuk.

“(Hari ini) kami lakukan pembersihan Sungai Jangkuk yang ada di Ampenan,” terang Kepala Dinas PUPR Kota Mataram Miftahurrahman kepada Lombok Post.

Petugas biru mengangkat sampah yang memenuhi Sungai Jangkuk. Khusunya yang nyangkut di sepanjang tepi sungai. Tak hanya itu, petugas Dinas PUPR juga langsung membawa jaring yang akan dipasang di bawah Jembatan Ampenan untuk menyaring sampah yang hanyut disungai.

“Hari ini kami persiapan pemasangan jaring sampah di Sungai Jangkuk Ampenan. Ya diusahakan (hari ini),” ungkapnya.

Ditanya apakah jaring sampah bisa dipasang di semua muara sungai yang ada di Kota Mataram, Miftah belum berani memastikan. Meskipun kepala lingkungan, lurah, hingga camat yang ada di Ampenan maupun Sekarbela meminta agar jaring sampah disediakan. Menyusul persoalan yang selalu dikeluhkan warga.

“Kami survei dulu untuk melihat kelayakan dan efektivitasnya. Kami sesuaikan juga dengan kondisi keberadaan armada, petugas dan lainnya,” ucap Miftah.

Sementara Pengamat Transportasi dan Infrastruktur yang juga pengurus Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Ampenan H Rudi Razak menegaskan, kebersihan sungai menjadi tanggung jawab semua pihak. Tak hanya pemerintah tetapi masyarakat dan semua elemen terkait.

“Sungai Jangkuk juga merupakan bagian wilayah kerja BWS NT1. Sudah selayaknya pengadaan jaring jembatan oleh BWS dan operasional pemelihaan oleh Pemkot Mataram bersama masyarakat peduli sungai,” saran mantan pejabat Dinas PUPR Provinsi NTB itu.

Ia juga menyarankan Pemkot Mataram koordinasi dengan Pemkab Lombok Barat terkait dengan sampah kiriman. Agar masyarakat bisa lebih ditertibkan. “Partisipasi DPRD Kota Mataram Dapil Ampenan juga dibutuhkan,” cetusnya. (ton/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks