alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

14 Simpang Persimpangan Jalan di Mataram Diawasi CCTV, Ini Daftarnya

MATARAM-Lampu lalu lintas berbasis Area Traffic Control System (ATCS) di simpang empat Tanah Aji sudah terpasang. Namun pengoperasiannya masih belum dilaksanakan.

“Sekarang menunggu tahap pemasangan jaringan, pemasangan kamera dan pengerjaan ruang kendali,” terang Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram M Saleh, kemarin (17/11).

Saleh mengaku pihaknya mengupayakan agar bulan ini lampu lalu lintas ATCS tersebut sudah rampung dan mulai dioperasikan. Sehingga sekat pembatas jalan Gajah Mada dan Jalan Airlangga bisa dibuka untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalan Sriwijaya dekat Lombok Epicentrum Mall dan Jalan Majapahit depan Taman Budaya NTB.

“Segera bulan ini, mohon agar warga bersabar,” pintanya.

Lampu lalu lintas ATCS ini adalah sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan. Tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

ATCS Mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi. Dalam keadaan tertentu, memberikan waktu hijau pada kendaraan yang memiliki prioritas.

Kabid Operasi dan Pengendalian Rekaya Lalu Lintas Arif Rahman memaparkan saat ini ada belasan lampu lalu lintas berbasis ATCS yang terpasang di Kota Mataram. Lampu lalu lintas ini terintegrasi dengan ruang command center Dishub Kota Mataram. Termasuk terkoneksi juga dengan aplikasi yang memungkinkan pemantauan bisa melalui smartphone.

Baca Juga :  Mengenal Baiq Yasmin, Siswi MTsN 1 Mataram yang Juga Juara Taekwondo

Beberapa titik lampu lalu lintas ATCS yang dilengkapi dengan kamera pengawas diantaranya simpang empat Rembiga, simpang empat Sweta, simpang Tiga Sweta, simpang empat Dasan Cermen, simpang empat Bank Indonesia, simpang empat Pagesangan, Jalan Udayana dan simpang empat Jalan Gajah Mada.

Kemudian ada juga di simpang tiga Turida, Jalan Sultan Kaharudin, utara Jalan Gajah Mada, Jalan Tuan Guru Bangkol, simpang empat Tanah Aji serta simpang empat Jalan Bung Karno dekat Kantor Golkar NTB yang saat ini sedang disiapkan. “Selain itu, ada ujuga kameran Kominfo yang kami gunakan untuk pengawasan lalu lintas. Di depan Taman Sangkareang dan beberapa titik lain juga ada terpasang,” papar Arif.

Pemasangan lampu lalu lintas ATCS ini didukung oleh anggota Komisi III DPRD Kota Mataram Ahmad Azhari Gufron. Sebagai Kota Metropolitan, ia sepakat untuk dilakukan pengaturan rekayasa lalu lintas dari sekarang. Karena puluhan tahun ke depan potensi kemacetan akan terus bertambah.

“Maka salah satu solusinya adalah ATCS ini. Saya sangat setuju pemasangan lampu lalu lintas ATCS untuk mengurai kemacetan,” paparnya.

Setelah ATCS di simpang empat Tanah Aji dipasang, ia juga meminta agar U Turn di depan Bank NTB dekat Lombok Epicentrum Mall (LEM) juga harus ditutup. Kemudian dipasangakan rambu larangan parkir di sekitar area jalan tersebut hingga depan LEM. Agar tidak terjadi kemacetan di area jalan itu.

Baca Juga :  Omzet Hotel dan Toko Pakaian di Mataram Turun Drastis

“Apalagi nanti di dekat LEM akan dibangun hotel. Maka ATCS ini sangat bangus dipasang untuk mengurai kemacetan,” ungkapnya.

Lampu lalu lintas ATCS ini juga diharapkannya bisa terkoneksi dengan sistem tilang elektronik yang diterapkan Polda NTB. Sehingga pengendara akan semakin disiplin di jalan raya. Ini juga bisa menjadi salah satu pendukung mencegah terjadinya kemacetan. (ton/r3)

 

Lokasi Lampu Lalu Lintas Berbasis ATCS di Kota Mataram

– Simpang Empat Rembiga                    –  Simpang Empat Sweta

– Simpang Tiga Sweta                              – Simpang Empat Dasan Cermen

– Simpang Empat Bank Indonesia        – Simpang Empat Pagesangan

– Jalan Udayana                                         – Simpang Empat Jalan Gajah Mada

– Simpang Tiga Turida                              – Jalan Sultan Kaharudin

– Utara Jalan Gajah Mada                        – Jalan Tuan Guru Bangkol

– Simpang Empat Tanah Aji                    – Simpang Empat Kantor Golkar NTB

Sumber: Dishub Kota Mataram

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/