alexametrics
Selasa, 24 Mei 2022
Selasa, 24 Mei 2022

Ratusan Murid SD Al Iqra’ Mataram Divaksin Covid-19

MATARAM-Vaksinasi anak di Kota Mataram masih berlangsung. Selasa (18/1), murid-murid SD Al Iqra’ Mataram dapat giliran divaksin.

Pantauan Lombok Post, sebelum vaksinasi dimulai, pihak sekolah dan petugas Puskesmas Selaparang memberikan penjelasan kepada orang tua murid. Perwakilan Puskesmas Selaparang dr Nugraha menjelaskan, tujuan vaksinasi adalah untuk pengendalian dan pencegahan penularan covid-19.

“Sebelum divaksin nanti anak-anak diskrining dulu. Kalau tidak lolos skrining, vaksinasi akan ditunda,” ujarnya.

Ditambahkan, vaksinasi anak di wilayah kerja Puskesmas Selaparang sudah mulai dilakukan sejak 5 Januari lalu. Sistemnya, vaksinator menyambangi satu per satu sekolah. “Vaksin yang disuntikkan ini jenis Sinovac,” bebernya.

Kepala SD Al Iqra’ Mataram Buntana,S.Pd menjelaskan, jumlah murid kelas 1 sampai 6 yang akan divaksin sebanyak 340 orang. Vaksinasi di SD Al Iqra’ Mataram dilakukan selama dua hari. Hari pertama, Selasa (18/1) untuk kelas 1 sampai 3. Sedangkan hari kedua, Rabu (19/1) untuk murid kelas 4 sampai 6.

Baca Juga :  Mataram Masih Zona Merah Korona, 184 Masih Dirawat, 31 Meninggal

“Pembagian ini dilakukan untuk mencegah terjadi kerumunan,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan, sejak jauh hari sebelum vaksinasi dilakukan, pihaknya sudah memberikan informasi kepada orang tua siswa. Hal ini perlu dilakukan agar orang tua bisa menyiapkan dan menjaga kesehatan anak-anaknya. Sehingga saat divaksin kesehatan anak-anak dalam kondisi prima.

“Kami juga sudah mengimbau orang tua agar memberikan anak-anak sarapan sebelum divaksin,” ujarnya.

Sementara itu, proses vaksinasi hari pertama di SD Al Iqra’ berjalan lancar. Saat vaksinasi penerapan prokes tetap dilakukan. Murid dan orang tua sebelum masuk ke sekolah dicek suhu tubuhnya dan diminta mencuci tangan.

Sedangkan sebelum penyuntikan vaksin, petugas Puskesmas Selaparang melakukan skrining yang ketat. Mulai dari wawancara mengenai riwayat kesehatan anak, pengecekan tekanan darah, hingga pemeriksaan suhu tubuh.

Baca Juga :  Gak Usah Khawatir, Uang Jadup Pasti Cair

Usai divaksin, anak-anak diobservasi dulu selama 10-15 menit untuk melihat apakah ada gejala pascavaksinasi. Jika tidak ada gejala anak-anak diperboleh pulang.

Saat divaksin murid-murid SD Al Iqra’ Mataram sangat antusias. Karena saat divaksin mereka juga didampingi oleh orang tuanya masing-masing. (r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/