alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Pendaftaran BPUM Hanya di Dinas Koperasi UMKM

MATARAM-Sebanyak 2.500 pelaku usaha kecil di Kota Mataram bakal mendapat bantuan presiden (Banpres) atau Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). “Sementara ini jatah kita segitu (2.500 pelaku usaha mikro). Tidak tahu besok atau lusa ada penambahan kuota,” kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan UMKM Kota Mataram I Gusti Ayu Yuliani.

Pendaftaran bagi penerima bantuan modal usaha pada 2021 dibuka sampai 28 April mendatang. Bagi pelaku usaha yang mau mendapatkan bantuan itu, bisa langsung datang ke Kantor Dinas Koperasi Perindustrian dan UMKM Kota Mataram. Karena tahun ini, tempat pendaftaran hanya di dinas tersebut.

“Kalau 2021 jalur pendaftaran hanya di dinas saja. Tidak ada dari BRI atau Pegadaian seperti 2020. Sekarang yang boleh mengusulkan hanya dinas  yang menangani UKM,” tegas Yuli, sapaan karibnya.

Tahun ini, lanjut dia, bantuan yang diberikan untuk masing-masing pelaku usaha mikro berkurang 50 persen. Yakni dari Rp 2,4 juta tahun lalu, menjadi Rp 1,2 juta di tahun ini.

Pihaknya membuat beberapa persyaratan baru untuk menyaring pelaku usaha yang benar-benar berhak menerima bantuan modal ini. “Kalau tahun lalu kan cukup dengan fotokopi KTP dan nomor telepon. Kalau sekarang usahanya apa dan disertai foto. Supaya benar-benar terarah uang bantuan ini,” ujar dia.

Ditegaskan, bantuan ini harus ada pertanggungjawabannya. Bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan bantuan pada 2021 harus memenuhi beberapa berkas persyaratan saat mendaftar di Diskoperindag. Yakni, fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), Izin Usaha Mikro Kecil Menengah (IUMK), dan fotokopi Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terppadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Mataram. Baru kemudian foto tempat usaha dan jenis usaha serta mengisi formulir. “Penerimaan berkas setiap jam kerja,” singkat Yuli.

Dia menuturkan, banyak pendaftar yang sudah mengajukan berkas persyaratan sejak dibuka pada Senin (12/4) lalu. Berkas yang masuk akan diperiksa pihaknya dan  kemudian dikirim ke kementerian. “Beberapa berkas yang sudah masuk belum kita kirim,” kata Yuli.

Diutarakan, bagi pelaku usaha yang telah menerima bantuan modal pada 2020 lalu tetap dibolehkan mendaftar lagi untuk mendapatkan bantuan modal tahun ini sebesar Rp 1,2 juta. Tentu dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah. Ditanya soal ada pelaku usaha yang menerima bantuan tahun ini yang disalurkan melalui BRI. Dia mengatakan, warga yang menerima Banpres tahun ini merupakan kelanjutan dari usulan pada 2020. “Usulan tahun lalu disalurkan tahun ini,” kata dia. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks