alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Jorok! Sampah Meluber ke Jalanan di Pagutan Timur

MATARAM—Pemandangan dan bau tak sedap tercium di depan Kantor Lurah Pagutan Timur, Mataram. Sampah berserakan dan menumpuk hingga meluber ke badan jalan, Selasa (18/5/2021).

“Kami sudah laporkan kondisi ini ke Dinas Lingkungan Hidup. Ada over kapasitas penampungan sampah di kontainer yang ada,” kata Lurah Pagutan Timur Irfan Sapindra kepada Lombok Post.

Awalnya, lurah mengaku ada dua kontainer sampah yang ada di depan kantornya. Namun satu kontainer mengalami kerusakan. Akibatnya, hanya satu yang bisa difungsikan. Itu tidak bisa menampung sampah yang dibuang warga dari berbagai lingkungan. Apalagi sampah yang dibuang tidak hanya dari wilayah Kelurahan Pagutan Timur.

“Makanya ini sedang kami atur tata kelola pembuangan sampah. Kami akan atur waktu dan jam membuang sampah,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Gili Trawangan Belum Diajak Bicara Terkait Penyelesaian Lahan GTI

Para kepala lingkungan akan diminta mengimbau warga untuk membuang sampah di jam yang telah ditentukan. Agar sistem pembuangan sampah bisa teratur.

Kesulitan penanganan sampah di Kelurahan Pagutan Timur juga disebabkan tidak adanya TPS. Pemerintah kelurahan tak punya lahan yang bisa dijadikan TPS. Untuk itu, ke depan diharapkan persoalan ini bisa dicarikan solusi oleh Pemerintah Kota Mataram.

“Saya sudah usulkan sejak tahun 2012 agar ada lahan yang bisa dijadikan TPS. Karena kalau di jalan seperti ini, memang ya dampaknya tidak bisa dihindari penumpukan depan kantor lurah,” bebernya.

Belum lagi lokasinya dekat dengan sekolah. Dampak bau yang ditimbulkan sering dikeluhkan. Karena mengganggu proses pembelajaran. “Kami tidak ingin saling menyalahkan, tetapi mari kita cari solusi bersama,” ucapnya.

Baca Juga :  Ombudsman: Jangan Biarkan Bantuan Warga Miskin Diembat

Senada, warga berharap Pemkot Mataram memberikan perhatian serius terhadap persoalan sampah. “Karena ini memang sering disorot dan menjadi masalah utama di Kota Mataram,” ujar Algi, salah satu warga.

Ia berharap wali kota dan wakil wali kota yang baru punya solusi jitu dalam mengatasi persoalan sampah di Kota Mataram. Karena dampak sampah ini dirasakan hampir semua warga Kota Mataram. “Kami harapkan ada sistem pengelolaan yang tepat,” harapnya. (ton/r3)

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/