alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Hotel NTB Terlalu Mahal saat MotoGP, Dewan : Jangan Bikin Tamu Kapok!

MATARAM-Perhelatan MotoGP Mandalika Maret 2022 mendatang membawa berkah sendiri bagi para pengusaha hotel yang ada di Kota Mataram. Kamar hotel sudah dibooking jauh hari sebelumya oleh para penonton MotoGP.

Tak hanya full booking, harga kamar juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. “Jangan sampai memberatkan dan membuat orang kapok karena harga terlalu tinggi,” ungkap anggota Komisi II DPRD Kota Mataram HM Zaini kepada Lombok Post.

Menurutnya, kondisi saat ini memang dilematis. Dalam artian momentum MotoGP memang harus memberikan manfaat bagi usaha perhotelan yang dua tahun terakhir terpuruk akibat pandemi COVID-19. Sehingga ketika para pengusaha hotel mengambil manfaat dari event ini tentu sangat wajar.

Namun ketika harga dinilai terlau tinggi atau tidak wajar, dikhawatirkan justru membuat tamu merasa diberatkan. “Tapi saya yakin masing-masing hotel punya kebijakan. Kalaupun harga kamar naik ya disesuaikan dengan pelayanan dan kenyamanan bagi tamu yang datang,” paparnya.

Baca Juga :  Dewan Dukung Terobosan Pemkab Loteng, Tiket MotoGP Include dengan Suvenir

Yang penting semua pihak diminta menjaga citra Kota Mataram dan NTB umumnya. Semua pihak dimintanya berpikir jangka panjang. Karena ketika event MotoGP perdana sukses dan memuaskan, tentu akan berdampak pada event-event berikutnya.

“Harus maksimal pelayanan dan kalau bisa semua hotel menyediakan souvenir yang menjadi cirri khas Kota Mataram bagi tamu. Termasuk mungkin bisa menyediakan transportasi bagi mereka,” harapnya.

Ia meminta hotel melibatkan UMKM juga saat pelaksanaan MotoGP. Agar mereka bisa merasakan manfaat evet balap dunia di NTB tersebut.

Kenaikan harga kamar hotel memang terjadi di beberapa daerah yang ada di NTB. Baik yang ada di kawasan Mandalika Lombok Tengah, Mataram, hingga Lombok Barat. Kenaikan ini sesuai dengan hokum pasar. Ketika permintaan tinggi atau barang langka, maka harga akan secara otomatis mengalami kenaikan.

Baca Juga :  Tiga Hari Tes Pramusim MotoGP Mandalika, 30 Drone Ilegal Diturunkan Paksa

Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) Yono Sulistyo kepada Lombok Post mengakui jika saat pelaksanaan MotoGP nanti harga kamar sebagian besar hotel berbintang mengalami kenaikan. Besaran kenaikan tergantung kebijakan masing-masing manajemen hotel.

“Makanya kami juga mengusulkan agar semua hotel menggandeng UMKM misalnya dengan menyerap produk mereka untuk souvenir bagi tamu yang menginap. Toh harga kamar hotel memang mengalami kenaikan, jadi semua bisa merasakan manfaat pelaksanaan MotoGP, ” ungkapnya.

Selain menyerap produk UMKM untuk cendera mata, AHM juga siap mendukung rencana Dinas Koperasi dan UMKM Kota Mataram. Menyiapkan lokasi stand bagi UMKM di hotel saat perhelatan MotoGP mendatang.

Informasi yang dihimpun Lombok Post, harga kamar hotel berbintang di Kota Mataram saat perhelatan MotoGP nanti rata-rata di atas Rp 1 juta. Sementara harga kamar hotel melati berada di kisaran harga Rp 500-700 ribu. (ton/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/