alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Target Awal 16 Ribu Warga Mataram Vaksin Booster, Lansia Jadi Prioritas

MATARAM-Vaksinasi booster di Kota Mataram telah dimulai. Pelayanan vaksinasi booster diberikan di semua puskesmas hingga RSUD Kota Mataram. Bahkan, petugas puskesmas juga turun ke masyarakat menyasar lansia untuk diberikan vaksin booster atau vaksin yang ketiga.

“Hari ini (kemarin, Red) kami di Puskesmas Cakranegara turun ke masyarakat di Lingkungan Karang Siluman Cakra Timur untuk memberikan vaksin booster,” jelas Kepala Puskesmas Cakranegara dr. Wiwik Nurlaela kepada Lombok Post.

Petugaskan Puskesmas Cakranegara turun ke masyarakat agar memudahkan warga dari kalangan lansia menerima vaksin. Maklum, untuk booster ini memang vaksinasi difokuskan bagi lansia atau masyarakat yang rentan terpapar Covid-19. Petugas diterjunkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Vaksin booster ini pakai jenis vaksin Pfizer dengan dosis 0,15 mili liter,” terang dr. Wiwik, sapaannya.

Masyarakat Lingkungan Karang Siluman antusias dengan adanya vaksin booster ini. Khususnya dari kalangan lansia terlihat berbondong-bondong meminta layakan vaksinasi ketiga ini. Nyoman Gede Yasa, salah satu warga mengaku datang meminta layanan vaksinasi booster agar merasa aman dari wabah Covid-19. Terlebih dengan adanya varian baru Omicron.

Baca Juga :  Rapat Pleno Penetapan Wali Kota Mataram Terpilih Direncanakan Minggu Depan

“Biar merasa aman kalau sudah dapat vaksin ketiga yang booster ini. Kemarin setelah dapat vaksin kedua juga lebih tenang,” akunya.

Senada dengan itu, Jero Mangku Sena merasa vaksinasi booster sangat membantu masyarakat. Terutama kelompok Lembaga Pinandita Pemangku Selulur. “Karena banyak lansia kalangan pemangku dan pendeta yang berhubungan dengan masyarakat memberikan pelayanan. Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Kesehatan yang memfasilitasi kami,” ucapnya.

Sekitar 70 lansia kemarin tercatat telah menerima vaksin di Lingkungan Karang Siluman. Selanjutnya, pelayanan vaksin booster akan diberikan di Puskesmas Cakranegara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr. Usman Hadi yang memantau pelaksanaan vaksinasi booster mengaku vakinasi sudah mulai dilaksanakan sejak Rabu (19/1) lalu. Bersamaan dengan kick off yang dilakukan Pemprov NTB di RS Mandalika.

Baca Juga :  Trotoar Bukan Tempat Parkir dan Jualan!

“Kemarin sudah di Puskesmas Pagesangan di Pagesangan Indah sekitar 84 orang. Dilanjutkan hari ini. Sekarang, layanan vaksinasi booster sudah bisa di puskesmas dan rumah sakit,” paparnya.

Target warga yang diberikan vaksin booster adalah 60 persen dari jumlah lansia. Jumlah lansia yang ada di Kota Mataram sekitar 29 ribu. Sehingga diperkirakan target vakinasi booster sekitar 16-17 ribu orang. “Itu kita prioritaskan lansia dulu dan yang rentan. Kalau ada penambahan nanti kita lihat,” ucapnya.

Namun bagi warga kalangan umum yang memang telah memenuhi syarat untuk divaksin booster, Usman menjelaskan jika mereka bisa datang ke puskesmas atau rumah sakit. Syarat vaksin booster ini bisa dilakukan bagi warga yang sudah divaksin kedua dengan jarak enam bulan. (ton/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/