alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Tak Hadiri Penetapan Kemenangan HARUM, Paslon Kalah Belum Move On?

MATARAM-Rapat pleno penetapan pasangan H Mohan Roliskana dan TGH Mujiburrahman (Harum) sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram terpilih digelar, Kamis (22/1/2021) sore di Hotel Golden Palace. Sayangnya, tiga pasangan calon (Paslon) yang kalah pada Pilkada 2020 lalu, tak hadir meskipun mereka diundang KPU.

Tak hanya paslon yang kalah, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh juga tak terlihat. Dia hanya diwakili Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang. “Semua pasangan calon lain sudah kami undang secara resmi. Cuma memang mereka tidak ada yang hadir,” ungkap Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin.

Husni menyayangkan ketidakhadiran tiga paslon lain. Karena rapat pleno adalah tahapan terakhir dalam seluruh tahapan proses pelaksanaan Pilkada Kota Mataram.

Berdasarkan PKPU 19 tahun 2020 penetapan adalah tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi dasar pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih. Penetapan tetap bisa dilaksanakan meski tidak dihadiri pasangan lain.

Dipaparkannya ada empat pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram yang bertarung di Pilkada Kota Mataram. Mereka adalah pasangan H Mohan Roliskana-TGH Muniburrahman (Harum), pasangan Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan (Salam), pasangan HL Makmur Said-H Badruttamam Anda (Muda), dan terakhir pasangan H Baihaqi-Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi (Baru).

Dari empat pasangan calon tersebut, pasangan Harum meraih suara terbanyak dengan perolehan 76.695 suara atau 38,6 persen dari total suara sah. Hasil penghitungan suara telah diplenokan sebelumnya sehingga tinggal ditetapkan, kemarin.

SK penetapan pasangan Harum diserahkan KPU Kota Mataram langsung kepada pasangan Calon Harum, Ketua Koalisi Partai Pengusung empat pasangan calon, Ketua DPRD Kota Mataram, Bawaslu Kota Mataram dan KPU RI melalui KPU NTB.

“Atas semua dinamika selama pelaksanaan Pilkada. Kami bersyukur dan berterima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang diberikan amanah menyelenggarakan Pilkada,” ungkap H Mohan Roliskana didampingi TGH Mujiburrahman dalam sambutannya.

Penetapan pasangan Harum dikatakannya adalah sesuatu yang monumental dari seluruh rangkaian Pilkada Kota Mataram. “Kami berharap sesuai doa yang disampaikan menjadi pemimpin siddiq, amanah, tabliq, fatonah,” ungkap Mohan.

Ia mengatakan, doa bersama seluruh masyarakat menjadikan semangat politik Kota Mataram bisa berjalan kondusif. Ia mengajak semua pihak turut berjuang menjadikan Kota Mataram sebagai daerah baldatun jannatun toyyibatun warobbun goffur.

“Mari menyudahi semua dinamika politik ini. Kita saling berangkulan hangat untuk bersama-sama membangun Kota Mataram,” ajak Mohan.

Sementara Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang membenarkan kehadirannya mewakili Wali Kota H Ahyar Abduh. “Beliau ada agenda dan kebetulan saya ditugaskan mewakili beliau. Saya merepresentasikan kehadiran beliau mewakili jajaran Pemkot Mataram mengucapkan selamat kepada H Mohan Roliskana dan TGH Mujiburrahman sebagai wali kota dan wakil wali kota terpilih yang telah ditetapkan KPU Kota Mataram,” kata Martawang. (ton/r3)

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks