alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Enam Pohon Tumbang, Warga Mataram Diminta Berhati-hati

MATARAM—Pohon tumbang terjadi di tiga lokasi yang merupakan jalur ramai di Kota Mataram, Senin (22/2/2021). Hujan deras sejak pagi hingga petang disertai angin menjadi pemicunya.

“Ada enam pohon tumbang. Di Perempatan Pagesangan, pohon menimpa satu unit mobil. Tapi hanya rusak sedang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor pada Lombok Post, Senin (22/2/2021).

Mahfuddin merinci lokasi pohon tumbang terdapat di Simpang Empat Pegesangan atau Jalan Bung Hatta, Jalan Bung Karno, dan Jalan Dr Sujono Lingkar Selatan atau tepatnya depan Taman Loang Baloq. “Kerugian masih kita hitung,” tutur Fudin, sapaan karibnya.

Begitu juga dengan genangan setinggi 20 sentimeter terjadi di beberapa titik. Seperti di Jalan Pemuda, Jalan Selaparang, Jalan Bung Karno, dan Jalan dr Soejono Lingkar Selatan. “Kalau di Jalan dr Soejono depan pusat perkantoran Pemkot Mataram, memang langganan genangan. Ini harus ada perbaikan drainase,” ujar dia.

Tak hanya itu, Kali Ancar di wilayah Kekalik debit airnya juga cukup tinggi. Kondisi ini tentu cukup mengkhawatirkan karena sewaktu-waktu bisa meluap ke permukiman warga.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Mataram Arif Rahman mengaku menerjunkan 15 personel Satgas BPBD untuk membersihkan batang dan ranting pohon agar kendaraan bisa melintas. “Semua sudah dieksekusi agar tidak menghalangi jalan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” syukur Arif.

Terpisah, Camat Mataram Zarkasy mengatakan, pohon tumbang di Jalan Gajah Mada dan Jalan Bung Karno memang tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja pohon tersebut menimpa jaringan kabel listrik yang ada di dekat pohon.

“Tetapi sudah ditangani oleh petugas. Untuk korban jiwa sejauh ini tidak ada, mudah-mudahan aman terkendali,” doa Zarkasy.

Kondisi hujan deras dengan intensitas yang tinggi dan durasi lama membuat Camat Mataram mengingatkan warga untuk lebih waspada dan berhati-hati. Ia mengimbau warga agar tidak memarkir kendaraan di dekat pohon agar tidak tertimpa.

“Kalau bisa jangan berkendara saat cuaca hujan deras. Lebih berhati-hatilah dalam kondisi seperti ini,” imbaunya.

Selain pohon tumbang, hujan deras juga terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Mataram. Akibat saluran drainase meluap ke pemukiman warga. “Tetapi genangan sudah bisa ditangani. Tidak terlalu lama,” katanya.

Terpisah, Camat Sandubaya Saharudin mengatakan, hujan seharian di wilayahnya mengakibatkan genangan terjadi di beberapa titik permukiman warga. Misalnya di Kelurahan Mandalika. Saluran drainase tersumbat oleh sampah. “Biasa sampah kiriman dari hulu. Tapi Alhamdulillah sudah bisa kami urai dan tangani langsung,” katanya.

Sementara untuk pohon tumbang atau dampak lainnya dikatakannya sejauh ini belum ada. (ton/jay/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks