alexametrics
Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020

Durian Runtuh buat PNS, Rapelan Gaji Masih Tunggu Hitungan Taspen

MATARAM-Rapelan kenaikan gaji bagi PNS sejak Januari 2019, kabarnya akan diberikan pada bulan depan. Kabar ini sontak membuat para PNS pun bahagia. Terbayang pada bulan April kantong dan dompet akan tebal berlipat-lipat.

Pemerintah pusat sendiri secara ekspilisit melalui Menteri Keuangan menyebut awal bulan April. Lantas seperti apa persiapan Kota Mataram sendiri?

“Sudah kita siapkan anggaran sekitar Rp 22 miliar,” kata Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi.

Denny mengatakan, dana ini memang dipersiapkan dan diploting untuk menghadapi rencana kenaikan gaji bagi PNS yang sudah terdengar sejak pembahasan APBD murni 2019 dilakukan. Sehingga ketika kenaikan ini telah ditetapkan langsung bisa dieksekusi.

Aturan yang telah diteken presiden yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Gaji Pegawai Negeri Sipil dengan besaran kenaikan sebesar 5 persen. Setelah nantinya diikuti dengan terbitnya peraturan menteri keuangan maka PNS bisa mendapatkan kenaikan gaji. Sejak bulan Januari 2019. Namun kenaikan gaji PNS ini tidak diikuti dengan PTT. “PTT belum,” terangnya.

Persiapan Rp 22 miliar lanjut Denny belum mencakup anggaran kebutuhan untuk merapel kenaikan gaji PNS sejak bulan Januari 2019. Denny mengatakan, total rapelan gaji masih sedang dihitung oleh Taspen. “Karena Taspen yang punya SIM Aplikasi,” ujarnya.

Jika hasil perhitungan SIM gaji telah terbit, pemkot tinggal menindaklanjuti. Sesuai dengan kebutuhan anggaran yang diperlukan. Pada dasarnya lanjut Denny pemkot telah siap dengan anggaran untuk penggajian selama 12 bulan.

Jika permen telah ditandatangani tentu tidak ada persoalan untuk penyiapan gaji yang telah dinaikan sesuai ketentuan. “Nanti bisa dianggarkan lagi lewat perubahan, jadi berapun perhitungan Taspen ya kita siap,” tegasnya.

Deny belum bisa menaksir berapa perkiraan anggarannya. Pemberian gaji rapelan sendiri setelah gaji kenaikan pada bulan April diberikan. “Setelah gaji April dibayarkan baru kita berikan rapelan,” jelasnya.

Rezeki nomplok ini tentu dipastikan akan membuat para PNS berbahagia. Namun demikian, kenaikan ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para PNS semakin giat bekerja. Memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. “Ya harus diimbangi dengan kinerja yang membaik dong, masa gaji sudah dinaikkan masih malas-malasan,” sindir Anggota Komisi II DPRD Kota Mataram Misban Ratmaji.

Para PNS seharusnya sudah bisa lebih fokus. Mengerjakan tugas dan kewajibannya sebagai PNS. Tidak lantas, memikirkan kegiatan yang kontraproduktif dengan tujuan dari gaji itu dinaikan. “Jangan sampai rakyat kecewa, sudah gaji naik tapi kerja sama saja,” tandasnya. (zad/r7)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Mendikbud Pastikan Wacana Penghapusan Mapel Sejarah Hoaks

”Tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional,” tegas dia.

HARUM Goda Pemilih Millenial Lewat Lomba Film Pendek dan E-Sport

Bakal Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mencoba menggoda pemilih milenial. Caranya, dengan menggelar film pendek dan e-sport. "Orang yang menggeluti dunia film tidak banyak. Bagi sebagian orang ini ekslusif. Prosesnya panjang," kata Mohan Sabtu malam (19/9) lalu.

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.

“Menara Eiffel”di Desa Seruni Mumbul Lombok Timur Ramai Pengunjung

Pengelola wisata Denda Seruni, Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya tak ingin puas dengan keberhasilannya menyedot wisatawan. Realisasi target PADes Rp 30 juta per bulan harus dapat bertambah.

Bale Mediasi Lotim Damaikan Delapan Perselisihan

SELONG-Permohonan mediasi terus berdatangan ke Bale Mediasi Lotim. “Sudah ada 36 permohonan yang masuk,” kata Koordinator Administrasi Bale Mediasi Lotim Lalu Dhodik Martha Sumarna pada Lombok Post, kemarin (18/9).

Korem 162/WB Gelar Bakti Sosial di KEK Mandalika

Sejumlah kegiatan bakti sosial di gelar Korem 162/WB dalam rangka menyambut HUT TNI ke-75 di Loteng. “Terima kasih TNI karena menggelar salah satu rangkaian HUT-nya, di daerah kami tercinta,” ujar Asisten II Setda Loteng H Nasrun, kemarin (18/9).

Paling Sering Dibaca

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.
Enable Notifications    Ok No thanks