alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Semua Faskes di Mataram Layani Vaksin Booster

MATARAM-Pemkot Mataram menggencarkan vaksinasi booster bagi masyarakat. Pelayanan vaksinasi penguat ini tidak hanya dilakukan di RSUD Kota Mataram dan puskesmas. Namun juga dilakukan di kantor lurah.

“Vaksin booster bukan hanya untuk warga Kota Mataram, namun juga luar Kota Mataram kita layani. Semua berhak melakukan vaksin booster ini,” kata Direktur RSUD Kota Mataram  dr Eka Nurhayati, pekan lalu.

Dia mengutarakan, vaksin booster diprioritaskan untuk kalangan lanjut usia (lansia). Kendati demikian masyarakat umum atau usia 18 tahun keatas juga dibolehkan vaksin booster. Hanya saja kata dia, warga yang akan melakukan vaksin booster harus membawa KTP dan bukti sertifikat vaksin kedua dengan jarak minimal enam bulan.

“Kita buka vaksinasi booster sejak Kamis (20/1) lalu. Warga cukup antusias melakukan vaksin booster,” ujar perempuan berjilbab ini.

Baca Juga :  Di Mataram, Harga Cabai Turun tapi Minyak Ogah!

Pelayanan vaksinasi penguat dibuka Senin sampai Sabtu mulai pukul 07.30 Wita di ruang tunggu RSUD Kota Mataram. “Masyarakat yang  ingin vaksin ketiga tinggal datang ke rumah sakit,” kata Eka.

Dia menyebutkan, jenis vaksin ketiga digunakan Pfizer. Vaksin penguat dapat mengoptimalkan antibodi. Serta mencegah penularan varian Covid-19 yang sudah bermutasi. “Vaksin ketiga bisa menghindari kita dari berbagai serangan penyakit,” jelasnya.

Kepala Dikes Kota Mataram dr H Usman Hadi mengatakan, vaksinasi booster bukan hanya di rumah sakit. Namun juga dilakukan di 11 puskesmas di Kota Mataram. “Semua puskesmas melayani vaksin booster,” kata Usman.

Dia mengutarakan,  vaksin penguat diprioritaskan untuk lansia. Namun jika ada masyarakat umum datang ingin melakukan vaksinasi ketiga tidak mungkin akan menolak. “Kalau ada yang dayang kita layani,” ujar dia.

Baca Juga :  Positif Korona, Suami Istri di Mataram Meninggal Dunia

Dia menyebutkan, stok vaksin booster diberikan bertahap dari pihak pemprov. “Kalau stok sekarang ada 5 ribu dosis,” tutur dia.

Sementara itu Lurah Selagalas Yusrin mengatakan, sebelum pelaksanaan vaksin booster terlebih dahulu dilakukan sosilisasi. Disamping itu, diumumkan juga melalui WhatsApp Grup (WAG) . Bagi warga yang ingin melakukan vaksin penguat diminta untuk datang ke kantor lurah dengan syarat membawa sertifikat vaksin kedua yang jaraknya enam bulan.

“Vaksin booster ini bukan hanya untuk lansia, namun juga masyarakat umum. Tapi kita prioritaskan lansia,” pungkasnya. (jay/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/