Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Taman Udayana Bakal Ditata Ulang, 35 Lapak PKL Dibongkar

MATARAM–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram akan menata ulang Taman Udayana sebagai hutan kota. Itu setelah dilakukan pembongkaran terhadap 35 lapak yang sudah tidak dimanfaatkan lagi.

“Setelah pembongkaran selesai, kita akan tata ulang Taman Udayana agar lebih representatif,” kata Kepala DLH Kota Mataram HM Kemal Islam.

Menurutnya, anggaran yang disiapkan untuk penataan Taman Udayana ini sekitar Rp 300 juta. Penataan akan dilakukan bertahap sesuai anggaran.

Di utara SMPN 6 Mataram akan ditanami jenis pohon yang aman dari potensi tumbang. “Di sini kita akan tanami bunga Tabebuya warna-warni. Sehingga ketika berbunga akan seperti bunga Sakura,” terang Kemal.

Dikatakan, pohon pelindung yang ukuran cukup besar di Taman Udayana akan ditebang dan akan diganti dengan jenis tanaman bunga yang tidak memiliki risiko jika terjadi tumbang.

Baca Juga :  Lampaui Target, Realisasi PAD Kota Mataram Tembus Rp 442 Miliar

“Pohon-pohon besar di Taman Udayana sudah waktunya peremajaan. Pohon trembesi sekarang ini mudah patah,” ucap Kemal.

Tak hanya itu, taman ini juga akan dilengkapi jalur jogging seperti di bagian lainnya. Menurutnya, penataan ini bagian dari upaya agar pedagang tidak lagi membuat lapak yang terkesan kumuh. “Jikapun nanti ada pedagang jangan sampai ada kesan kumuh,” ujar dia.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Uun Pujianto mengatakan, pembongakaran lapak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena lapak sudah tidak dipakai lagi.

“Lapak ini sering digunakan sebagai tempat nongkrong anak-anak sekolah. Jika dibiarkan takutnya ada hal-hal yang tidak diinginkan nantinya,” ucap Uun.

Sebelum dilakukan pembongkaran lanjut dia, terlebih dahlulu pihaknya sudah mekakukan sosialisasi terkait rencana lapak yang tidak digunakan. Selama pembongkaran tidak ada penolakan dari warga karena lapak tidak dipakai. “Tidak ada yang protes,” pungkasnya. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks