alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

20 Juni, Calon Jamaah Haji Mataram Berangkat ke Tanah Suci

MATARAM-Sebanyak 401 calon jamaah haji (CJH) akan diberangkatkan ke tanah suci dalam dua kelompok terbang (kloter). Meliputi satu kloter utuh dan satu kloter campuran.

“Satu kloter utuh berisi 190 jamaah. Sisanya ini nanti masuk kloter campuran,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram HM Amin, pekan lalu.

Kendati demikian, Amin, sapaan karibnya, 11 CJH yang nantinya masuk kloter campuran  belum ditahu akan berangkat dengan jamaah dari kabupaten/kota mana di NTB. Dia menyebutkan, CJH akan masuk gelombag kedua yang langsung ke Mekkah.

Dari jadwal, sebut dia, kloter utuh akan masuk Asrama Haji pada 19 Juni mendatang. “Satu hari di Asrama Haji persiapan administrasi dan lainnya, baru besoknya (20 Juni) jamaah diberangkatkan ke Mekkah,” ujarnya.

Baca Juga :  Giliran Rekanan Pengadaan Paket JPS Diperiksa Pekan Ini

Dalam satu kloter jamaah akan didampingi tim pamandu haji daerah (TPHD) dari petugas kesehatan dan pembimbing haji. “Di tim ini ada dokter dan perawat. Kalau dokter yang berangkat mungkin dr Emirald,” sebutnya.

Ditanya soal penginapan jamaah, Amin menuturkan, semua jamaah berada di Maktab Mahbas. Lokasi pondokan ini dekat dengan Masjidil Haram hanya melewati satu terowongan. “Jaraknya sekitar dua kilometer ke Masjidil Haram,” ucapnya.

Saat ini lanjut dia, sebelum CJH berangkat akan mengikuti bimbingan manasik haji yang dilaksanakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)  Kota Mataram. Manasik haji akan dilakukan di masjid dimasing-masing kecamatan.

“Kalau jamaah dari Kecamatan Sandubaya akan melaksanakan manasik haji di masjid Abiah Tubuh,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tambahan 100 Vial Sinovac, Prioritaskan Guru dan Lansia

Ratna Komala, seorang CJH dari Cemara tidak henti-hentinya bersyukur. Dia tidak percaya tahun ini ada pemberangkatan haji setelah dua tahun sempat ditunda. “Awalnya saya berangkat 2020, tapi ditunda. Saya daftar haji sejak 2011 lalu,” ucapnya.

Sebelumnya, Ratna akan berangkat bersama suami. Namun karena terkendala usia diatas 65 tahun maka suaminya tidak jadi berangkat. “Sudah lama niat saya untuk berhaji,” pungkasnya. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/