alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Dinas Dukcapil Mataram Buka Angkringan Adminduk di Taman Sangkareang

MATARAM-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram membuka angkringan adminduk di Taman Sangkareang. Guna mendekatkan masyarakat memudahkan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan (Adminduk).

“Angkringan Adminduk setiap hari kita buka,” kata Sekdis Dukcapil Kota Mataram H Hasmin, kemarin.

Dia mengutarakan, angkringan dibuka mulai pukul 08.00 Wita sampai 12.00 Wita.  Pihaknya membuka angkringan ini agar masyarakat yang tidak sempat ke kantor Dukcapil di Jalan Lingkar Selatan bisa datang ke Taman Sangkareang. “Yang tidak sempat ke jalan lingkar bisa datang ke sini,” ujarnya.

Sebelumnya,  angkringan adminduk dibuka setiap Minggu pada Car Free Day di Jalan Udayana. Namun sejak pekan lalu pihaknya membuka angkringan setiap hari di Taman Sangkareang.

Baca Juga :  Disdik Mataram Hanya Tutup Sekolah yang Ada Kasus Covid-19

Sejauh ini kata dia, animo masyarakat membuat administrasi kependudukan cukup tinggi. Sehari tercatat permohonan layanan mencapai 25 sampai 35 orang. “Sebagian besar warga mengurus pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) ekektronik, kartu identitas anak (KIA), dan kartu keluarga (KK),” terangnya.

Sementara untuk pembuatan akta kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya belum ada. Hasmin sengaja memilih Taman Sangkareang untuk membuka angkringan karena strategis dan menjadi pusat keramaian. “Taman ini tiap harinya ramai karena menjadi tempat hiburan masyarakat,” ujarnya.

Ditanya soal pelayanan jemput bola di sekolah, Hasmin mengatakan, masih tetap dilakukan. Pelayanan di sekolah untuk pembuatan KTP elektronik bagi siswa SMA sederajat. “Kalau pelayanan di sekolah kita ada jadwal. Begitu juga di kelurahan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Ahyar Abduh : Perekonomian Mataram Harus Tetap Tumbuh

Lurah Mandalika Lalu Sudana kerap meminta warga untuk mengurus adiministrasi kependudukan ke Dukcapil. Bahkan warga yang belum memiliki KTP elektronik atau administrasi kependudukan lainnya agar segera diurus dan gratis.

“Kita sering sosialisasikan soal administrasi kependudukan ini. Karena ini juga berhubungan dengan bantuan sosial atau bantuan lainnya. Sekarang orang yang mendapat bantuan harus menunjukkan KTP dan KK,” pungkasnya. (jay/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/