alexametrics
Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020

Denmark Tertarik Garap Energi Terbarukan

MATARAM-Pemprov NTB dan Denmark sepakat untuk menjalin kerja sama. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Letter of Intent  (LOI) yang diteken Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan Duta Besar Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen.di ruang VIP Lombok International Airport, kemarin (27/2).

LOI merupakan perjanjian awal sebagai komitmen untuk menjalin kerja sama. Kedua pihak sepakat bekerja sama di sektor energi, sektor lingkungan, dan kerja sama terkait bussiness to bussiness (B2B), serta investasi.

Untuk sektor energi dan lingkungan, pemprov maupun Denmark sepakat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil melalui perencanaan energi jangka panjang dan pengembangan sumber energi berkelanjutan, serta peningkatan efisiensi energi. Mereka sepakat mengembangkan konsep ekonomi hijau dengan pengelolaan lingkungan yang baik. Hal itu untuk mengurangi dampak negatif lingkungan terhadap mata pencaharian, ekonomi dan kesehatan.

Kedua pihak berniat menyatukan sumber daya untuk mendukung transisi hijau dengan meningkatkan pangsa energi terbarukan, meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca di NTB. Di sektor lingkungan hidup, NTB dan Denmark akan mempromosikan pembangunan ekonomi sirkular dan pengelolaan limbah padat atas dasar saling menguntungkan.

Dari dua sektor tersebut, kedua pihak ingin memajukan aksesibilitas, memperluas kemitraan antar pebisnis dan investasi. Melanjutkan dan mempromosikan investasi yang saling menguntungkan dalam kerja sama di masa yang akan datang.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah menyambut baik kerja sama tersebut. Hal itu sesuai dengan visinya membangun NTB, yakni menghadirkan banyak investor dan pengusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kehadiran para investor harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat NTB,” katanya.

Gubernur menegaskan, Lombok memiliki keindahan dibanding daerah lain. Apalagi tahun 2021, NTB akan menjadi tuan rumah MotoGP. Perhelatan tersebut akan menarik para wisatawan hingga ratusan ribu orang. Sehingga pemerintah pusat akan memberikan perhatian dan prioritas khusus bagi NTB.

MotoGP tidak hanya semata-mata urusan wisata dan wisatawan.  Namun, di saat yang sama pemerintah membutuhkan sumber daya energi. Maka, kerja sama itu akan memberikan keuntungan bagi rencana kegiatan tersebut.

“Tugas pemerintahan saya adalah memastikan daerah ini aman. Sehingga para investor banyak yang datang,” jelasnya.

Gubernur berharap pengembagan energi terbarukan tidak hanya di Lombok, namun juga di Pulau Sumbawa. Apalagi saat ini para peneliti menemukan potensi tambang batubara terbesar ada di Sumbawa. “Saya harap kerja sama ini segera dikonkretkan,” harapnya.

Duta Besar Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen menjelaskan, pihaknya telah melakukan studi kelayakan di berbagai wilayah di NTB.  Menurutnya, NTB memiliki potensi yang baik untuk pengembangan energi terbarukan. Termasuk penggunaan sampah untuk diolah menjadi energi yang bermanfaat.

Selain itu, kerja sama itu memungkinkan kedua daerah saling bertukar teknologi untuk mengembangkan sumber daya energi terbarukan. Ia berjanji, setelah tanda tangan kerja sama, pihaknya akan menindaklanjuti dalam bentuk kerja yang lebih konkret.

Dalam pertemuan itu, Gubernur didampingi Asisten II Setda NTB H Chairul Mahsul, Kadis Pertanian dan Perkebunan H Husnul Fauzi, Kadis Perdagangan Hj Putu Selly Andayani, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) H Madani Mukarom, Kadis ESDM H Muhammad Husni, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) H Lalu Gita Ariadi, dan Kepala Biro Kerja Sama Setda NTB Ahmad Nur Aulia.(ili/r7)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Mendikbud Pastikan Wacana Penghapusan Mapel Sejarah Hoaks

”Tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional,” tegas dia.

HARUM Goda Pemilih Millenial Lewat Lomba Film Pendek dan E-Sport

Bakal Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mencoba menggoda pemilih milenial. Caranya, dengan menggelar film pendek dan e-sport. "Orang yang menggeluti dunia film tidak banyak. Bagi sebagian orang ini ekslusif. Prosesnya panjang," kata Mohan Sabtu malam (19/9) lalu.

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.

“Menara Eiffel”di Desa Seruni Mumbul Lombok Timur Ramai Pengunjung

Pengelola wisata Denda Seruni, Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya tak ingin puas dengan keberhasilannya menyedot wisatawan. Realisasi target PADes Rp 30 juta per bulan harus dapat bertambah.

Bale Mediasi Lotim Damaikan Delapan Perselisihan

SELONG-Permohonan mediasi terus berdatangan ke Bale Mediasi Lotim. “Sudah ada 36 permohonan yang masuk,” kata Koordinator Administrasi Bale Mediasi Lotim Lalu Dhodik Martha Sumarna pada Lombok Post, kemarin (18/9).

Korem 162/WB Gelar Bakti Sosial di KEK Mandalika

Sejumlah kegiatan bakti sosial di gelar Korem 162/WB dalam rangka menyambut HUT TNI ke-75 di Loteng. “Terima kasih TNI karena menggelar salah satu rangkaian HUT-nya, di daerah kami tercinta,” ujar Asisten II Setda Loteng H Nasrun, kemarin (18/9).

Paling Sering Dibaca

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.
Enable Notifications    Ok No thanks