alexametrics
Selasa, 29 September 2020
Selasa, 29 September 2020

NTB dan Denmark Jalin Kerja Sama

MATARAM-Pemprov NTB dan Kerajaan Denmark resmi menjalin kerja sama. Dokumen Letter Of Intent  (LOI) kerja sama tersebut ditandatangani Gubernur NTB  H Zulkieflimansyah dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen, kemarin (27/2).

Penandatanganan dilakukan di Ruang VIP Lombok International Bandara Internasional Lombok, (27/2). Gubernur didampingi Asisten II, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas ESDM, Kepala Dinas Penanman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Kepala Biro Kerja Sama.

Kerja sama ini mencakup sektor energi, lingkungan, dan kerja sama terkait investasi kalangan pebisnis Denmark di Bumi Gora.

            Untuk sektor energi dan lingkungan, baik Pemprov NTB maupun Denmark sama-sama sepakat untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil melalui perencanaan energi jangka panjang. Termasuk pengembangan sumber energi yang terjangkau dan berkelanjutan serta peningkatan efisiensi energi.

Selain itu, NTB dan Negara Skandinavia tersebut sepakat untuk menumbuhkan ekonomi hijau dan berkelanjutan dengan pengelolaan lingkungan yang baik dan mengeksplorasi sumber daya berharga melalui ekonomi sirkular. Sehingga mengurangi dampak negatif lingkungan terhadap mata pencaharian, ekonomi dan kesehatan.

Selain itu, kedua belah pihak juga berniat untuk menyatukan sumber daya untuk mendukung transisi hijau dengan meningkatkan pangsa energi terbarukan, meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca di NTB.

Untuk sektor lingkungan hidup, NTB dan Denmark berniat untuk mempromosikan dan meningkatkan pembangunan ekonomi sirkular dan pengelolaan limbah padat atas dasar saling menguntungkan, pengalaman dan prestasi.

            Dari kedua sektor tersebut, kedua belah pihak bermaksud untuk saling mendukung, meningkatkan, memajukan aksesibilitas, dan memperluas kemitraan dalam sektor investasi.

“Kami bersepakat mempromosikan investasi yang saling menguntungkan dalam kerja sama di masa yang akan datang,” kata Gubernur Zulkieflimansyah usai penandatanganan LOI kerja sama tersebut.

Orang nomor satu di NTB ini menyambut baik kerja sama tersebut. Hal ini menurutnya sesuai dengan visinya membangun NTB.  Yaitu menghadirkan banyak investor dan pengusaha ke NTB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Hadirnya para investor tersebut lanjutnya harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat NTB.

Gubernur juga menegaskan, Lombok memiliki keindahan di banding daerah lain.  Apalagi katanya, pada tahun 2021, NTB akan menjadi tuan rumah MotoGP, balap motor paling akbar di dunia.

 Maka, katanya melanjutkan, tentunya perhelatan tersebut akan menarik para wisatawan hingga ratusan ribu orang. Ssehingga pemerintah pusat akan memberikan perhatian dan prioritas khusus bagi NTB.

MotoGP jelas Gubernur tidak hanya semata-mata urusan wisata dan wisatawan. Namun, di saat yang sama pemerintah membutuhkan sumberdaya energi. Maka, kerja sama ini katanya akan memberikan keuntungan bagi rencana kegiatan tersebut.

“Tugas pemerintahan saya adalah memastikan daerah ini aman. Sehingga para investor banyak yang datang, ” jelasnya.

Gubernur berharap pengembagan energi terbarukan ini tidak hanya di Lombok. Namun juga di Pulau Sumbawa. Apalagi saat ini para peneliti menemukan potensi tambang batu bara terbesar ada di Sumbawa.

“Saya harap kerja sama ini segera dikonkritkan,” harap Gubernur.

Dubes Rasmus Abildgaard Kristensen juga mengemukakan kegembiraan yang sama atas penandatanganan kerja sama tersebut. Bahkan, pihaknya telah melakukan studi kelayakan di berbagai wilayah di NTB ini. Menurutnya, NTB memiliki potensi yang baik untuk pengembangan energi terbarukan. Termasuk penggunaan sampah untuk diolah menjadi energi yang bermanfaat.

Selain itu, kerja sama itu katanya memungkinkan NTB dan Denmar saling bertukar teknologi untuk mengembangkan sumber daya energi terbarukan. Ia berjanji, setelah tanda tangan kerja sama ini,  pihaknya akan mekukan hal-hal konkret sebagai tindak lanjut. (kus/r8/ADV)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Memenangkan Pilkada dengan Survei

ADALAH sahabat saya satu almamater, Denny JA, yang pertama kali memopulerkan survei untuk pemilihan umum melalui lembaganya yang bernama Lingkaran Survey Indonesia.  Baik untuk pemilihan Presiden, pemilihan kepala daerah, ataupun pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Kisah Wenri Wanhar, Lima Tahun Kaji Sejarah Borobudur

Borobudur bukan sekadar mahakarya untuk wisata atau ber-selfie ria. Tapi, secara tersembunyi merekam ajaran dan teknologi masa lampau. Wenri menemukan ajaran dan teknologi itu tersebar di pelosok Indonesia.

Lomba Kampung Sehat NTB Bangkitkan Semangat dan Kekompakan

WAKAPOLDA NTB Brigjen Pol Asby Mahyuza mengunjungi dua Kampung Sehat di Sumbawa. Yakni Kampung Sehat Lingkungan Maras, Kelurahan Samapuin, di Sumbawa Besar, dan Kamung Sehat Desa Moyo, Kecamatan Moyo Hilir, di Pulau Moyo.

Pelibatan Tiga Pilar, Kunci Teggakkan Protokol Kesehatan

PENEGAKAN protokol kesehatan terus dimaksimalkan Polres Lombok Barat. Salah satunya dengan mengoptimalkan peran tiga pilar.

Proyek Pembangunan Dermaga Senggigi Tak Jelas

Dermaga Senggigi berpotensi mangkrak lebih lama. Meski Dinas Perhubungan (Dishub) Lombok Barat (Lobar) tetap mengupayakan kelanjutan pembangunannya. ”Mau tidak mau harus kita lanjutkan. Itu kewajiban kita,” kata Kadishub Lobar HM Najib.

Distribusi Bantuan Beras Lelet, Dewan Minta Pemprov NTB Ambil Alih

”Pemda harus secepatnya koordinasi ke pusat, kalau ada kemungkinan ambil alih, take over secepatnya, kasihan masyarakat,” tegas Anggota Komisi V DPRD NTB Akhdiansyah, Minggu (27/9/2020).

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.
Enable Notifications    Ok No thanks