alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

H Faurani Dinilai Pantas Pimpin IKA Unram

MATARAM-Adu pesona gagasan para calon Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Mataram (Unram) dimulai.

Tetapi yang membuat kalangan pengusaha NTB kepincut untuk tahu lebih dalam adalah konsep yang dibawa Calon Ketua IKA H Faurani.

CEO NTB Mall H Ricky Hartono Putra mengatakan, konsep Unram Mendunia ala Faurani seperti menjawab tantangan bagaimana peran alumni.

“Nah Unram Mendunia itu saya maknai adalah bagaimana alumni Unram itu berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat. Khususnya, dari sisi pemberdayaan ekonomi,” kata Ricky.

Di situ alumni harus dapat membuat dan menggerakkan kelompok masyarakat di lingkungannya untuk bisa berwiraswasta. Gagasan visioner ini sudah seharusnya menjadi semangat gerakan alumni sehingga perannya semakin nyata di tengah masyarakat.

Alumni juga dapat mengambil peran mempromosikan hasil penelitian Unram, serta membantu kegiatan belajar-mengajar melalui penyediaan tempat magang baik di perusahaan maupun kerja sosial di pedesaan dalam konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ia menambahkan telah bisa membaca gagasan Unram Mendunia itu sebagai upaya serius Faurani sebagai Ketua Kadin NTB dalam menggerakkan relasi bisnisnya di level nasional, membantu almamaternya untuk bisa mendunia.

Ini juga sebagai langkah nyata IKA membantu menyelesaikan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi terdapat pada penduduk dengan lulusan pendidikan tamatan universitas atau perguruan tinggi sebesar 7,07 persen.

Persoalan ini idealnya sudah menjadi perhatian alumni. Khususnya Unram untuk menjawab tantangan itu.

“Saya kok yakin dengan pengalaman dan kemampuan pak Faurani yang sudah teruji dan mapan dari sisi apapun,” tekannya.

Dari sisi ekonomi, Faurani dilihat dapat menggerakkan relasi bisnisnya. “Termasuk, pemerintah, baik pusat dan daerah hingga BUMN dan BUMD untuk bersama-sama dengan IKA Unram mengatasi persoalan pengangguran di NTB itu,” ujarnya.

Bahkan lulusan Fakultas Ekonomi Unram itu, berjanji siap membantu dan memberikan pengabdiannya untuk memberikan pelatihan kewirausahaan untuk berbisnis bagi para calon lulusan Unram maupun perguruan tinggi lainnya di NTB.

“Intinya, peluang meraup uang jutaan rupiah itu terbuka bagi siapapun yang mau berusaha. Asalkan, kita punya kemampuan dan mau mengubah mindset kita untuk mau berwirausaha,” optimisnya.

Di sisi lain, Rizky berharap para alumni yang maju dalam bursa pertarungan merebut bursa Ketua IKA Unram tetap mengedepankan persaudaraan dan kebersamaan, serta silaturahmi dengan motivasi utama memajukan IKA Unram.

Para calon ketua IKA yang tampil saat ini dinilai sebagai figur-figur terbaik. “Hebat dan banyak dikenal publik,” pujinya.

Namun sebagai alumni, Ricky berharap IKA dipegang oleh ketua yang mampu membawa nama besar kampus. Mengingat hal itu juga akan menghadirkan kebanggaan tersendiri bagi alumni.

Saat Unram dapat menjadi lembaga pendidikan bergengsi dan lulusannya dapat diterima di perusahaan milik negara, di situ kebanggaan para alumni.

“Kalau saya pribadi berharap pak Faurani yang menang. Tapi, Insya Allah, siapapun yang jadi Ketua IKA, saya siap membantu dan berkolaborasi memberdayakan alumni untuk mau terjun ke dunia bisnis,” tandasnya.

Musyawarah IV IKA Unram bakal dihelat rencananya mulai hari ini. Forum yang memegang kekuasaan tertinggi organisasi di tingkat pusat yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali ini akan digelar dari 28-30 Mei di Kota Mataram. (zad/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks