Sabtu, 4 Februari 2023
Sabtu, 4 Februari 2023

Dayan Peken Ampenan Juara Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

MATARAM-Kelurahan Dayan Peken Kecamatan Ampenan akhirnya berhasil yang menjadi yang terbaik dalam ajang Lomba Kelurahan Tingkat Nasional wilayah Regional IV Maluku, NTB, NTT, Papua dan Papua Barat. Wakil Wali Kota Mataram bersama Lurah Dayan Peken Mujtahidin menerima penghargaan juara I lomba ini di Kantor Kemendagri Bidang Bina Pemdes Jakarta, Kamis (24/11) lalu.

“Alhamdulillah berkat kerja sama tim di Kota Mataram dan dukungan pak wali dan pak wakil kami bisa juara di ajang ini,” syukur Lurah Dayan Peken Mujtahidin kepada Lombok Post, kemarin (25/11).

Ia sempat tak menyangka bakal yang menjadi terbaik di ajang ini. Karena dalam lomba ini, Kelurahan Dayan Peken bersaing dengan ratusan kelurahan yang ada di Indonesia wilayah regional IV.

Namun berkat bimbingan Camat Ampenan, Wali Kota Mataram dan wakilnya, Mujtahidin mulai merasa percaya diri. Apalagi setelah melihat tim penilai turun bulan lalu melakukan penilaian lapangan. Mereka terlihat pua dengan inovasi yang dilakukan pemerintah kelurahan.”Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung. Terutama pak wali dan pak wakil, semoga selalu diberikan kesehatan bersama keluarga,” doanya.

Baca Juga :  Diusung Golkar, Mohan-Mujib Siapkan Deklarasi

Kelurahan Dayan Peken diketahui berhasil juara setelah berhasil mengimplementasikan delapan program unggulan yang telah dilaksanakan selama ini di tengah masyarakat. Mulai dari layanan E-Sampan atau pengurusan dokumen kependudukan dengan mesin anjungan tunai mandiri. Kemudian ada program planteri bag, pemanfaat bekas plastik atau vinyl menjadi media tanam sayur, program produk UMKM unggulan, pelibatan karang taruna dan masyarakat menjaga keamanan hingga program Cinta Cipta Literasi Berbasis Keluarga (CLBK).

Delapan program ini dinai sangat bagus oleh Kemendagri dan diharapkan bisa diterapkan di kelurahan lain di Kota Mataram.

Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman sebelumnya menyebut Kelurahan Dayan Peken sebagai kelurahan representasi penyelenggaraan pemerintahan kelurahan di Kota Mataram. Banyak inovasi yang dilakukan ditingkat keluarahan untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat. Salah satunya adalah planteri bag yang dinilainya menjadi salah satu bagian dari upaya membentuk Kampung Tanggap Inflasi.

Baca Juga :  Donasi ke Palestina, Warga Sekarbela Kumpulkan Rp 530 Juta

Kelurahan Dayan Peken juga memiliki program Tancab Gas yang merupakan singkatan dari tanam cabai, pelihara unggas. Program ini terbukti mampu mengontrol terjadinya inflasi di Kota Mataram. “Kami berharap dengan adanya lomba kelurahan ini, pemerintah di setiap kelurahan bisa terus berinovasi dalam menjalankan roda pemerintahan melayani masyarakat dan menggerakkan masyarakat,” paparnya. (ton/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks