Sabtu, 4 Februari 2023
Sabtu, 4 Februari 2023

Dukung UMKM, Hotel di Mataram Siap Serap Produk Lokal

MATARAM-Pelaku hotel di Kota Mataram sangat mendukung program pemerintah untuk menetapkan bela beli produk lokallokal UKM. Namun sebagai industri tentu berharap pengadaan keberlanjutan produk yang disediakan UKM mampu memenuhi kebutuhan industri.

“Sebenarnya kami industri yang terpenting pengadaan produk UKM yang sustainable (berkelanjutan, red),” ucap Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) Yono Sulistyo, kemarin (27/11).

Menurutnya, produk UKM tak cukup hanya dengan memperbaiki kualitas kemasan, berstandar halal dan BPOm dan sebagainya. Namun harus mampu memenuhi kebutuhan hotel jangka panjang.

“Kalau ini bisa dipenuhi, ya tidak ada masalah bagi kami di AHM menyerap produk lokal UKM,” tambah General Manager Favehotel Mataram ini.

Untuk di Favehotel sendiri, lanjut Yono, serapan produk lokal bukan hanya bahan sayur-sayuran, daging ayam, telur ayam dan lainnya. Melainkan, aneka cookies dan panganan ringan yang disediakan untuk setiap kamar hotel.

Baca Juga :  Tetap Waspada, Puncak Musim Hujan di Bulan Januari

“Kami (pelaku hotel, Red) inginnya serapan produk ini tidak cuma saat event saja ya, di luar event pun harus terus berjalan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Mataram Lalu Fatwir Uzali mengatakan, keberlanjutan produk lokal kriya UKM yang diserap perhotelan selalu dilakukan evaluasi. Sementara untuk bidang kuliner, dilakukan pengawasan sesuai standar BPOM dan halal MUI.

“Evaluasi ini mulai dari pemasaran, kemasan, kualitas bahan, hingga hak cipta. Sehingga produk ini terus diminati konsumen,” katanya.

Mengenai keberlanjutan ini, kata Fatwir, ketika produk sudah sesuai standar dan berkualitas bagus maka dengan sendirinya akan mampu memenuhi kebutuhan produk berkelanjutan yang diinginkan perhotelan.

Baca Juga :  Warga Tuntut Keadilan dari Pemkot Terkait Pembangunan Tower

Selain itu, pangsa pasar produk lokal UKM juga tidak hanya di perhotelan semata. Mengingat di Pemkot Mataram telah ada aturan agar perkantoran, sekolah-sekolah hingga kebutuhan pribadi untuk membeli produk UKM.

“Untuk menuju perbaikan kualitas itu, silakan datang ke kantor dinas. Kita terbuka untuk membesarkan UKM Kota Mataram,” pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram ini. (ewi/r3)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks