Sabtu, 4 Februari 2023
Sabtu, 4 Februari 2023

Permaisuri Dancing, Inovasi RSUD Mataram Dapat Penghargaan Membanggakan

MATARAM-Inovasi yang digagas Direktur RSUD Kota Mataram Hj Eka Nurhayati mendapatkan penghargaan membanggakan. Inovasi Permaisuri Dancing yang merupakan singkatan dari Persalinan Aman, Bayi Sehat, Ibu Berseri dengan ANC Rutin USG diberikan penghargaan Platinum Award dalam ajang Indonesia Healthcare Innovation Award VI 2022 yang berlangsung di Jakarta Theater. Penghargaan ini diterima oleh Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman didampingi Direktur RSUD Kota Mataram dr. Hj Eka Nurhayati.

“Kami bersyukur inovasi yang kami hadirkan untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah kepada masyarakat mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat,” ungkap Dokter Eka, sapaan Direktur RSUD Kota Mataram.

Inovasi ini dijelaskan Dokter Eka sebenarnya dihajatkan untuk menekan kasus kematian ibu dan bayi. Selain juga terbukti berkontribusi atas turunnya kasus stunting di Kota Mataram yang cukup signifikan.

Baca Juga :  Gawat, 167 Ribu Balita NTB Mengalami Stunting

Saat ini, sudah ada 1.081 warga yang mengunduh aplikasi Emergency Buttom Permaisuri Dancing. Dengan jumlah pengguna mencapai 285 orang sejak di-launching awal tahun ini.

“Ini adalah aplikasi kegawatdaruratan yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil atau pasangan keluarga di Kota Mataram,” paparnya.

Dengan adanya aplikasi yang bisa diunduh menggunakan smartphone ini, masyarakat bisa mendapatkan layanan yang cepat jika terjadi sesuatu hal pada ibu dan bayi. Sehingga mereka dapat penangan maksimal agar kondisi ibu dan bayi tercegah dari risiko buruk saat melahirkan nanti.

“Kami harapkan ini bisa dikembangkan dan dimanfaatkan di seluruh NTB. Pada tataran seluruh rumah sakit yang ada di NTB agar bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” harap dokter spesialis kandungan tersebut.

Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman bersama Direktur RSUD Kota Mataram Hj Eka Nurhayati saat menerima penghargaan Platinum Award dalam ajang Indonesia Healthcare Innovation Award VI 2022 yang berlangsung di Jakarta Theater pekan lalu.

Diketahui, IndoHCF Innovation Awards merupakan program penghargaan bergengsi tingkat nasional kepada instansi dan individu atau kelompok perorangan yang telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan.

Baca Juga :  Visi Kandidat (1) : HMR Bertekad Jadikan Mataram Kota Menyenangkan

Program penghargaan ini dilaksanakan dengan harapan dapat memacu perkembangan pengembangan positif dalam inovasi dan teknologi di bidang kesehatan yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Dengan inovasi Permaisuri Dancing yang dihadirkan RSUD Kota Mataram, rujukan pada kegawatan obstetri menjadi lebih cepat. Kemudian Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta prevalensi stunting menurun. Termasuk dokter puskesmas juga bisa dapat mendeteksi dini kasus resiko tinggi pada kehamilan dengan adanya aplikasi ini.

“RSUD Kota Mataram akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan selalu berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan Kota Mataram,” tandas Direktur RSUD Kota Mataram Hj Eka Nurhayati. (ton/r3/adv)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks