alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Kurang Transparan, Pengurus Makam Karang Medain Dirombak

MATARAM-Struktur pengelola Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karang Medain dirombak oleh Lurah Mataram Timur Rahmawati. Menyusul berbagai laporan dan keluhan masyarakat terkait pengelolaan TPU yang dinilai kurang transparan.

“Kami mengubah struktur karena pengurus lama sudah tua. Disamping ada laporan dan keluhan masyarakat terkait kurang transparansi dalam pengelolaan TPU,” terang Rahmawati.

Ia memaparkan, biaya yang selama ini dikenakan terhadap warga yang memakamkan jenazah keluarganya di TPU Karang Medain Rp 1,8 juta untuk pemakaman yang menggunakan marmer dan Rp 1,6 juta yang menggunakan keramik. Sementara pemakaman biasa kisaran Rp 400-800 ribu.

Selain itu, per bulan warga juga dikenai biaya pemeliharaan kubur Rp 50 ribu. Dana yang dikumpulkan pengelola inilah yang dinilai butuh transparansi pengelolaan dana pemakaman. Itu belum pernah dilaporkan ke pemerintah kelurahan. Sehingga masyarakat tidak tahu bagaimana penggunaan dana tersebut.

Akhirnya, setelah rapat bersama Dinas Perkim Kota Mataram, Dinas Sosial, camat Mataram, dan kepala lingkungan, maka dibuat struktur kepengurusan baru. Lurah membuat SK baru terkait pengelolaan Tempat Pemakaman Umum Karang Medain. “Karena banyak masukan masyarakat yang meminta penggantian kepengurusan,” akunya.

Warga mengeluhkan terkait biaya pemakaman yang diwajibkan pengelola. Akhirnya ketika keluarga dari warga yang meninggal tidak mampu membayar, lurah tidak ingin sampai ada yang ditolak karena biaya pemakaman yang tidak sesuai. “Kadang warga mengaku terpaksa gali sendiri akibat biaya yang kurang. Mereka akhirnya datang mengadu ke saya terkait permakaman ini,” paparnya.

Hal ini yang ditindaklanjuti di kelurahan sebagai pelayanan publik. Agar ke depan pengelolaan TPU Karang Medain bisa lebih baik dan transparan. Sehingga tidak menimbulkan persoalan di tengah masyarakat. (ton/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks