alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Jaga Kebersihan Sungai Jangkuk, Dinas PUPR Berencana Pasang Jaring Sampah

MATARAM-Dinas PUPR Kota Mataram merespons aspirasi warga Sungai Jangkuk yang ada di Ampenan. Kaitannya dengan permintaan warga agar dipasang jaring sampah di Jembatan Ampenan untuk mengurangi volume sampah yang hanyut ke hilir.

“Dulu memang sudah dipasang jaring di situ. Cuma karena air sungai besar, jaringnya hanyut. Maka nanti tetap akan kami pasangi lagi,” ungkap Kasi Sungai dan Pantai Bidang SDA Dinas PUPR Kota Mataram Adawiyah kepada Lombok Post.

Ia tak menampik kehadiran jaring sampah di Sungai Jangkuk memang efektif menahan sampah ke hilir. Karena setiap sampah yang mengalir akan tertahan oleh jaring. Kemudian sampah tersebut akan diangkat petugas untuk kemudian dibuang petugas DLH ke TPA Kebon Kongok.

Baca Juga :  Tunggang Langgang karena KPK?

Hanya saja jaring tersebut memang sudah rusak akibat air sungai yang mengalir deras ketika musim hujan. “Nanti akan kami pasang lagi. Tapi meskipun tidak ada jaring, ada petugas khusus di Dinas PUPR yang membersihkan sampah,” akunya.

Sayangnya, meski setiap hari dibersihkan petugas, namun volume sampah di sungai diakui Adawiyah masih cukup banyak. Karena di sepanjang sungai, warga yang bermukim masih banyak yang membuang sampah sembarangan ke sungai. Ini sulit dibendung. Sehingga Sungai Jangkuk justru terlihat seperti TPS bagi warga.

“Masih banyak (warga yang membuang sampah ke sungai),” sesalnya.

Kondisi sungai Jangkuk yang dipenuhi sampah akhirnya dikeluhkan warga yang ada di hilir seperti di Kelurahan Banjar. Lantaran mereka yang mencoba berkreativitas membuat warung kuliner terapung di sungai terganggu dengan sampah yang mengalir.

Baca Juga :  Dewan Minta Rusunawa Bintaro Ampenan Selesai November

“Bagaimana orang mau nyaman makan kalau sungainya dipenuhi sampah. Ini yang kami harapkan jadi perhatian agar di bawah jembatan Ampenan dipasangi jaring,” harap Jumsah, warga Lingkungan Sintung Kelurahan Banjar. (ton/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/