alexametrics
Kamis, 6 Agustus 2020
Kamis, 6 Agustus 2020

Bantu Keluarga Miskin Terdampak Korona, ACT dan TNI Gelar Operasi Beras Gratis

JAKARTA-Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama TNI menggelar operasi beras gratis. Tidak kurang dari 1.000 ton beras disalurkan bagi 200 ribu keluarga prasejahtera di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Keluarga prasejahtera ini merupakan warga yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19. ”Tahap awal, layanan operasi beras gratis bersama Mabes TNI akan mendistribusikan 100 ton beras ke 10 titik,” kata Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin, saat acara pelepasan bantuan, di Mabes TNI, Jakarta, Kamis (2/4).

Ia menerangkan, dalam penanggulangan wabah Covid-19, ACT tidak hanya melihat aspek kesehatan, tetapi juga aspek sosial ekonomi. ”Banyak pekerja harian terkena imbas, pendapatan mereka menurun drastis,” ungkapnya.

Minimnya aktivitas di luar ruangan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 membuat penghasilan mereka berkurang. ”Operasi beras gratis menjadi salah satu solusi agar ekonominya tidak kian terpuruk,” harap Ahyudin.

Dalam oprasi beras itu, ACT berkolaborasi dengan TNI. ”Saya yakini, bangsa ini bisa menghadapi berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana Corona,” ujarnya.

Menurutnya, bangsa Indonesia memiliki modal besar yaitu solidaritas sosial yang tinggi. ”Semoga, ini menjadi salah satu obat terkuat yang dimiliki bangsa ini,” harapnya.

Ia mengajak TNI dan seluruh masyarakat menggerakkan solidaritas sosial nasional. Sebab bencana tidak hanya berdampak pada dimensi kesehatan, tetapi juga dimensi perekonomian. ”Jika itu bisa kita atasi bersama, insya Allah tidak akan terjadi bencana sosial,” harap Ahyudin.

Bantuan beras akan didistribusikan secara bertahap oleh armada TNI dan Humanity Rice Truck ACT. Dalam pendistribusiannya, TNI dan ACT akan membagikan beras ke rumah warga demi menghindari kerumunan. Dengan demikian, jarak fisik atau physical distancing terjaga.

Adapun titik pendistribusian bantuan operasi beras gratis antara lain, Jakarta Pusat di Petamburan/Tanah Abang, Jakarta Timur di Jati/Pulau Gadung, Jakarta Selatan di Jagakarsa, Jakarta Barat di Duri Kepa/Kebun Jeruk, Jakarta Utara di Pademangan Barat.

Sementara Depok di Cimanggis, Kabupaten Tangerang di Rancagong Legok, Tangerang Selatan di Peduren/PD. Pucung, Kota Bekasi di Bantar Gebang, dan Kabupaten Bekasi di Cibarusah.

Operasi beras gratis merupakan turunan dari program operasi pangan gratis, yang diluncurkan ACT, 19 Maret lalu. ”Program ini telah membantu memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat prasejahtera dan tenaga medis,” ujarnya.

Turunan program lainnya yakni operasi makan gratis, di mana ACT menggandeng 1.000 warteg di Jadetabek memberikan makanan gratis bagi pekerja harian. ”Operasi makan gratis juga diwujudkan dengan pembagian makanan bergizi dari Humanity Food Truck,” jelasnya.

Dari target 1.000 warteg, sudah 350 warteg aktif membagikan makanan gratis dengan 100 porsi per harinya. ”Bersama seluruh elemen bangsa ACT menghadang bersama Covid-19, semoga bisa menjadi contoh di dunia,” tambah Ahyudin.

Kepala Staf Umum TNI Letjen Joni Supriyanto mengapresiasi kolaborasi ACT dan TNI yang terjalin cukup lama. ”Kami sangat menghargai kerja sama dengan ACT untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat,” katanya.

Ia menyerukan, inilah waktunya semua elemen bersatu, bersinergi, dan saling menguatkan antar komponen bangsa. ”Pendistribusian bantuan tetap memperhatikan faktor keamanan dan protokol penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Dia percaya bantuan disalurkan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi. ” Semoga wabah di seluruh dunia dapat segera berakhir,” harap Letjen Joni. (ili/advertorial)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Totalitas dalam Melindungi Hak Pilih

SALAH satu asas penting dalam pelaksanaan pemilu/pemilihan adalah asas jujur. Kata jujur ini tidak hanya muncul sebagai asas penyelenggaraan pemilu/pemilihan, namun juga hadir sebagai prinsip dalam penyelenggaraannya. Setiap kata yang disebut berulang-ulang apalagi untuk dua fondasi yang penting (asas-prinsip) maka kata itu menunjukkan derajatnya yang tinggi.

Sanksi Tak Pakai Masker, Bayar Denda atau Bersihkan Toilet Pasar

Peraturan daerah (Perda) tentang Penanggulangan Penyakit Menular berlaku efektif bulan ini. Denda bagi aparatur sipil negara (ASN) yang melanggar lebih berat dibandingkan warga biasa.

Pertama Sejak 1998, Ekonomi RI Kembali Minus, Resesi Sudah Dekat

Usai dua dekade berlalu, kini sejarah kelam pertumbuhan ekonomi minus kembali terulang. Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin (5/8) melaporkan pertumbuhan ekonomi RI kuartal II 2020 tercatat -5,32 persen.

Kisah Para Korban PHK yang Menolak Menyerah di Desa Sokong

Pandemi Covid-19 membuat banyak warga yang tiba-tiba kehilangan pekerjaan di Desa Sokong. Tapi, mereka menolak menyerah. Hasilnya kini, mereka bukannya mencari pekerjaan. Malah mereka justru mencipta pekerjaan.

Begini Cara Booking Service Online Via Motorku X

”Caranya sangat mudah, semua hanya dalam genggaman saja,” ucap Marketing Sub Dept Head Kresna Murti Dewanto.

Minyak Jaran Peresak Sakra, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Lawan Korona

PANDEMI Covid-19 membuat banyak inovasi yang dilakukan warga. Terutama untuk menjaga dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti rajin berolahraga, mengkonsumsi madu alami, obat herbal, istirahat cukup, hingga berjemur dibawah matahari pagi.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Gawat, 300 Mata Air di NTB Menghilang

Perusakan lingkungan, khususnya hutan membuat NTB kehilangan hampir 300 mata air. ”Dari 700-an mata air sekarang tersisa 400 sekian titik mata air,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB H Madani Mukarom, Seninn (3/8).

Tabrakan, Pengendara Terbakar di Sindu Cakranegara

Satlantas Polresta Mataram menelusuri penyebab kecelakaan sepeda motor yang terjadi di Jalan Gora, Sindu Cakranegara, Senin malam (3/8). Peristiwa itu menyebabkan pengendara, Gusti Gede Kumbang meninggal dunia dengan kondisi terbakar.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Ungkap Dugaan Pembunuhan LNS, Polres Mataram Periksa 13 Saksi

Penemuan jasad LNS, 23 tahun dalam posisi tergantung di dalam sebuah rumah di di perumahan BTN Royal, Jempong Baru, Sekarbela, Mataram menyisakan tanda tanya. Penyidik Polresta Mataram  memeriksa sejumlah saksi secara maraton.
Enable Notifications.    Ok No thanks