alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Wow! Selain MotoGP Sirkuit Mandalika Juga Gelar World Superbike 2021

MATARAM-Tahun depan bakal menjadi tahun yang luar biasa untuk NTB. Sebab, Pulau Lombok kembali menyambut pergelaran event balap motor internasional tahun 2021. Kali ini, Sirkuit Mandalika masuk kalender balap World Superbike atau WSBK 2021. Sebelumnya, Mandalika masuk sebagai sirkuit cadangan ketiga untuk ajang balap motor bergengsi MotoGP tahun depan.

Nah, pekerjaan besar pun menanti Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku otoritas Sirkuit Mandalika. Apalagi, sirkuit sepanjang 4,31 kilometer tersebut sampai saat ini belum selesai dikerjakan. Selain itu, Sirkuit Mandalika wajib menjalani homologasi untuk mendapatkan sertifikasi FIM grade A. Langkah tersebut sebagai prasyarat menggelar event motorsport dunia seperti WSBK dan MotoGP.

’’Kami optimistis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan 2021,” kata CEO MGPA Ricky Baheramsjah dalam pernyataan resmi kemarin (1/12).

Sebanyak 13 putaran WSBK 2021 dijadwalkan berlangsung pada musim depan. Seri pertama bakal digeber di Sirkuit Assen, Belanda, pada 23?25 April 2021. Sedangkan satu seri terakhir akan ditentukan selanjutnya.

Sebagian besar seri WSBK musim depan bakal berlangsung di Eropa. ”Tiga putaran final akan berlangsung di luar Eropa,’’ tulis pernyataan resmi WSBK. Tiga seri tersebut, antara lain, Sirkuit San Juan Villicum, Argentina, pada 15-17 Oktober 2021; Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 12-14 November 2021, dan seri Australia di Phillip Island yang jadwalnya belum ditentukan.

Baca Juga :  Maling Handphone di Sirkuit Mandalika Sindikat Ahli dan Berpengalaman

Di regional Asia, sebelumnya ada Sirkuit Losail, Qatar, dan Sirkuit Internasional Chang, Thailand. Namun, pada musim 2021, hanya ada Sirkuit Mandalika yang masuk kalender WSBK.

WSBK adalah kompetisi balap motor dunia dengan spesifikasi motor pabrikan masal. Pada musim 2020, sebagian besar WSBK berlangsung di sirkuit Eropa. Beruntung, seri Australia berlangsung pada 29 Februari-1 Maret 2020, sebelum Covid-19 semakin menjadi masalah global. Jagoan Kawasaki Jonatan Rea kembali menjadi kampiun pada 2020. Itu adalah gelar keenam beruntun sejak 2015. (dit/dss/JPG/r6)

 

Kalender WSBK 2021

 

PUTARAN 1    

23-25 April, di Sirkuit Assen, Belanda

PUTARAN 2

7-9 Mei, di Sirkuit Estoril, Portugal

PUTARAN 3

21-23 Mei, di Sirkuit Aragon, Spanyol

PUTARAN 4

11-13 Juni, di Sirkuit Misano, Italia

PUTARAN 5

2-4 Juli, di Sirkuit Donington Park, Inggris

PUTARAN 6

3-5 September, di Sirkuit Magny-Cours, Prancis

PUTARAN 7

17-19 September, di Sirkuit Barcelona, Spanyol

PUTARAN 8

24-26 September, di Sirkuit Jerez, Spanyol

PUTARAN 9

1-3 Oktober, di Sirkuit Portimao, Portugal

PUTARAN 10

15-17 Oktober, di Sirkuit Villicum, Argentina

PUTARAN 11

12-14 November, di Sirkuit Mandalika, Indonesia

PUTARAN 12

Belum Ditentukan, di Sirkuit Phillip Island, Australia

PUTARAN 13

Belum Ditentukan

 

 

Beda WSBK dan MotoGP

 

SPESIFIKASI MESIN

Pada World Superbike, mesin yang digunakan dapat dipakai oleh publik. Dengan kata lain, setiap motor yang digunakan diperjualbelikan secara umum. Sementara pada MotoGP, mesin yang dipakai didesain khusus dan tidak dijual secara umum.

Baca Juga :  Para Pembalap MotoGP Ramai-ramai Buat Postingan Berbahasa Indonesia

 

PERATURAN BALAPAN

  • MotoGP selalu menggelar 4 sesi free practice (hasil FP 1, 2 dan 3 yang digunakan untuk menentukan pembalap masuk sesi kualifikasi pertama atau langsung ke kualifikasi kedua) berdasarkan urutan waktu terbaik.
  • Sementara pada Superbike, hanya ada 2 kali latihan bebas dan benar-benar diperuntukkan untuk mencoba sirkuit.
  • Selain itu, di setiap seri yang dijalani pembalap WSBK akan melakukan 2 kali balapan. Adapun penentuan starting grid (posisi start) di race pertama Superbike melakukan sesi kualifikasi yang disebut Superpole sementara posisi start di balapan kedua ditentukan oleh hasil balapan pertama.
  • Pembalap yang menjadi juara pada race pertama akan memulai balapan dari posisi terdepan di race kedua, begitu seterusnya sampai urutan ke-9. Sementara starting grid ke-10 dan seterusnya ditentukan berdasarkan putaran terbaik pada masing-masing pembalap di sesi Superpole (kualifikasi).
  • Dengan demikian, setiap pembalap berpeluang meraih 2 kali gelar juara dalam setiap serinya dan mengumpulkan 50 poin. Hal ini berbeda dengan balap MotoGP yang hanya melakukan sekali race pada setiap seri dan sang juara akan diganjar 25 poin.

 

Sumber: Diolah

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/