alexametrics
Rabu, 23 September 2020
Rabu, 23 September 2020

Asyiiik…Tahun Ini Libur Nasional Bertambah Empat Hari

JAKARTA–Ambil kalender Anda dan mulai rencanakan ulang waktu liburan. Sebab, pemerintah baru saja merevisi surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri soal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020. Ada tambahan empat hari libur lagi pada tahun ini.

Penambahan itu terletak pada cuti bersama. Yang sebelumnya empat hari menjadi delapan hari. Rinciannya, cuti bersama Idul Fitri bertambah dua hari setelah Lebaran. Yakni 28 dan 29 Mei 2020. Sehingga, total hari libur dan cuti bersama Idul Fitri menjadi 22, 26, 27, 28, dan 29 Mei 2020.

Lalu, ada tambahan cuti bersama pada Tahun Baru Islam atau 1 Muharram yang jatuh pada 20 Agustus 2020. Jadi, libur bisa dinikmati pada 20-21 Agustus 2020. Sedangkan Maulid Nabi Muhammad yang ditetapkan pada 29 Oktober 2020 ditambahkan cuti bersama pada 30 Oktober 2020.

Perubahan ini tercantum pada SKB tiga menteri nomor 174 Tahun 2020, 01 Tahun 2020, dan 01 Tahun 2020 yang mengatur tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PANRB No. 728 Tahun 2019, No. 213 Tahun 2019, No. 01 Tahun 2019 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020.

”Awalnya, hari libur dan cuti bersama ada 20 hari, kini menjadi 24 hari,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi setelah rapat di Jakarta kemarin (9/3). Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu menegaskan, revisi itu bukan lantaran adanya wabah Covid-19. Namun, upaya antisipasi pada melemahnya pertumbuhan ekonomi. ”Untuk dilihat, sebelum ada korona kan memang ada kecenderungan penurunan ekonomi global. Jadi, sebelum masalah ini muncul, sudah ada arahan dari bapak presiden,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan kajian yang menyatakan bahwa libur panjang dapat berpengaruh pada peningkatan Produk Domestik Bruto. Ini terlihat dari adanya penurunan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia dari angka 5,17 persen di 2018 menjadi 5,02 persen di 2019. Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh masa libur 2019 yang lebih sedikit dari 2018. Penambahan libur juga akan mendongkrak jumlah wisatawan dalam negeri. Harapannya, pendapatan sektor wisata yang turun drastis akibat merosotnya wisatawan mancanegara bisa tergantikan.

Pemerintah akan memberikan insentif penerbangan untuk 10 destinasi wisata yang diberlakukan mulai Maret sampai Mei. Sepuluh titik tersebut meliputi Batam, Denpasar, Jogjakarta, Labuhan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyatakan, ASN dan karyawan memiliki skema berbeda. Untuk menindaklanjuti SKB 3 menteri, Ida berjanji membuat surat edaran cuti bersama bagi karyawan swasta. ”Pada 2018, cuti bersama itu merupakan bagian dari cuti tahunan,” ungkapnya di Kantor Kemenko PMK. Pelaksanaannya fakultatif, sesuai kesepakatan pemberi kerja dengan pekerja atau buruh. Dia mengakui bahwa penambahan

Mengacu pada 2018 perekonomian lebih baik. Hal tersebut menurut Ida lantaran ada tambahan cuti bersama satu hari. ”Tahun ini awalnya liburnya hanya 20 kali, maka ditambah 4 hari. Harapannya,perekonomian Indonesia lebih baik,” ucapnya. Misalnya saja dengan menambah libur maka dapat menggiatkan wisata dan dampak ikutannya pun akan lebih meningkat. ”Setelah liburnya selesai diharapkan produktivitasnya meningkat,” imbuhnya. (mia/JPG/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Gali Terowongan, Napi Narkoba asal China Kabur dari Lapas Tangerang

KAPOLRES Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto mengungkapkan, pihaknya menemukan beberapa barang bukti berupa linggis, pahat, obeng dan lainnya yang digunakan terpidana mati kasus narkoba asal Tiongkok tersebut. Pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap empat orang pegawai dan satu orang sipil.

Desa Mantang Masuk Nominasi Juara Lomba Kampung Sehat

Desa Mantang menjadi salah satu desa yang masuk nominasi juara pada Lomba Kampung Sehat di Lombok Tengah. Total ada 10 desa terbaik dari 139 desa dan kelurahan yang mengikuti lomba dari Gumi Tatas Tuhu Trasna.

Jasa Raharja NTB turut Berpartisipasi Meriahkan Hut Lantas Ke-65

Sebagai bentuk koordinasi dan memperkokoh sinergi Kepala Cabang Jasa Raharja (JR) NTB bersama jajaran, Selasa (22/9) turut serta memeriahkan puncak HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-65.

Sejak Pandemi, Omzet Pedagang Pasar Tradisional Turun 40 persen

”Penurunan omzet juga diikuti penurunan kapasitas pedagang di pasar sebesar 40 persen,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Senin (21/9/2020).

Manfaatkan Simulasi KBM Tatap Muka untuk Pembiasaan Pola Hidup Sehat

”Kita lihat mana yang belum pakai masker sekaligus kita kampanye 3M itu, bersama guru-guru yang lain,” jelas Winarna.

Menag Positif Korona, UIN Mataram Langsung Instruksikan Pegawai WFH

”Pegawai UIN Mataram semaksimal mungkin, agar bekerja dari rumah menyelesaikan tugas masing-masing,” tegas dia.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Dua Terduga Pengedar Ekstasi Tertangkap di Karang Kediri

Dua terduga pengedar ekstasi berinsial PAW alias Patrick, 28 tahun, dan AZP alias Agli, 25 tahun, dibekuk tim Satnarkoba Polresta Mataram, Kamis (17/9) malam. ”Kita tangkap mereka di Lingkungan Karang Kediri, Cakranegara,” kata Kasatnarkoba Polresta Mataram AKP Elyas Ericson, kemarin (18/9).

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...
Enable Notifications    Ok No thanks