alexametrics
Jumat, 4 Desember 2020
Jumat, 4 Desember 2020

Amman Mineral Luncurkan Beasiswa Pelatihan Coding Untuk Pemuda

MATARAM–Era revolusi Industri 4.0 menghasilkan banyak tantangan sekaligus kesempatan dalam dunia kerja. Hampir seluruh industri mengoptimalkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, potensi ekonomi dari sektor digital di Indonesia mencapai US$133 miliar atau sekitar Rp 1.973 triliun. Peluang inilah yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda di seluruh tanah air, untuk mengembangkan karir atau usaha di bidang tekonologi digital.

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah wilayah yang memiliki potensi tinggi untuk  mengembangkan perekonomian di era revolusi industri 4.0. Pasalnya, hampir separuh dari 2,4 juta angkatan kerja di NTB merupakan generasi milenial yang sangat adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Karenanya, kompetensi dan keterampilan generasi muda dalam teknologi digital harus terus ditingkatkan untuk meningkatkan daya saing angkatan kerja muda di Provinsi NTB.

Karena itulah  PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) memberikan beasiswa bagi pemudi dan pemuda di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat untuk mengikuti pelatihan. Yakni fokus pada  coding atau bahasa pemrograman komputer untuk dapat menggunakan teknologi digital.

Inisiatif tersebut merupakan bentuk komitmen Amman Mineral, sebagai perusahaan tambang terbesar di NTB, untuk membantu pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi agar lebih mandiri dan tangguh.

“Program beasiswa pelatihan coding ini merupakan kesempatan emas bagi anak-anak muda di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat untuk belajar dari para ahli, dan untuk membuka kesempatan berkarir di bidang teknologi informasi,” ujar Head of Social Impact Amman Mineral, Yudha Jayadikarta.

Pelatihan yang difasilitasi oleh Glints Academy ini akan dilakukan intensif selama 16 minggu mulai dari tanggal 9 November 2020 secara daring. Pasca pandemi, pelatihan direncanakan untuk dilakukan di pusat pelatihan Glints Academy di Batam.

Sebelum mengikuti pelatihan ini, para peserta menjalani program foundation selama 4 minggu untuk memetakan kemampuan dasar mengenai coding, Bahasa Inggris dan kemampuan dasar lainnya yang dibutuhkan untuk dapat menguasai teknik pemrograman komputer yang lebih kompleks seperti frontend webbackend web dan reactive native.

Sebagian besar dari peserta merupakan orang pertama yang berkesempatan belajar IT (Teknologi Informasi) di keluarga dan lingkungan terdekatnya. Mereka berharap dapat menjadi contoh bagi orang-orang terdekat untuk membawa perubahan dan memajukan kampung halaman mereka dengan kemampuan teknologi digital yang akan mereka peroleh.

Salah satunya adalah Eka Diah Cahyani, mahasiswi asal Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, yang baru saja menyelesaikan program studi Statistika di Institut Pertanian Bogor (IPB). Eka bercita-cita untuk menjadi ahli di bidang pengembangan IT dan pelatihan ini membuka jalan baginya.

“Wadah yang disediakan oleh Amman Mineral ini akan saya manfaatkan betul untuk belajar agar saya bisa bekerja di perusahaan startup. Saya ingin menunjukkan bahwa ada banyak alternatif [karir] jika kita sudah punya skill teknologi digital,” ujarnya.

Eka Diah percaya bahwa anak-anak muda harus melek teknologi agar dapat mengikuti perkembangan jaman dan memiliki daya saing. Upaya untuk menjadi mahir tentu bukan perkara mudah. Dibutuhkan keseriusan dan determinasi agar tantangan yang dihadapi di era revolusi industri 4.0 ini bisa diubah menjadi peluang. (*)

 

 

 

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

HARUM Masukkan Program Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah

Program-program yang dicetuskan pasangan nomor urut 1, H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman (Harum) selalu bikin takjub. Salah satunya, memasukkan Mitigasi Bencana dalam kurikulum sekolah.

Industri Kreatif, Solusi Muda Hadirkan Lapangan Kerja

Debat publik putaran ketiga Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram telah selesai digelar. Pasangan HL Makmur Said dan H Badruttamam Ahda tampil maksimal dalam debat pamungkas.

Percepat Pemulihan Ekonomi, HARUM Prioritaskan Penggunaan Produk Lokal

Pandemi Covid 19 telah membuat perekonomian di Kota Mataram melambat. Sejumlah sektor utama yang menjadi tulang punggung perekonomian Mataram mengalami penurunan cukup signifikan.

Kampus Kemungkinan Dibuka Pertengahan Januari

Mulai pertengahan Januari 2021, kampus diizinkan kembali buka. Pada semester genap tersebut, perkuliahan akan menerapkan hybrid learning. Yaitu, kombinasi antara tatap muka dan pembelajaran dalam jaringan (daring).

Lagi Kader PDIP Ditangkap KPK, Kali ini Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo, Kamis (3/12). Tim penindakan KPK mengamankan Kader PDI Perjuangantersebut  sekitar pukul 13.00 WIB.

Survei Indikator, Pathul-Nursiah Unggul di Pilbup Loteng

Hasil survei Indikator sejak 25-29 November lalu menempatkan pasangan calon bupati dan wakil bupati HL Pathul Bahri-HM Nursiah unggul telak dengan perolehan 45,9 persen. Terpaut jauh dari pasangan di posisi kedua.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Debat Pamungkas, BARU Sindir SALAM Takut Pajang Logo PDI Perjuangan

Debat terakhir pasangan calon wali kota dan wali kota Mataram telah berakhir Senin (30/12) lalu. Seluruh paslon telah menyampaikan visi misi dan program kerja jika mereka terpilih memimpin Mataram di periode mendatang.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Selamat! Ini Pemenang Simpedes BRI Periode 1 Tahun 2020

”Mudah-mudahan dengan acara ini, nasabah BRI semakin loyal, semakin berkembang, dan semakin semarak bertransaksi,” tuturnya.

Akta Kelahiran Anak Kini Bisa Dibuat tanpa Buku Nikah

Akta kelahiran anak kini bisa dibuat tanpa melampirkan buku nikah atau akta nikah orang tua. “Sekarang ada namanya SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) pernikahan sebagai syarat buat akta kelahiran,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Chairul Anwar.
Enable Notifications    OK No thanks