alexametrics
Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020

WHO : Lonjakan Kematian Akibat Korona Bakal Hantui Eropa

KABAR buruk menghampiri negara-negara Eropa. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan pada Oktober? November angka kematian akibat Covid-19 di Benua Biru bakal melonjak. Ini disebabkan adanya peningkatan penularan yang signifikan dalam beberapa pekan terakhir di wilayah Eropa. Terutama di Spanyol dan Prancis.

’’Ini adalah momen di mana negara-negara tak ingin mendengar kabar buruk, saya paham itu,’’ ujar Direktur WHO Wilayah Eropa Hans Kluge seperti dikutip Agence France-Presse.

Dia memaparkan, pada Jumat (11/9) ada 51 ribu kasus baru di 55 negara Eropa yang dimonitor WHO. Itu jauh lebih tinggi dibandingkan puncak penularan April lalu. Seluruh negara tersebut menggelar rapat virtual untuk mendiskusikan respons pandemi Covid-19. Mereka akhirnya sepakat dengan beberapa strategi yang bakal diterapkan selama lima tahun ke depan.

Kluge menegaskan, beberapa pihak meyakini bahwa vaksin adalah jalan keluar satu-satunya untuk mengakhiri pandemi. Namun, saat ini WHO belum memastikan apakah ada vaksin yang bisa cocok untuk semua kelompok populasi.

Jika dalam satu negara butuh beberapa macam vaksin, itu bakal menjadi mimpi buruk. ’’Akhir dari pandemi adalah momen saat kita sebagai masyarakat belajar bagaimana hidup dengan pandemi ini,’’ tegasnya.

Ilmu pengetahuan harus menjadi acuan utama untuk menentukan kebijakan pemerintah, bukan politik. Presiden AS Donald Trump adalah contoh nyata orang yang mengedepankan politik dibanding sains. Dia menuai cibiran gara-gara Minggu (13/9) menggelar kampanye dalam ruangan di Nevada. Yang hadir mencapai ribuan orang. Tentu saja, tak ada yang jaga jarak. Kasus Covid-19 di negara yang dipimpinnya belum terkendali. Korban jiwa di AS mencapai 194 ribu orang, tapi Trump sepertinya abai.

Pada hari yang sama dengan kampanye Trump, WHO mencatat rekor baru penularan Covid-19 yang mencapai 307.930 kasus. Itu adalah rekor penularan harian tertinggi sejak awal pandemi. Infeksi tertinggi berada di India, AS, dan Brasil.

 

Hari Pertama PSBB Jakarta

 

Sementara itu, dari Jakarta, tim pengawasan Pemprov DKI Jakarta langsung bergerak pada hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kemarin. Mereka mendatangi puluhan perusahaan untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan.

Ada 64 perusahaan yang kemarin disidak satpol PP bersama beberapa perwakilan instansi terkait. Dari jumlah itu, delapan perusahaan akhirnya ditutup sementara. ’’Lima perusahaan ditutup karena Covid-19 dan tiga perusahaan ditutup karena tidak menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yang disanksi denda belum ada,’’ tegas Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Andri Yansyah. Pemeriksaan dilakukan 25 tim. Setiap tim memeriksa paling sedikit tiga perkantoran atau perusahaan.

Selain kawasan perkantoran, tim memantau pembatasan transportasi umum. Dinas Perhubungan DKI sudah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 156 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan PSBB bidang transportasi. Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menuturkan, pembatasan itu dilakukan untuk memutus rantai transmisi Covid-19.

MRT maksimal boleh diisi 60 orang per kereta yang beroperasi pukul 05.00–22.00 hingga 20 September 2020. Sedangkan pada 21 September hingga seterusnya, MRT beroperasi pukul 05.00–19.00. Untuk LRT Jakarta, maksimal yang boleh diangkut 30 orang per kereta dengan jam operasi pukul 05.30–22.00 hingga 20 September. Lalu, mulai 21 September sampai seterusnya beroperasi pukul 05.30–19.00. Selanjutnya, untuk KRL Jabodetabek jumlah penumpang maksimal 74 orang per kereta. Jam operasinya pukul 05.00–21.00 hingga 20 September 2020. Mulai 21 September sampai seterusnya beroperasi pukul 05.00–19.00.

Lalu, kereta api jarak jauh hanya boleh mengangkut maksimal 25 orang per kereta (eksekutif), bisnis 30 orang, dan ekonomi 30 orang. Bus TJ diizinkan membawa penumpang maksimal 60 orang untuk bus gandeng, 30 orang bus besar, 15 orang bus sedang, dan 6 orang bus kecil. ’’Operasi TJ itu pukul 05.00–22.00 hingga 20 September. Lalu, mulai 21 September sampai seterusnya, jam operasinya pukul 05.00–19.00,’’ terangnya. Khusus untuk bajaj, penumpang maksimal satu orang. Lalu taksi, penumpangnya maksimal dua orang per baris.

Gubernur DKI Anies Baswedan meminta tim pengawas untuk menindak pelanggaran aturan PSBB. ’’Pesan saya kepada semua jajaran satpol PP, datangi warga dengan keyakinan bahwa kita sedang melindungi masyarakat. Saya minta harus tegas, bukan berarti bengis, bukan berarti kasar. Tegas itu melaksanakan tanpa harus belak-belok, tanpa kompromi,’’ ucap Anies. Dia juga menegaskan bahwa tujuan penindakan bukan untuk mengumpulkan uang denda sebanyak-banyaknya. Melainkan mengubah perilaku masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

 

Stasiun Mulai Sepi

 

Dampak PSBB sudah terlihat di sektor transportasi. Kemarin situasi di sejumlah stasiun tampak sepi dibandingkan Senin pekan sebelumnya. Di saat jam masuk kerja yang merupakan peak season, pengguna kereta rel listrik (KRL) tercatat 92.546 orang. ”Berkurang hingga 19 persen dibandingkan Senin pekan lalu yang mencapai 114.075 pengguna pada waktu yang sama,” beber VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba. Penurunan jumlah pengguna tercatat di hampir seluruh stasiun KRL.

Pada PSBB tahap kedua ini, jam operasional KRL masih dimulai pukul 04.00 hingga 21.00 dengan 975 perjalanan KRL per hari. ”Namun, masih akan dilakukan evaluasi kembali dengan mempertimbangkan pergerakan masyarakat yang menggunakan KRL di masa PSBB ini,” ujarnya.

Kapasitas pengguna KRL pun masih berlaku sesuai aturan, yaitu 74 orang per kereta. Anne menyarankan agar pengguna dapat mengatur waktu perjalanannya dengan menghindari jam-jam sibuk. ”KAI berusaha menjadikan perjalanan kereta api sebagai moda transportasi yang aman dari persebaran Covid-19,” imbuh VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Terkait pembatasan kapasitas, KAI juga sudah membatasi tiket tempat duduk yang dijual. Sejauh ini perjalanan kereta api jarak jauh reguler kapasitas penumpangnya hanya 70 persen. Untuk jumlah perjalanan KA, rata-rata mengoperasikan 267 KA per hari. Menurut Joni, petugas juga rutin melakukan pembersihan dengan cairan disinfektan. ”KAI selalu berkomitmen untuk mendukung segala upaya pencegahan persebaran Covid-19 yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) dilibatkan untuk mendisiplinkan warga. Kemarin (14/9) Kodam Jaya melaksanakan apel pasukan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain personel TNI-Polri, hadir pula perwakilan beberapa ormas, yakni Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), Pemuda Panca Marga (PPM), Hipakad, dan Pemuda Pancasila.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengungkapkan, ormas-ormas tersebut akan berada di bawah komando Kodam Jaya serta Polda Metro Jaya. Jenderal bintang dua TNI-AD itu meminta mereka bertindak tegas, tapi humanistis. ”Bertindaklah secara profesional, sopan, santun, humanistis, dan edukatif,” tuturnya.

Para anggota ormas ditugaskan menyisir pusat-pusat keramaian. Mulai area perkantoran, terminal, stasiun, pasar, hingga tempat-tempat lainnya. Kepada seluruh prajurit TNI-AD yang dikerahkan Kodam Jaya, Dudung meminta mereka berpedoman pada delapan wajib TNI saat menegur masyarakat. ”Sampaikan bahwa menggunakan masker tidaklah cukup untuk melindungi diri dari Covid-19. Harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan (menjaga, Red) kebersihan tangan,” bebernya. (rya/mia/byu/dee/syn/idr/lyn/c9/c7/oni/JPG/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Simulasi KBM Tatap Muka SMA Sederajat di NTB Pekan Kedua Dimulai

Simulasi KBM tatap muka untuk SMA sederajat di NTB memasuki pekan kedua. ”Sambil kami tetap memantau perkembangan penyebaran Pandemi Virus Korona,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan, pada Lombok Post, Minggu (20/9/2020).  

Mendikbud Pastikan Wacana Penghapusan Mapel Sejarah Hoaks

”Tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional,” tegas dia.

HARUM Goda Pemilih Millenial Lewat Lomba Film Pendek dan E-Sport

Bakal Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mencoba menggoda pemilih milenial. Caranya, dengan menggelar film pendek dan e-sport. "Orang yang menggeluti dunia film tidak banyak. Bagi sebagian orang ini ekslusif. Prosesnya panjang," kata Mohan Sabtu malam (19/9) lalu.

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.

“Menara Eiffel”di Desa Seruni Mumbul Lombok Timur Ramai Pengunjung

Pengelola wisata Denda Seruni, Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya tak ingin puas dengan keberhasilannya menyedot wisatawan. Realisasi target PADes Rp 30 juta per bulan harus dapat bertambah.

Bale Mediasi Lotim Damaikan Delapan Perselisihan

SELONG-Permohonan mediasi terus berdatangan ke Bale Mediasi Lotim. “Sudah ada 36 permohonan yang masuk,” kata Koordinator Administrasi Bale Mediasi Lotim Lalu Dhodik Martha Sumarna pada Lombok Post, kemarin (18/9).

Paling Sering Dibaca

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.
Enable Notifications    Ok No thanks