alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Harga Tiket WSBK Masih Dirundingkan, Menunggu Persetujuan FIM Superbike

MATARAM-Harga tiket event balap motor internasional World Superbike Mandalika masih sedang dibahas. Harga tersebut tinggal menunggu persetujuan FIM Superbike. Dipastikan, pekan depan, soal harga sudah beres dan tiket sudah mulai bisa dijual ke publik.

Managing Director ITDC Mandalika Bram Subiandoro kepada Lombok Post kemarin (13/10) memastikan tiket akan mulai dijual pekan depan. Sementara soal kisaran harga tiket masih belum ditentukan.

“Saat ini sedang dibahas oleh pihak penyelenggara dalam hal ini MGPA dan pihak FIM Superbike. Jadi belum bisa kami beritahu kisarannya,” katanya.

Ia menjanjikan, ketika sudah ada kesepakatan penyelenggara, maka akan diumumkan tidak hanya harga, tetapi di mana saja lokasi dan situs online pembelian tiket WSBK.

“Nanti MGPA yang akan umumkan mana saja lokasi dan sistem penjualan tiketnya,” kata Bram.

Apakah kisaran harga tiket WSBK berada di kisaran ratusan ribu atau lebih dari Rp 1 juta? Bram tak berani memastikan. Ia hanya meminta masyarakat dan semua pihak bersabar menunggu pengumuman harga tiket dan mekanisme pembeliannya.

“Kalau saya bilang kisaran harganya segini kemudian pekan depan berubah kan susah. Tunggu saja nanti, pasti akan diumumkan MGPA,” cetusnya tersenyum.

WSBK Mandalika akan menjadi rangkaian terakhir seri WSBK tahun ini. Seri ini akan digelar pada 19-21 Maret 2021. Sebelumnya, dalam konfrensi pers virtual September lalu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah menekankan bahwa harga tiket event seperti World Superbike akan sangat terjangkau.

“Kami sudah memperhitungkan segalanya,” kata Ricky.

MGPA mengerti pula calon penonton dari luar Lombok hampir pasti harus naik pesawat untuk bisa menonton. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk akomodasi dan kebutuhan lainnya.

Seri paling dekat dengan WSBK Mandalika adalah seri WSBK di Argentina yang akan digelar pada 15-20 Oktober. Lombok Post yang mengakses situs penyelenggaraan WSBK Argentina tidak menampilkan harga tiket.

Namun, untuk seri sebelumnya yakni WSBK Magny-Cours di Prancis, dalam laman resmi Sirkuit Magny-Cours, terdapat tiga jenis tiket yang berlaku hanya untuk balapan Minggu dengan kisaran harga 30 sampai 55 euro atau sekitar Rp 507.000 – Rp 930.000.

Dari tiga jenis tiket satu hari tersebut yang tertinggi adalah Adelaide Ticket yang mengizinkan penonton berada di stand L, tribune umum, dan village. Sementara untuk Gradin Est Ticket seharga 30 euro, penonton hanya boleh berada di access golf dan gradin est.

Untuk akses selama tiga hari, Magny-Cours juga menyediakan tiga jenis tiket masing-asing Gradin Est Ticket seharga 40 euro, General Access Ticket yang dibanderol 50 euro, dan Adelaide Ticket yang bisa ditebus dengan 75 euro. Kurs 1 Euro saat ini setara dengan Rp 16.441. Tentu saja, harga-harga tiket di Magny-Cours jelas tidak bisa menjadi gambaran tiket untuk WSBK di Mandalika.

 

Tribun VIP

 

Sementara itu, tribun penonton di arena sirkuit kini sudah hampir rampung. Misalnya tribun VVIP bagi tamu kehormatan seperti presiden dan pejabat yang menjadi undangan lainnya. Pelaksana menargetkan tribun ini tuntas bulan ini.

“Kalau tribun VVIP ini insya Allah bulan ini sudah jadi. Ini terus dikebut,” kata Joko, salah satu pelaksana dari pihak kontraktor kepada Lombok Post, kemarin.

Bangunan tribun VVIP yang ada di sebelah timur sirkuit ini terlihat hampir selesai. Tinggal beberapa fasilitas yang belum dilengkapi. Tribun ini nantinya akan dibuatkan ruangan dengan kaca transparan. Sehingga tamu undangan bisa melihat para pembalap memacu kendaraannya dari dalam ruangan.

“Tinggal dipasangkan kanopi, disekat dengan kaca dan ruangan dilengkapi mesin pendingin. Toilet dan fasilitas lainnya juga sudah disiapkan,” lanjutnya.

Selain tribun VVIP, pihak MGPA juga sudah menyiapkan area untuk pemasangan tribun portable. Tepatnya di dalam sirkuit, samping track lurus. Sejumlah alat berat kemarin sudah mulai meratakan area yang menjadi lokasi dibangunnya tribun yang bisa dibongkar pasang.

Sejauh ini informasi yang dihimpun Lombok Post baru ada tiga lokasi yang disiapkan untuk tribun penonton. Mulai dari tribun di dekat garis start, tribun dekat track lurus hingga tribun VIP dekat tikungan pertama. Namun MGPA berencana secara bertahap akan menambah lokasi tribun di area sirkuit. Rencananya, tiket yang akan dijual ke publik untuk 25.000 orang. (ton/JPG/r6)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks