alexametrics
Selasa, 11 Agustus 2020
Selasa, 11 Agustus 2020

Sirkuit MotoGP Lombok Rampung Pertengahan 2021

JAKARTA-PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan Sirkuit MotoGP Lombok siap untuk balapan tahun 2021. Sirkuit jalan raya MotoGP pertama di dunia ini sudah dipastikan tuntas pada pertengahan tahun depan sebelum jadwal race MotoGP Lombok yang diperkirakan Oktober 2021.

Untuk mempercepat penyelesaian pembangunan, kemarin (15/7) ITDC menandatangani Perjanjian Kerja Sama untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT PP (Persero) senilai Rp 900 miliar. Pada saat yang sama, ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota HIMBARA yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Penandatanganan dilakukan di Gedung Mandiri Club, Jakarta.

“PKS ini efektif berlaku mulai tanggal 15 Juli 2020,” kata Abdulbar M Mansoer.

Sementara Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan ditandatangani Farida Thamrin dan Teddy Y. Danas mewakili Bank Mandiri, Litasari Wahju W dan Rommel TP Sitompul mewakili BNI, S. Hernowo dan Hari Setiawan mewakili BRI, dan Sindhu Rahadian Ardita mewakili BTN.

Abdulbar menjelaskan, saat ini progres atas masih berlangsung pekerjaan-pekerjaan awal sirkuit termasuk pekerjaan persiapan dan pekerjaan ground work. Dia menyebutkan, proyek pembangunan sirkuit Mandalika telah mencapai 40% dan proses pengaspalan dijadwalkan akan mulai dilakukan pada Januari 2021.

“Secara keseluruhan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan akan selesai pertengahan 2021,” katanya.

Dengan perjanjian ini, PT PP akan melanjutkan pembangunan Sirkuit Mandalika yang sudah berlangsung sampai tahap Final Project Hand Over. ITDC telah menunjuk MGPA sebagai anak usaha ITDC yang menangani persiapan serta penyelenggaraan MotoGP dan seri balap lainnya di Sirkuit Mandalika.

“Kami optimistis kerja sama ITDC dengan PT PP akan mendukung percepatan pembangunan proyek nasional Mandalika Street Circuit,” katanya.

ITDC memilih menggandeng PT PP karena merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi dengan keahlian dan pengalaman dalam bidang konstruksi, properti, Engineering Procurement Construction, dan investasi. Sehingga dipastikan akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas Internasional dan sesuai standar yang ditentukan Federation Internationale deMotocyclisme.

“Dan yang terpenting selesai sesuai jadwal,” katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menegaskan, kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia. Sehingga pihaknya akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standar internasional.

“Kerja sama antara ITDC, PP, dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021,” katanya.

Melalui kolaborasi antar BUMN ini akan dilakukan pembangunan yang menggunakan skema Pre-Financed Project dalam rangka pengembangan kawasan Sirkuit Mandalika di lahan seluas 52,5 hektar di dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika, NTB.

Penyelengaraan event MotoGP diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun. Selain itu kata Kartika, akan memberikan positioning yang kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di kawasan Asia.

“Kami optimistis event ini akan menjadi penggerak kebangkitan pariwisata Indonesia paska Pandemi,” tandasnya. (kus/JPG/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Bawa Ganja Tukang Parkir Tertangkap di Puskesmas Batulayar

Terduga pengedar ganja berinisial SAP alias Adi dibekuk Ditresnarkoba Polda NTB, Minggu sore (9/8). Pria yang kesehariannya menjadi tukang parkir itu diduga jual narkoba.

Polda NTB – KPU Koordinasi Pengamanan Pilkada Serentak 2020

Polda NTB berupaya menjaga stabilitas keamanan daerah menjelang Pilkada Serentak 2020. “Kita sudah diskusi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) membahas persiapan-persiapan menjelang Pilkada serentak, 9 Desember mendatang,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal usai silaturahmi dan diskusi di kantor KPU NTB, Senin (10/8).

VIDEO : Dua Kali Masuk Bui, Papuk Jon Kembali Ditangkap Polisi

Sorang pria berinsial MB alias Papuk Jon tak juga kapok. Meski usia sudah memasuk 58 tahun, Papuk Jon masih saja mencuri. ”Kakek ini residivis. Sudah dua kali masuk penjara. Kasus sebelumnya juga mencuri,” kata Kapolsek Cakranegara AKP Zaky Maghfur, Senin malam (9/8).

Kapal Tenggelam di Tarakan, Satu Polisi Asal Lombok Tengah Meninggal

Kabar duka datang dari Ditpolairud Polda NTB. Satu anggotanya yang sedang bawah kendali operasi (BKO) di Ditpolairud Polda Kalimantan Utara (Kaltara) meninggal dunia.

Penjualan Mobil Toyota di NTB Masih Stagnan, Avanza Paling Diminati

”Dibanding saat kondisi normal, penjualan mobil baru pulih di angka 40-50 persennya saja. Kondisi ini bisa dibilang masih jauh dari situasi penjualan saat normal dulu,” kata Kepala Cabang Krida Toyota NTB Samsuri Prawiro Hakki, kepada Lombok Post, Senin (10/8/2020).

Data Kemiskinan NTB Belepotan, Verifikasi dan Validasi Sangat Lambat

Verifikasi dan validasi data kemiskinan atau data terpadu kesejahteraan sosial (DTSK) di NTB rupanya masih lambat. Hingga kemarin, baru lima daerah yang melaporkan hasil verifikasi dan validasi DTSK tersebut. Dari lima daerah itu, progres tiga daerah belum sampai 50 persen.

Paling Sering Dibaca

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Cucu Bupati Pertama Loteng Siap Mengabdi untuk Lombok Tengah

Menjadi satu-satu sosok perempuan, Hj Lale Prayatni percaya diri maju menjadi calon bupati Lombok Tengah. Birokrat perempuan ini ingin membawa perubahan bagi Lombok Tengah ke arah lebih baik. ”Saya terpanggil untuk mengabdi di kampung halaman saya,” kata Hj Lale Prayatni, Minggu (9/8).

Digerebek Polisi, Doyok dan Tutik Gagal Nyabu di Karang Bagu

Terduga pengedar sabu berinisial H alias Doyok ditangkap tim khusus (Timsus) Ditresnarkoba Polda NTB. Dia diringkus bersama seorang perempuan berinisial HT alias Tutik, Jumat sore (7/8) lalu.

Lale Sileng Pilih Yusuf Saleh Sebagai Wakil di Pilbup Loteng

Lale Prayatni memutuskan untuk menggandeng HM Yusuf Saleh. “Ya,” kata Lale singkat saat dihubungi, Minggu (9/8).
Enable Notifications.    Ok No thanks