alexametrics
Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021

DPR Setuju Sekolah Dibuka Juli

JAKARTA-Pemerintah berencana membuka kembali sekolah pada Juli mendatang. Komisi X DPR RI mendukung kebijakan tersebut. Namun, keamanan dan keselamatan siswa harus tetap menjadi prioritas utama.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mengatakan, pihaknya sudah membahas rencana tersebut. ’’Kami mendukung dibukanya kembali sekolah. Saya menyebutnya siswa kembali ke sekolah,’’ ungkapnya dalam acara diskusi Persiapan Dibukanya Sekolah Tatap Muka di Era New Normal di Media Center DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Yaitu, para siswa sudah kehilangan proses pembelajaran. Beberapa survei menyebut sudah terjadi lost learning. Survei menyatakan bahwa efektivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak lebih dari 30 persen.

Artinya, kata Syaiful, tidak semua anak bisa belajar, karena tidak semua orang tua bisa berposisi sebagai guru. Merujuk pada survei, mungkin hanya 30 persen orang tua yang mampu menjadi guru.

Selain itu, banyak orang tua siswa yang kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Akhirnya, anak-anak berganti profesi menjadi pekerja serabutan membantu ekonomi keluarga. ’’Tidak lagi sebagai siswa,’’ terang ketua DPW PKB Jawa Barat itu.

Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati menambahkan, untuk membuka pembelajaran tatap muka, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dikaji ulang. Khususnya, terkait vaksinasi terhadap para guru. ’’Vaksinasi untuk guru belum selesai. Tahap satu saja belum selesai nanti tahap kedua,’’ terangnya.

Dia menegaskan bahwa kesehatan para siswa harus diutamakan. Jika nanti para guru sudah divaksin, hal yang sama harus berlaku pada siswa. Apalagi, jumlah siswa lebih banyak dari guru. Maka, kebijakan itu harus dikaji secara mendalam. ’’Kemendikbud harus berkoordinasi dengan Kemenkes,’’ tegasnya. (JPG/r6)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks