alexametrics
Minggu, 27 September 2020
Minggu, 27 September 2020

Tarif Listrik Tak Naik hingga 2020

JAKARTA–Sejumlah harga komoditas seperti batu bara dan gas bumi kini dalam tren menurun. Hal tersebut membuat pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan tidak akan ada kenaikan tarif listrik hingga 2020.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, pertimbangan tidak ada kenaikan tarif listrik, salah satunya, lantaran nilai kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS yang cukup stabil di posisi Rp 14 ribuan per USD. ”Nanti kami lihat lagi, tapi kalau menurut saya kalau kurs di Rp 14 ribuan mestinya minimal tidak naik,” kata Jonan kemarin.

Selain itu, pihaknya mencatat, dalam 6 bulan terakhir ini, harga gas dan batu bara mengalami penurunan. ”Penurunan paling terlihat di harga batu bara. Untuk kalori 6.322 GAR harganya sekitar USD 65 per ton jadi mestinya harga listrik tidak perlu ada penyesuaian naik,” ujar Jonan.

Tercatat, HBA (harga batu bara acuan) pada periode September 2019 sebesar USD 65,79 per ton atau turun 9,4 persen dibanding periode Agustus sebesar USD 72,67 per ton. Pemerintah menggunakan patokan batas atas untuk PLN sebesar USD 70 per ton yang berlaku sejak 12 Maret 2018 hingga 31 Desember 2019.

Kebijakan tersebut mengatur harga khusus batu bara bagi pembangkit listrik ditetapkan USD 70 per ton jika HBA di atas USD 70 per ton. Namun, bila harga di bawah USD 70 per ton, transaksi batu bara bagi pembangkit listrik merujuk pada HBA.

Selama ini faktor yang menjadi penentu tarif listrik adalah kurs, Indonesian crude price (ICP), dan inflasi. Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 41 Tahun 2017, apabila terjadi perubahan terhadap asumsi makro ekonomi (kurs, ICP, dan inflasi) yang dihitung secara triwulanan, akan dilakukan penyesuaian terhadap tarif tenaga listrik.

ICP sendiri dalam beberapa bulan terakhir ini juga berada di bawah asumsi APBN 2019 sebesar USD 70 per barel. Rata-rata ICP selama semester pertama 2019 mencapai USD 63 per barel, lalu turun lagi ke Juli menjadi USD 6,32 per barel dan menjadi USD 57,27 per barel pada Agustus 2019. Di sisi lain, PLN pun mengusulkan harga patokan gas untuk pembangkit kelistrikan tanah air guna meringankan beban biaya produksi listrik PLN.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, harga gas maupun biaya pengangkutan gas bumi (toll fee) tak menentu lantaran masih mengikuti harga minyak mentah Indonesia.

”Nah, ini harus ketemu, kalau kita kan maunya rendah, tapi nggak bisa begitu. ESDM kan nanti membuat titik optimal di mana para investor dari gas bisa terpenuhi pengembalian investasi untuk eksplorasi gasnya,” terang Sripeni.

Pada pertengahan tahun lalu, PLN sempat mengusulkan agar ada pembatasan harga menjadi USD 6,5 per mmbtu untuk di Pulau Jawa dan USD 7 per mmbtu untuk di luar Jawa. Selama ini PLN masih terbebani biaya pembelian gas dengan rentang harga USD 7 per mmbtu hingga USD 11 per mmbtu. Variasi harga beli gas tersebut tergantung lokasi, liquefied natural gas (LNG), dan saluran pipa yang dilalui.

Energi primer memegang porsi yang paling dominan, yakni 60–70 persen dalam struktur biaya pokok penyediaan (BPP) pembangkitan listrik. Selain itu, PLN meminta adanya perpanjangan harga patokan domestic market obligation (DMO) batu bara untuk kelistrikan USD 70 per ton, yang akan berlaku hingga akhir tahun ini.

Saat ini, batu bara dan gas memang memegang porsi dominan dalam bauran energi PLN. (vir/c25/oki/JPG/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Penataan Kawasan Wisata Senggigi Dimulai

Penataan kawasan wisata Senggigi direalisasikan Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar). Sayang, dari tujuh proyek dalam perencanaan, hanya lima yang bisa dieksekusi.

LPPOM MUI NTB Target Sertifikasi Halal 125 Usaha Rampung Tahun Ini

”Rinciannya, dari Dinas Perindustrian NTB dan pusat sebanyak 75 usaha, serta Dinas Koperasi Lombok Barat sebanyak 50 usaha,” katanya, kepada Lombok Post, Rabu (23/9/2020).

Solusi BDR Daring, Sekolah Diminta Maksimalkan Peran Guru BK

Jika terkendala akses dan jaringan internet, layanan dilaksanakan dengan pola guru kunjung atau home visit. ”Di sanalah mereka akan bertemu dengan siswa, orang tua, keluarga. Apa permasalahan yang dihadapi, kemudiann dibantu memecahkan masalah,” pungkas Sugeng.

Subsidi Kuota Internet, Daerah Blank Spot di NTB Pertanyakan Manfaat

”Kalau jangkauan towernya luas, tentu ini sangat menunjang sekaligus mendukung pemanfaatan kebijakan pusat,” tandasnya.

Anugerah Pewarta Astra 2020 Kembali Digelar

Astra mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2020. ”Di NTB sendiri kami membina warga Kelurahan Dasan Cermen yang merupakan wilayah Kampung Berseri Astra. Harapannya, masyarakat dapat menggambarkan dukungan Astra untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih optimis demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujar Gusti Ayu.

Pilwali Mataram, HARUM satu SALAM dua MUDA tiga BARU empat

Pengundian nomor Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram berjalan di bawah protokol Pandemi Covid-19 dengan ketat, pukul 19.00 wita-selesai semalam.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.
Enable Notifications    Ok No thanks