alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

34.244 Guru Madrasah di NTB Segera Dapat Subsidi Gaji

MATARAM-Kejelasan bantuan subsidi gaji, untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) non PNS, lingkup Kemenag terjawab.

Kepala Seksi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PTK) Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag NTB H Hasbul Manan mengatakan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyetujui usulan bantuan subsidi gaji. Nominalnya Rp 1,152 triliun, untuk 475 ribu GTK non PNS.

Dari data pada layanan Sistem Informasi Manajemen PTK Kemenag (Simpatika), tercatat 34.244 GTK non PNS yang mendapat bantuan itu. Awalnya bantuan itu hanya diperuntukkan bagi guru saja.

”Tetapi setelah berbagai usulan yang masuk, Kemenag pusat memutuskan, tenaga operator di madrasah juga dapat,” jelasnya.

”Syaratnya, mereka yang aktif selama satu semester ini di tahun 2020,” sambung Manan.

Baca Juga :  NTB Kembali Terima 33 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 pada 2 Februari

Setelah itu, GTK non PNS menginput data diri melalui layanan Simpatika, dengan menyertakan nomor rekening. ”Karena Kemenag pusat kan patokannya di Simpatika itu, jadi kemarin terus kami dorong guru agar segera mengusulkan diri,” ujarnya.

Kendati belum mengetahui besaran bantuan yang diterima GTK, tentu kebijakan ini menjadi angina segar. ”Alhamdulillah, kami sambut baik,” jelasnya.

Sebelumnya, Dirjen GTK Kemenag Muhammad Zain menuturkan 745 ribuan GTK non PNS madrasah, telah proses validasi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

”Diantara validasi itu untuk melihat, apakah calon penerima dari Kemenag belum menerima program serupa dari Kemenaker,” kata dia.

Kemenag pusat telah mengatur skema pencairannya. ”Nanti mampir dulu ke kami (Kemenag, Red),” tegas dia.

Baca Juga :  Subsidi Gaji Pekerja Rp 1 Juta, Pemprov NTB Tunggu Pedoman Resmi

Langkah ini diambil, agar jelas nantinya siapa yang bertanggung jawab. Menteri Agama selaku pengguna anggaran (PA) dan kuasa pengguna anggaran (KPA) adalah para dirjen di Kemenag termasuk Dirjen Pendis. (yun/r9)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/