alexametrics
Senin, 27 Juni 2022
Senin, 27 Juni 2022

Gowes di Jalan Raya Kini Tak Bisa Lagi Serampangan, Ini Aturannya

JAKARTA-Belakangan tren bersepeda marak. Agar tertib, maka Kementerian Perhubungan mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 59 Tahun 2020 Tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan pada 14 Agustus lalu. Kemenhub rutin untuk melakukan sosialisasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyatakan bahwa aturan ini salah satunya mengatur persyaratan teknis sepeda. Ada tujuh jenis persyaratan keselamatan yang harus dipenuhi pesepeda saat di jalan. Budi merincikan tujuh syarat itu adalah spakbor, bel, sistem renm, lampu,alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya roda berwarna putih atau kuning, serta pedal.

Dalam PM 59/2020 disebutkan bahwa penggunaan spakbor dikecualikan untuk jenis sepeda balap, sepeda gunung, dan beberapa jenis sepeda lain. Untuk penggunaan lampu dan alat pemantul cahaya juga disebutkan harus dipasang pada malam hari dan dalam kondisi jarak pandang terbatas.

Baca Juga :  Mendag Lutfi Ingatkan Pentingnya Sinergi Pemerintah Pusat dengan Pemda

”Saat berkendara di jalan terutama malam hari para pesepeda harus menyalakan lampu dan menggunakan pakaian maupun atribut yang memantulkan cahaya serta menggunakan helm,” ujar Budi.

Selain itu harus menggunakan alas kaki atau sepatu. Pengguna diwajibkan memahami dan mematuhi tata cara berlalu lintas.

”Kami berharap pada pengelola gedung, sekolah, kantor, dapat menyediakan tempat parkir sepeda,” tutur Budi. Dari sini diharapkan ada perubahan masyarakat untuk mobilitas.

Selain itu, dijabarkan juga dalam regulasi ini jika parkir umum untuk sepeda harus disediakan oleh setiap penyelenggara fasilitas umum seperti simpul transportasi, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, dan tempat ibadah.

Dalam aturan tersebut, pemerintah daerah juga bisa berperan. Pemda dapat menentukan jenis dan kegunaan sepeda sesuai dengan karakter dan kebutuhan di daerah ya. (lyn/JPG/r6)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/