alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Pemerintah Gunakan Skema Penanganan Gempa Lombok di Sulbar

JAKARTA-Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah pusat akan membantu membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh akibat gempa di Sulawesi Barat. Tujuannya agar pelayanan publik dapat kembali berjalan. ”Tadi saya sudah sampaikan ke gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali,” kata presiden saat berkunjung ke Sulawesi Barat, Selasa (19/1).

Selepas meninjau posko pengungsian, Presiden Jokowi singgah di sebuah lokasi perumahan tak jauh dari Stadion Manakarra. Di perumahan itu banyak rumah warga yang ambruk akibat gempa. ”Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah akan membantu untuk yang rusak berat Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta, dan rusak ringan Rp 10 juta,” kata Presiden Jokowi. Skema pembiayaan ini sama seperti skema pembiayaan rumah korban gempa di Lombok dan Sumbawa.

Di tempat lain, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia menyatakan bantuan seperti peralatan medis, peralatan dapur, dan tenda pengungsian untuk warga yang terdampak bencana alam di sejumlah daerah terus didistribusikan. Agar bantuan logistik berjalan dengan baik dan lancar, sejumlah anggota TNI dan Polri dikerahkan untuk membantu penyalurannya.

Baca Juga :  Data Penerima JPS Bermasalah, Berpotensi Picu Gejolak di Masyarakat

”Koordinasi terus dilakukan oleh pemerintah pusat dengan pemda setempat agar distribusi bantuan logistik ataupun fisik bisa terlaksana dan tercapai secara tepat guna dan tepat sasaran,” ucapnya.

Guna menghindari penyebaran Covid-19 di lokasi pengungsian, pemerintah sudah membangun tenda secara terpisah antara lansia dan non-lansia. Tak hanya itu, di lokasi pengungsian juga disediakan pemeriksaan rapid test antigen untuk para pengsungsi. (JPG/r6)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/