alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Tersangka Dugaan Korupsi Pengerukan Dermaga Labuhan Haji Akan Diperiksa

SELONG-Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Timur (Lotim) akan memanggil dua tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengerukan kolam labuh dermaga Labuhan Haji.

“Sudah kita jadwalkan Selasa, 24 Januari mendatang,” kata Kasi Intel Kejari Lotim Lalu Mohamad Rasyidi pada Lombok Post, Rabu (19/1).

Dijelaskan, pada pemeriksaan tersebut, pihaknya kemungkinan akan langsung menahan kedua tersangka berinisial N selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) dan tersangka inisial TR selaku Komisaris PT Guna Karya Nusantara. Kata pria yang akrab disapa Lamora itu, penahanan dipastikan akan dilakukan kecuali ada penangguhan penahanan.

“Seperti tersangka sakit keras atau kemungkinan penangguhan penahanan lainnya,” bebernya.

Dijelaskan, pada Selasa (18/1) lalu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi berinisial D yang merupakan Direktur PT Guna Karya Nusantara selaku pihak ketiga yang mengerjakan proyek penataan dan pengerukan pelabuhan labuhan haji di Dinas PUPR Lotim tahun 2016 lalu. Sesuai hasil audit BPKP, perkara korupsi tersebut menelan uang negara sebesar Rp 6,361 miliar.

Baca Juga :  Ngebet New Normal, Pemerintah Longgarkan Aturan Bepergian

Kata Lamora, selanjutnya, pihaknya akan melanjutkan pemeriksaan terhadap beberapa saksi lain. Dibandingkan dengan penanganan kasus korupsi kredit fiktif BPR NTB Cabang Aikmel yang sedang tangani, kasus ini dinilai akan memakan waktu lebih lama.

“Karena saksi-kasi dari PT Guna Karya Nusantara ini berada di luar daerah,” jelasnya.

Diketahui, proyek penataan dan pengerukan kolam labuh dermaga Labuhan Haji merupakan proyek Pemkab Lotim di Dinas PUPR Lotim pada tahun 2016 lalu. Proyek bernilai Rp 38,9 miliar tersebut dalam prosesnya tidak dikerjakan oleh PT GKN selaku pemenang tender proyek. Sementara PT GKN telah menerima uang muka sebesar 20 persen dari total nilai proyek. (tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/