alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Tak Hanya MotoGP dan Superbike, Mandalika juga Akan Gelar Balapan Ini

MATARAM-Sirkuit Mandalika bakal semakin sibuk. Pemprov NTB bersama sejumlah pihak tengah mengupayakan lima balapan internasional untuk mengaspal di sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

”Sedang kita propose lima acara balapan ke Indonesia, untuk dilaksanakan di Mandalika,” kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Selasa (22/3).

Salah satu yang diusulkan adalah Grand Tourer (GT) World Challenge Asia. Balapan mobil sport yang dirancang untuk kecepatan tinggi dan berkendara jarak jauh.

Sebelum bernama GT World Challenge Asia, balapan ini bernama Blancpain GT Series Asia dan Blancpain GT World Challenge Asia. Ketika masih berlabel Blancpain, dua pembalap Indonesia, yakni Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro, pernah turut serta.

”Termasuk GT World Challenge Asia itu yang kita usahakan bisa di Mandalika,” sebut Zul.

Empat balapan lainnya, belum dibuka Zul. Hingga nanti ada kepastian dari penyelenggara, untuk bisa mengaspal di Mandalika. Pastinya, keempat balapan tersebut tidak termasuk MotoGP dan World Superbike.

Baca Juga :  Dukung Pencegahan Korupsi dan Transformasi Perekonomian Nasional

”Semoga semuanya bisa dilaksanakan di Mandalika. Doakan yang terbaik,” tuturnya.

Dikutip dari lama GT World Challenge Asia, rencananya ada enam seri yang digelar enam sirkuit. Dimulai dari Sepang International Circuit sebagai seri pertama pada 20 Mei; Suzuka International Circuit pada 15 Juli; Fuji International Speedway pada 22 Juli.

Kemudian, Sportsland Sugo di Jepang mulai 19 Agustus; Okayama International Circuit di 23 September; dan seri pemungkas di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 21 Oktober.

Rencananya ada sekitar 8 pabrikan yang nanti akan beradu kecepatan sekaligus ketahanan di GT World Challenge Asia. Antara lain, Aston Martin; Audi; BMW; Ferrari; Lamborghini; McLaren; Mercedes-AMG; dan Porsche.

Model balapan GT World Challenge Asia sedikit berbeda dengan balapan pada umumnya. Akan ada dua pembalap dalam satu tim yang akan bergantian masuk lintasan. Untuk mencatatkan waktu terbaik selama satu jam, yang digelar dua kali dalam satu serinya.

Baca Juga :  Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro Hingga 31 Mei

Balapan mobil jenis Supercar untuk GT World Challenge Asia, sebagian besar digelar di sirkuit baru. Selain Mandalika, Sugo dan Okayama di Jepang merupakan sirkuit baru yang bakal melaksanakan GT World Challenge Asia.

Seri balap GT World Challenge Asia 2022 akan memberikan suasana dan kejutan baru. Terlebih akan menjadi debut pertama balap mobil di sejumlah sirkuit.

”Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru yang luar biasa dan layak mendapat tempat di setiap kejuaraan Asia,” kata Co-director SRO Motorsports Group Benjamin Franassovici, dikutip dalam laman resmi GT World Challenge Asia. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/