alexametrics
Jumat, 25 September 2020
Jumat, 25 September 2020

Warga Muslim Berada di Garis Depan Penanganan Covid-19 di Amerika

SURABAYA–Komunitas muslim di Amerika Serikat banyak berkontribusi dalam pembangunan di AS. Termasuk saat pandemi Covid-19, mereka jadi pahlawan garda depan.

 

Di Kota New York 12,5 persen apoteker adalah muslim, 12,3 persen teknisi laboratorium klinis adalah muslim, dan 9,7 persen adalah dokter adalah muslim. Selain itu, 9,6 juta resep per tahun diisi apoteker muslim dan 5,2 juta pasien per tahun ditangani dokter muslim.

 

Hal itu mengemuka dalam diskusi virtual “Bincang dengan Muslim AS” yang digelar Konsulat Jenderal AS di Surabaya, selama Ramadan lalu.

 

Program diskusi ini juga menyoroti keragaman agama dan perlindungan kebebasan berekspresi di Amerika Serikat. Juga mempromosikan nilai-nilai dasar di Amerika Serikat dan Indonesia tentang pluralisme dan toleransi beragama.

 

Program ini diadakan setiap Sabtu yang menampilkan muslim Amerika dari berbagai latar belakang. Diskusi selama satu jam itu mengungkap kisah kehidupan warga muslim di  AS.

 

Para pembicara membagikan bagaimana keyakinan Islam dan nilai-nilai Amerika telah menyatu dalam kehidupan mereka, sekaligus menjawab pertanyaan yang diajukan audiens Indonesia.

 

Sesi pertama diskusi digelar tanggal 9 Mei lalu. Sesi ini mengundang Rabiah York Lumbard, seorang mualaf dan penulis muslim Amerika pemenang penghargaan berbagi topik penting tentang nilai keragaman di komunitas muslim AS.

 

Rabiah menuturkan, ia memulai perjalanannya sebagai penulis ketika menantikan putri pertamanya. Kala itu ia  berburu buku untuk anak-anak muslim, tetapi buku semacam itu sangat sedikit. “Ini menjadi inspirasi awalnya saya menulis,” tuturnya.

 

Rabiah menjelaskan, komunitas muslim Amerika menyatu ke dalam semua aspek masyarakat Amerika. Warga muslim berkiprah di bidang militer, pemerintah, dokter, pengacara, artis dan pengasuh, pengkhotbah, pendidik, hingga atlet Olimpiade.

 

“Muslim Amerika memiliki banyak hal untuk ditawarkan karena muslim adalah komunitas agama paling beragam di AS,” tuturnya.

 

Sesi diskusi kedua digelar 16 Mei lalu. Sabria Kazmi, seorang mahasiswa muslim Amerika di Universitas Georgetown, berbicara tentang pengalamannya sebagai seorang wanita muslim yang belajar di bidang sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika.

 

Ia mengatakan, salah satu komunitas muslim di universitasnya menjadi bagian terbaik dari pengalaman akademiknya.

 

Meski berasal dari latar belakang yang unik, ia tidak pernah merasa tidak mendapatkan tempat, karena komunitas muslim di AS sangat beragam. “Seperti negara itu sendiri sehingga semua orang memiliki,” ujarnya.

 

Ia bersyukur tinggal bersama orang tuanya dan dapat merayakan Ramadan dengan khidmat. Melalui studinya, ia terhubung kembali dengan imannya untuk menghilangkan stres.

 

Seri diskusi virtual ditutup dengan mengundang Meira Neggaz, direktur eksekutif Institut Kebijakan Sosial dan Pemahaman. Ia  membahas muslim Amerika sebagai pahlawan di garis depan Covid-19.

 

Konsul Jenderal AS di Surabaya Mark McGovern mengatakan, muslim Amerika telah menjadi bagian penting dari pembangunan. Mereka akan terus berkontribusi untuk keberhasilan AS dalam semua aspek kehidupan. “Terutama sekarang, sebagai pahlawan Amerika di garis depan Covid-19,” katanya.

 

Ia menambahkan, Konsulat Jenderal AS di Surabaya terus terhubung dengan audiensi di seluruh Indonesia melalui program online seperti seri diskusi muslim Amerika.

 

“Seri ini adalah platform kreatif bagi muslim Amerika untuk terhubung dengan audiens muslim dan non-muslim di Indonesia,” katanya.

 

Program juga didedikasikan untuk menciptakan ikatan pribadi yang abadi dan memperluas hubungan orang ke orang-orang antara Amerika Serikat dan Indonesia, terutama selama pandemi.

 

Audiens dapat menonton sesi penuh “Bincang dengan Muslim AS” di akun facebook di https://www.facebook.com/uscongensby/. (ili)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Anugerah Pewarta Astra 2020 Kembali Digelar

Astra mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2020. ”Di NTB sendiri kami membina warga Kelurahan Dasan Cermen yang merupakan wilayah Kampung Berseri Astra. Harapannya, masyarakat dapat menggambarkan dukungan Astra untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih optimis demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujar Gusti Ayu.

Pilwali Mataram, HARUM satu SALAM dua MUDA tiga BARU empat

Pengundian nomor Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram berjalan di bawah protokol Pandemi Covid-19 dengan ketat, pukul 19.00 wita-selesai semalam.

Catat, Kampanye Undang Massa Bisa Dipidana

Seluruh calon kepala daerah yang akan berlaga dalam Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di NTB telah ditetapkan, kemarin (23/6). Hari ini, para calon kepala daerah tersebut akan melakukan pengundian nomor urut. Kampanye akan dimulai pada 26 September. Seluruh kandidat harus hati-hati berkampanye di masa pandemi. Sebab, mengundang massa dalam kampanye bisa dikenakan pidana.

Dua Sopir Bupati Lotim pun Positif Tertular Covid-19

PELACAKAN kontak erat Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy yang positif terinfeksi Covid-19 masih terus dilakukan. Hingga kemarin, dari kontak erat yang telah menjalani uji usap atau swab, dua orang sopir Bupati Sukiman telah dipastikan positif Covid-19.

Dua Jempol untuk Penanggulangan Covid-19 Desa Bentek Lombok Utara

Desa Bentek meraih juara satu Kampung Sehat di Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Berada di pintu masuk Kecamatan Gangga, desa ini memang dua jempol. Bidang kesehatannya oke. Bidang ekonominya mantap. Sementara bidang ketahanan pangannya juga menuai decak kagum. Pokoknya top!

Disdag Kota Mataram Gelar Pasar Rakyat, Warga Antusias

”Kami berterima kasih pada pihak Disdag karena kebutuhan rumah tangga bisa diakomodir sekaligus di sini dengan harga terjangkau,”  kara Nasrullah, lurah Pagutan Barat.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Tertular Korona di Luar Daerah, Bupati Lotim Sempat Drop

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menjadi kepala daerah pertama di NTB yang positif terinfeksi Covid-19. Pemimpin Gumi Patuh Karya dua periode tersebut menjalani uji usap (swab) pada Senin (21/9) di RSUD dr Raden Soedjono Selong.
Enable Notifications    Ok No thanks