alexametrics
Minggu, 9 Agustus 2020
Minggu, 9 Agustus 2020

Positif Korona, Peserta Ujian CPNS Otomatis Gugur

MATARAM-Peserta CPNS formasi 2019 yang melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) harus menjaga kesehatan. Jangan sampai terjangkit virus Korona.

”Bagi yang positif Covid-19 ya…mohon maaf tidak boleh ikut,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB H Muhammad Nasir, dalam keterangan persnya, kemarin (28/7).

Memang kata Nasir, masih terbuka peluang ikut ujian SKB. Namun dengan syarat, pasien positif Covid-19 tersebut sudah sembuh pada hari terakhir jadwal ujian SKB. Sehingga diberi kesempatan ikut pada hari terakhir tersebut. Lewat dari itu, otomatis gugur.

Seperti diketahui ujian SKB tiap satu formasi CPNS, akan direbut oleh tiga peserta yang lolos perangkingan ambang batas nilai ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) yang sudah digelar sebelumnya. Namun begitu, manakala dalam satu formasi hanya ada satu pelamar yang lolos ambang batas nilai, maka peserta ujian SKB untuk formasi tersebut hanya diikuti oleh satu peserta yang lolos ambang batas nilai tersebut. Ujian SKB sendiri direncanakan digelar dengan sistem computer assisted test pada September-Oktober. Terkait teknis pelaksanaanya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 17 Tahun 2020.

”Pelaksanaan SKB wajib menggunakan protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19,” kata Nasir.

Surat edaran BKN itu, katanya, mengatur tata cara penyelenggaraan SKB. Baik hal-hal yang harus dilakukan panitia maupun peserta.

Antara lain, panitia harus memastikan tim kesehatan di lokasi seleksi, minimal satu orang tenaga perawat. Memastikan diri sehat sebelum bertugas. Menyediakan pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk.

Apabila suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius, peserta akan diperiksa ulang dengan selang waktu lima menit. Jika suhu tubuh tetap tinggi, akan ditindaklanjuti tim medis.

”Panitia harus menyediakan ruangan khusus bagi peserta yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celcius,” kata Nasir.

Pemprov sendiri sudah menyiapkan ruangan khusus dengan kapasitas 10 komputer. Panitia juga wajib menyediakan fasilitas cuci tangan. Sama seperti peserta, panitia wajib menggunakan masker dan pelindung wajah.

”Kami juga mengatur jarak lokasi tes peserta,” jelasnya.

Kapasitas ruangan CAT BKD NTB 100 kompoter, namun BKN membatasi maksimal 60 orang setiap sesi. Sehari maksimal tiga sesi tes. ”Kecuali hari Jumat hanya dua sesi,” katanya.

Dengan jumlah peserta SKB 942 orang, pemprov menargetkan SKB tuntas dalam tujuh hari. Sedangkan jumlah peserta SKB seluruh NTB 6.765 orang dengan 3.204 formasi.

Tidak kalah penting, kata Nasir, para peserta yang akan ikut SKB harus memperhatikan semua ketentuan dalam pelaksanaan SKB. Antara lain, keharusan melakuan isolasi mandiri 14 hari sebelum tes.

”Tentu saja wajib menggunakan masker. Kami juga mengharuskan pakai pelindung wajah,” jelasnya.

Hand sanitizer dan sarung tangan akan disediakan panitia. Namun masker dan pelindung wajah dibawa sendiri. ”Kalau lupa bawa silahkan ambil atau beli lagi, pokoknya harus,” tegas Nasir.

Peserta dengan suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celcius bisa mengikuti tes tapi di ruangan tersendiri. Demikian juga dengan peserta dengan rapid test reaktif. ”Meraka masih diberi kesempatan tapi tes di ruangan khusus,” katanya.

Peserta yang positif Covid-19 pun masih punya peluang ikut SKB. Misalnya jadwal seleksi harusnya hari kedua, tapi peserta baru sembuh dan selesai proses isolasi di hari kelima seleksi. ”Mereka bisa ikut seleksi setelah seleksi terakhir selesai. Kami siapkan satu hari tambahan bagi mereka,” jelasnya.

Tapi bila mereka belum sembuh sampai hari terakhir seleksi, otomatis gugur. Mereka tidak diperbolehkan ikut seleksi. ”Sebenarnya dari sisi kemanusiaan kami ingin berikan kesempatan. Tapi ini demi kebaikan bersama,” ujar Nasir.

BKN dengan tegas melarang peserta positif Covid-19 ikut seleksi. Sebab, jangan sampai seleksi CPNS justru melahirkan klaster baru penularan Covid-19. ”Jangan ada klaster CPNS,” harapnya.

 

Disilakan Pilih Lokasi Ujian  

 

Untuk memudahkan seleksi, peserta berhak menentukan lokasi tes agar tidak melakukan perjalanan. Misalnya peserta dari luar NTB, mereka bisa tes di daerah domisili. Caranya, perserta mengisi pilihan lokasi tes di sistem. ”Termasuk yang di Pulau Sumbawa bisa tes di daerah asal, nanti kami akan koordinasikan teknisnya,” jelasnya.

Peserta diberi batas waktu memilih lokasi sampai 7 Agustus. Karena itu, jumlah peserta SKB yang tes di BKD NTB belum bisa dipastikan. ”Bisa saja 100 orang berkurang, mereka memilih tes di daerahnya,” ujarnya.

Pemerintah menyadari, pelaksanaan SKB sangat berisiko karena mengumpulkan banyak orang. Untuk meminimalisir risiko, protokol pencegahan Covid-19 dilaksanakan dengan ketat.

Beberapa tata cara seleksi pun diubah guna menghindari kerumunan. ”Misalnya, pengantar atau orang tua peserta tidak boleh masuk ke area seleksi,” katanya.

Di pintu masuk akan disiagakan petugas polisi atau satpol PP agar pengantar tidak masuk. Mereka hanya bisa mengantar sampai pintu gerbang. ”Kami akan gunakan cara yang humanis tentunya,” ujarnya.

Selain itu, BKD tidak lagi menyediakan papan layar monitor hasil seleksi CAT di depan kantor agar tidak ada kerumunan. ”Livescore dapat disaksikan masyarakat melalui siaran streaming,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi memastikan, semua tahapan seleksi CPNS pasti meggunakan protokol Covid-19. Meski berisiko tapi agenda pemerintah tidak boleh tertunda. Pengadaan CPNS saat ini sangat penting. ”Semuanya kan serba online, jadi tidak terlalu bermasalah,” katanya.  

 

Perluas Pelacakan

 

Di sisi lain, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menjelaskan, penanganan Covid-19 dari sisi kesehatan tetap menjadi prioritas utama. Itu sudah masuk ke dalam lima program terkait penanganan Covid-19 dan PEN. Di mana dua di antaranya merupakan fokus di sektor kesehatan.yakni Indoensia aman dan Indonesia sehat.

’’Untuk Indonesia aman antara lain diperlukan akselerasi dan perluasan dari PCR , lacak, dan karantina,’’ terangnya. Program 3T (testing, tracing, dan treatment) menjadi kunci untama untuk memetakan dan mengendalikan penularan. Dalam program itu, pemerintah melalui komite menargetkan delapan provinsi yang merah bisa segera menjadi kuning dan hijau. Yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Sejauh ini,  DKI Jakarta memang paling tinggi dalam hal tracing dan testing. Sehingga bisa menjadi contoh dan patokan untuk provinsi lainnya dalam memasifkan tracing dan testing. Kedua langkah itu penting untuk mencari siapa saja yang sudah terinfeksi Covid-19. Di samping tentunya mengarantina dan merawat mereka yang sudah diketahui terinfeksi hingga sembuh.

Pilkada juga menjadi bagian dalam program Indonesia aman. Di mana pemerintah harus menyiapkan masyarakat agar aman dalam menghadapi pilkada serentak 270 daerah tahun ini. yang pemungutan suaranya akan berlangsung apda 9 Desember mendatang. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan distribusi obat dan vaksin dalam setahun ke depan.

Sementara, program Indonesia sehat fokus pada perbaikan layanan kesehatan. Dalam hal ini percepatan layanan kemandirian kesehatan, RS, alkes, maupun obat di dalam negeri. ’’Juga didalamnya ada transformasi sistem kesehatan, termasuk BPJS kesehatan yang berkualitas,’’ lanjut Airlangga.

Dalam hal alkes, penyediaannya tidak hanya dari dalam negeri. Namun juga melibatkan kerja sama internasional. Ventilator misalnya, yang sangat berguna dalam penanganan pasien di rumah sakit.

Dalam pemenuhan ventilator ini, selain inovasi dalam negeri, Indonesia juga mendapat dukungan dari Amerika Serikat (AS). Kemarin (28/7), telah diserahkan 100 ventilator secara simbolis dari pihak Kedutaan Besar AS di Jakarta pada pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedubes AS di Jakarta Heather Variava menuturkan, ventilator produksi Vyaire Medical ini merupakan tahap pertama dari 1000 unit ventilator yang dijanjikan sebelumnya. Penyaluran akan dilakukan secara bertahap hingga Agustus 2020 mendatang. ”Seratus ventilator ini diharapkan dapat membantu merawat pasien-pasien Covid-19,” ujarnya.

Donasi ventilator ini, lanjut dia, mencerminkan komitmen jangka panjang AS untuk bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia. Termasuk, bekerja menuju pembukaan kembali perekonomian Indonesia yang aman.

Selain ventilator, AS juga telah mengucurkan USD11 juta atau sekira Rp187 miliar untuk membantu tanggapan Covid-19 Indonesia. Bantuan disalurkan dalam beberapa bentuk seperti peningkatan kapasitas laboratorium, pengawasan penyakit, serta kapasitas mempercepat deteksi dan pelacakan kasus.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan apresiasi atas perhatian dan dukungan Pemerintah AS dalam membantu Indonesia menanggulangi COVID-19. Menurutnya, ada dua hal penting dari proses tersebut. pertama, serah terima ventilator yang merupakan contoh nyata kolaborasi dalam penanganan pandemi. Kedua, bahwa kerja sama Indonesia – AS tidak berhenti disini tetapi akan memperkuat kemitraan strategis lainnya. ”Tidak hanya dalam penanganan Covid-19, tetapi untuk mencegah krisis kesehatan di masa depan. Serta, mendukung tata kelola kesehatan di tingkat regional dan global,” paparnya.

Retno juga kembali menekankan bahwa, respon kolektif adalah kunci penting dalam menghadapi tantangan globlal saat ini. Karenanya, dengan berdiri bersatu maka semua bisa pulih lebih kuat dan berhasil dalam solidaritas.

Sebagai informasi, penyaluran ventilator ini merupakan tindaklanjut dari pembicaraan kedua presiden, Donald Trump dan Joko Widodo, melalui sambungan telepon pada 24 April 2020. Pengiriman yang ditargetkan Juni sempat tertunda hingga akhirnya diserahkan kemarin. (ili/JPG/r6)

 

Ketentuan Ikut Ujian SKB CPNS

  1. Isolasi mandiri selama 14 hari sebelum ikut tes SKB
  2. Menunjukkan surat keterangan sehat yang ditunjukan hasil rapid test
  3. Wajib menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut hingga dagu
  4. Menggunakan tambahan pelindung diri seperti face shield dan sarung tangan
  5. Tidak mampir ke tempat lain sebelum ke tempat tes
  6. Tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain
  7. Membawa alat tulis pribadi
  8. Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer
  9. Peserta dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius ujian di ruangan khusus
  10. Peserta bebas memilih lokasi SKB, maksimal tiga kali pilih sebelum 7 Agustus

 

Sumber: BKD NTB

 

 

 

Peserta SKB CPNS di NTB

PEMPROV NTB

  • Jumlah formasi 414
  • Peserta 942 orang

KOTA MATARAM

  • Jumlah formasi 275
  • Peserta 619 orang

LOMBOK BARAT

  • Jumlah formasi 205
  • Peserta 407 orang

LOMBOK TENGAH

  • Jumlah formasi 479
  • Peserta 145 orang

LOMBOK TIMUR

  • Jumlah formasi 482
  • Peserta 192 orang

LOMBOK UTARA

  • Jumlah formasi 237
  • Peserta 479 orang

SUMBAWA BARAT

  • Jumlah formasi 105
  • 249 orang

SUMBAWA

  • Jumlah formasi 342
  • Peserta 613 orang

DOMPU

  • Jumlah formasi 249
  • Peserta 498 orang

BIMA

  • Jumlah formasi 241
  • Peserta 438 orang

KOTA BIMA

  • Jumlah formasi 175
  • Peserta 183 orang

Sumber: BKD NTB

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Dewan Lombok Barat Minta Pekerja Hiburan Malam Jalni Rapid Test

Antisipasi penyebaran covid di tempat hiburan malam bisa lebih ketat. DPRD Lombok Barat (Lobar) mengusulkan para pekerja hiburan malam untuk dirapid test. ”Ini juga masuk bagian protokol kesehatan,” kata Ketua DPRD Lobar Hj Nur Hidayah, Jumat (7/8)

Fitch Ratings Indonesia Naikkan Peringkat Bank Bukopin Jadi AA-

Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank Bukopin dinaikkan menjadi ‘AA-(idn)’ dari ‘BBB+(idn)’

Mata Air Lombok Utara Hanya Tersisa 77 Titik

Pemerintah KLU mencatat jumlah mata air potensial hanya tersisa 77 titik. Angka potensial itu terdeteksi sangat minim, dibandingkan total 238 mata air yang sebelumnya ada.

NTB Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah 2020

Provinsi NTB terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) atau Festival Ekonomi Syariah Indonesia ke-7 tahun 2020. ”Provinsi NTB sekaligus menjadi koordinator penyelenggaraan festival tahun ini,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam pembukaan ISEF 2020 secara virtual, Jumat (7/8).

Layangan Nyangkut Ganggu Jaringan Listrik Lombok

MATARAM-Akhir-akhir ini layang-layang kerap mengganggu aktivitas warga. Layangan putus banyak nyangkut di jaringan listrik PLN. Akibatnya listrik harus dipadamkan. ”PLN mencatat beberapa kali gangguan listrik yang disebabkan oleh layang layang,” kata Manager PLN UP3 Mataram Dony Noor Gustiarsyah, Jumat (7/8).

Tahun ini NTB Butuh Rp 8,3 Miliar Tangani Kekeringan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dana penanganan kekeringan tidak pernah sedikit. Tahun ini, BPBD NTB kembali mengusulkan dana hingga Rp 8,3 miliar lebih untuk atasi bencana kekeringan. ”Ini sedang kami usulkan mudahan dananya tersedia,” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahmadi, Jumat  (7/8).

Paling Sering Dibaca

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Peredaran Gelap Tramadol di Gomong Mataram, Lima Orang Ditangkap

Tim Satnarkoba Polresta Mataram menggerebek rumah pengedar obat-obatan daftar G di Gomong, Mataram, Rabu (5/8). Sebanyak lima orang ditangkap. ”Dua pembeli, satu perempuan sebagai  penyedia, dan dua penjual,” kata Kasatnarkoba Polresta Mataram AKP Elyas Ericson usai penggerebekan.

TGB Dukung Mohan, Bang Zul Jagokan Selly di Mataram

Jika Bang Zul (panggilan akrab H Zulkieflimansyah) mendukung pasangan Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan (paket Salaman). Maka tidak dengan TGB. Pria yang berkuasa selama 10 tahun di NTB itu memilih mendukung pasangan H Mohan Roliskana-TGH Mujibburahman (pasangan Harum).

Idola Baru Wisatawan, Bukit Pal Jepang Terapkan Sistem Booking Online

Begitu dibuka, Bukit Pal Jepang Desa Sapit, Kecamatan Suela, jadi incaran wisatawan. Dalam sebulan, bukit dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut itu sudah didaki 3.550 wisatawan. Ibarat tengah berpuasa, inilah waktunya berbuka, setelah selama pandemi Covid-19 menahan dahaga akan sepinya wisatawan.
Enable Notifications.    Ok No thanks