alexametrics
Kamis, 24 September 2020
Kamis, 24 September 2020

TKI Asal Kupang Meninggal di Lombok

MATARAM-Nasib malang dialami Noviana Sabnani, tenaga kerja Indonesia (TKI) nonprosedural asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia meninggal dunia di Lombok dalam perjalanan menuju kampung halamannya Kupang, NTT. Jenazah pahlawan devisa itu kini sudah diantar pulang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB bersama BP3TKI Mataram.

Noviana telah bekerja di Malaysia sejak tahun 2016. Dia mengalami sakit yang menyebabkan kondisinya lemas dan merasa lumpuh. Ia melapor ke KBRI Kuala Lumpur meminta bantuan agar dapat dipulangkan ke Indonesia untuk melanjutkan pengobatan di daerah asal.

Sebelum meninggal Noviana mengaku, pihak agency di Malaysia akan menyiapkan tiket Kuala Lumpur-Makasar-Kupang. Namun pada 22 Februari 2019, Noviana tiba di Lombok Internasional Airport (LIA) dalam kondisi sakit. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) BIL telah memfasilitasi Noviana mendapatkan perawatan di puskesmas terdekat.

Pelaksana Petugas (Plt) Kepala BP3TKI Mataram Norman Adhiguna menjelaskan, KKP BIL kemudian berkoordinasi dengan Crisis Center BP3TKI Mataram di bandara untuk penanganan lebih lanjut. BP3TKI Mataram segera melakukan koordinasi dengan BP3TKI Kupang untuk rencana pemulangan Noviana ke Kupang NTT. “Saat hendak berangkat, maskapai menyatakan Noviana tidak layak terbang karena kondisinya masih sakit,” tuturnya.

Selanjutnya, BP3TKI Mataram berkoordinasi dengan RSUD NTB agar Noviana dapat menerima perawatan lebih lanjut. Hasil pemeriksaan, diketahui Noviana memiliki riwayat TBC dan komplikasi lainnya termasuk paru-paru dan lemah jantung. Akibat penyakit itu, Noviana meninggal dunia 24 Februari lalu di RSUD NTB.

BP3TKI Mataram bersama Pemprov NTB berkoordinasi dengan BP3TKI Kupang dan Pemprov NTT untuk proses pemulangan jenazah ke daerah asal. Rabu (28/2) lalu jenazah dipulangkan ke Kupang, NTT.

Kadisnakertrans NTB M Agus Patria bersama staf khusus Gubernur NTB Imalawati Daeng Kombo, dan BP3TKI Mataram mengantar jenazah hingga bandara El Tari Kupang. Jenazah diserahkan ke Kadisnakertrans NTT Sisilia Sona. “Selanjutnya diantar ke daerah asal oleh BP3TKI Kupang.”

BP3TKI Mataram dan Pemprov NTB juga menyerahkan santunan kepada keluarga almarhumah. Pihak keluarga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov NTB, BP3TKI Mataram, Pemprov NTT dan BP3TKI Kupang yang telah membantu memfasilitasi pemulangan jenazah.

Agus mengatakan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk melayani masyarakat tanpa memandang daerah asal. Penanganan jenazah almarhumah merupakan bukti nyata hasil kolaborasi yang sangat baik antara BP3TKI Mataram, Pemprov NTB, Pemprov NTT dan BP3TKI Kupang.

Agus berharap kerja sama dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Ini mengingat NTB dan NTT memiliki permasalahan yang sama, yaitu masih tingginya penempatan TKI nonprosedural. (ili/r7)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Tekan Jumlah Pernikahan Dini, Rutgers Gandeng Pemkab Lobar

"Khusus di Lobar terdapat SK dari Dikbud Lobar untuk memperbanyak jumlah SMP dalam memberikan pembelajaran kesehatan reproduksi yang komprehensif melalui modul setara. Total SMP yang mengadaptasi modul setara meningkat dari 4 SMP menjadi 9 SMP. Ini menandakan respons baik pemkab dan memiliki tujuan sama untuk menekan pernikahan usia dini," terangnya.

Review Deliveree Indonesia: Pengalaman Sewa Truk Colt Diesel

Logistik merupakan hal yang sangat kompleks dan rumit. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia logistik pasti sudah tahu seberapa ribetnya memastikan barang atau kargo yang ingin dikirimkan tiba dengan selamat di lokasi tujuan.

Hasil Survei Indikator, Elektabilitas HARUM Paling Tinggi

“Pak Mohan Roliskana hingga sejauh ini paling potensial menang dalam pemilihan mendatang,” ujar  Wakil Ketua DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam pemaparan yang dilakukan secara online dari DPP Golkar Jakarta, (18/9) lalu.

Polisi Pantau Kampanye Hitam di Pilwali Mataram

Pelaksanaan Pilkada di Kota Mataram mendapat atensi penuh pihak TNI-Polri. Polresta Mataram dan Kodim 1606 Lobar telah melakukan pemetaan potensi konflik dan mencegah secara dini beberapa konflik yang biasa terjadi pada masa Pilkada.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.

Pasangan Calon Harus Memberi Perhatian pada DPT

PESERTA pemilihan yaitu Pasangan Calon harus menunjukkan perhatian lebih pada seluruh tahapan yang ada, bukan hanya pada saat pendaftaran calon atau pada pemungutan suara saja. Salah satu tahapan yang sangat menentukan ialah tahapan Penyusunan dan Pemutakhiran Daftar Pemilih atau cukup disebut dengan penyusunan DPT.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Sutradara Trish Pradana, Angkat Kisah Mohan ke Layar Lebar

Sutradara Trish Pradana tak henti melahirkan karya. Di tengah Pandemi Korona ini ia kembali ke balik layar menuntaskan film baru bertajuk "Mohan". Ini merupakan film yang diangkat dari kisah hidup Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sewaktu remaja.
Enable Notifications    Ok No thanks