alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Siswa MAN Insan Cendikia Lotim Raih Juara di KOSSMI 2021

SELONG-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Lombok Timur kembali membuktikan keunggulannya di ajang kompetisi sains tingkat nasional. Tiga siswanya yakni M Ihsanul Kamil, Muhammad Zhorif Robbaanii, dan Naufal Quraish berhasil membawa pulang medali perunggu di Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2021.

“Dua orang di bidang mata pelajaran biologi, satu di matematika,” kata M Ihsanul Kamil pada Lombok Post, kemarin (3/6).

Siswa kelas XI IPA 1 menerangkan, KOSSMI merupakan kejuaraan yang diselenggarakan oleh Abak Academy, bekerjasama dengan Surya Institute, dan juga Kemenag RI. Kompetisi yang berlangsung secara online dengan tiga tahapan tersebut diikuti ratusan siswa dari seluruh Indonesia. “Dari MAN IC Lotim sendiri ada enam orang,” jelas Ihsan.

Baca Juga :  Desa Pesanggrahan Lotim Bertahan di Zona Hijau Berkat Disiplin Ketat

Selain bangga membawa pulang medali perunggu untuk bidang biologi dan juara harapan untuk bidang matematika, Ihsan juga menjelaskan jika KOSSMI dijadikan ajang latihan persiapan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN). Karena dalam KOSSMI, soal yang diberikan pada saat penyisihan dikatakan setara dengan soal kompetisi sains tingkat kabupaten (KSK). Sementara babak semi final sama dengan kompetisi tingkat provinsi. “Dan soal finalnya sama dengan soal KSN sendiri,” terang Ihsan.

Kejuaraan sendiri berlansung selama bulan Mei lalu. Siswa lainnya Muhammad Zhorif Robbaanii menerangkan, mereka bertiga yang meraih juara di KOSSMI kini tengah menyiapkan diri untuk mengikuti KSK di Lotim. Menurutnya, kompetisi sains paling bergengsi di tingkat nasional adalah KSN itu sendiri. “Saat ini kami sudah dalam tahapan persiapan,” jelas Zhorif.

Baca Juga :  Hasil Rapid Test, Enam Petugas dan Satu Kepala Puskesmas di Lotim Reaktif

Kepala Madrasah MAN IC Lotim H Aozar Zawad mengapresiasi siswanya yang terus mengedepankan prestasi. Ia menjelaskan, selain tingginya motivasi yang diberikan guru dan orang tua, motivasi besar siswa adalah tingginya persaingan di antara mereka. Kata Aozar, hal itulah yang menyebabkan semangat untuk menjadi yang terbaik sangat tinggi di MAN IC Lotim.

“Persaingan tinggi yang sehat ini menjadi keunggulan tersendiri di MAN IC Lotim,” tutur Aozar.

Ia berharap, pada KSN tingkat kabupaten tahun ini, siswa MAN IC Lotim bisa membawa pulang lebih banyak medali dari tahun sebelumnya. Begitu juga di tingkat Provinsi dan Nasioanal. (tih/r5/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/