alexametrics
Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020

Awal 2020, Gubernur NTB Mutasi Pejabat Setiap Bulan

MATARAM–Gubernur NTB H Zulkieflimansyah kembali menggelar mutasi pejabat struktural lingkup Pemprov NTB. Khusus jabatan eselon II, terdapat satu orang pejabat non job, dua orang promosi, dan sebelas pejabat dirotasi dalam jabatan eselon yang sama.

Mutasi kemarin (4/5) tersebut hanya berjarak 16 hari dari mutasi terakhir yang digelar 17 April lalu. Secara umum, ini adalah mutasi kelima yang dilakukan Gubernur H Zulkieflimansyah sepanjang tahun 2020 ini. Yang menandakan Gubernur telah menggelar mutasi setiap bulan pada tahun ini.

Mutasi pertama tahun 2020 digelar pada 8 Januari. Saat itu, ada empat pejabat eselon II yang dimutasi. Dua orang promosi, satu orang rotasi, dan satu orang menjadi Widyaiswara.

Mutasi kembali digelar Gubernur pada 7 Februari 2020. Saat itu menyasar 375 pejabat eselon III dan eselon IV. Mutasi ketiga digelar pada 20 Maret 2020. Saat itu, melibatkan 98 pejabat. Terdiri dari 13 eselon II, 44 eselon III, dan 41 eselon IV.

Memasuki bulan April, Gubernur kembali menggelar mutasi. Kali ini melibatkan lima pejabat eselon II dan digelar pada 17 April. Untuk pertama kali saat itu, pelantikan pejabat tidak dihadiri pejabat lainnya. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pun dilakukan oleh Sekretaris Daerah NTB HL Gita Ariadi. Sementara mutasi kelima di tahun “Tikus Logam” ini, digelar di bulan kelima Mei.

Dalam mutasi ini, H Muhammad Suruji, Staf Ahli Gubernur NTB menjadi pejabat tanpa eselon. Suruji mendapat jabatan sebagai staf khusus. HM Suruji sendiri tidak hadir dalam pelantikan ini. Sementara dua orang pejabat eselon II yang dilantik merupakan hasil seleksi jabatan. Dan sebelas pejabat lainnya dirotasi dalam posisi yang sama. (Selengkapnya lihat grafis)

Selain itu, Gubernur juga melantik dan mengambil sumpah jabatan 44 pejabat eselon III dan 47 pejabat eselon IV. Beberapa pejabat eselon III dan IV dilantik melalui telekonferensi secara bersamaan lantaran adanya larangan perjalanan antar pulau dari Sumbawa ke Lombok dan sebaliknya sepanjang Pandemi Korona. Para pejabat tersebut bertugas di istansi milik Pemprov NTB di Pulau Sumbawa.

Dalam mutasi kemarin, satu jabatan eselon II dibiarkan kosong yakni Kepala Pelaksana BPBD NTB. Sebab, Kalak BPBD NTB sebelumnya, H Ahsanul Khalik dirotasi menjadi kepala Dinas Sosial NTB. Sementara, Hj Wismaningsih Drajadiah yang sebelumnya menjadi Kadisos NTB dilantik menjadi kepala Dinas Tenega Kerja dan Transmigrasi.

Amry Rakhman, yang baru sebulan diangkat menjadi kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) digeser menjadi Kepala Bappeda NTB. Begitu juga Hj Putu Selly Andayani yang baru sebulan menjadi Staf Ahli Gubernur dilantik menjadi kepala DP3AP2KB.

Peningkatan Kinerja

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah menjelaskan, perubahan komposisi dilakukan demi meningkatkan kinerja penanganan Covid-19.  Kondisi saat ini, kata Zul, memang tidak biasa. Sehingga pelantikan sangat mendesak.

”Covid-19 tidak sesederhana yang kita bayangkan sebelumnya. Kalau kita memberlakukan seperti saat ini, kita khawatir justru jumlahnya di luar yang kita perkirakan,” katanya.

Karena itu, ada wajah lama yang ingin istirahat diangkat lagi untuk berjibaku melawan Covid-19, seperti Hj Selly Putu Selly Andayani. Ia diberi tugas sebagai kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB). ”Kita minta kembali lagi, karena betapa ibu-ibu dan anak-anak menjadi korban Covid yang cukup serius,” katanya.

Saat ini, ada anak satu tahun harus ditemani relawan karena ibu, bapak dan kakaknya positif Korona semua. ”Saya kira dinas kita harus betul-betul proaktif,” katanya.

Begitu juga dengan Dinas Sosial, Gubernur Zul meminta Ahsanul Khalik menyelesaikan pemasalahan JPS Gemilang. Penyaluran bantuan tetap berorientasi pengembangan produk lokal. ”Tentu ada hiruk-pikuknya kalau data tidak valid,” katanya.

Karenanya, ia meminta dinas sosial memastikan data penerima valid. ”Jadi kadis sosial kita akan bekerja sangat keras,” imbuhnya.

Tiga orang staf ahli diangkat dari pejabat senior. Mereka diharapkan membantu gubernur dan OPD terkait menyelesaikan persoalan-persoalan pembangunan.

H Muhammad Rum, ditempatkan di DPMPTSP untuk bisa meningkatkan kinerja investasi daerah. ”Ini tidak gampang di masa pandemi Covid-19,” katanya.

Amry Rakhman, mantan pejabat di Pemkab Sumbawa Barat itu diminta membuat perencanaan pembangunan yang matang. Khusus untuk proyek smelter, Zul ingin mega proyek di Sumbawa itu tuntas. ”Saya tidak ingin karena alasan Korona smelter itu ditunda terus,” tegasnya.

Bappeda harus membuat perencanaan yang terukur, sehingga smelter bisa didesak. ”Jangan sampai tidak jadi beneran,” ujarnya.

Begitu pula dengan Tri Budiprayitno, ia diangkat menjadi kepala Satpol PP NTB diharapkan mampu mendisiplinkan warga di tengah pandemi Covid-19. Hanya dengan kedisiplinan warga, penularan Korona bisa dicegah. ”Apalagi minggu depan pemerintah rencananya mulai membuka semua bandara, kita butuh orang yang betul-betul kuat secara fisik di sini,” katanya.

Dengan dibukanya bandara, arus lalu lalang orang dari luar daerah akan semakin banyak. Kosekuensinya intensitas pergerakan manusia antar daerah akan meningkat. Sementara di Mataram dan Lombok Barat sudah terjadi transmisi penularan lokal.

Satpol PP diharapkan berperan dalam mendisiplinkan warga. ”Hanya dengan tertib dan disiplin mudah-mudahan kita bisa cepat keluar dari virus Korona ini,” tandasnya.

Suruji Merasa Jenuh

Terpisah, HM Suruji yang diminta tanggapan soal mutasi mengaku tidak bisa hadir. ”Undangan setelah duhur, saya masih di luar jadi gak bisa,” katanya.

Ia mengaku sudah menyampaikan ke Gubernur dan Wakil Gubernur, Mei ini ia mengajukan permohonan pensiun dini. ”Saya merasa jenuh,” katanya.

Namun Suruji tidak menjelaskan alasan dirinya merasa jenuh tersebut. Tapi ia sudah merencanakan pensiun sejak tahun 2016. ”Saya sudah memutuskan untuk pensiun dini,” tandasnya. (ili/kus/r6)

 

 

PEJABAT PROMOSI

  • H SAHDAN menjadi Kadis PUPR NTB
  • ZAINAL ABIDIN menjadi Karo Kerja Sama NTB

PEJABAT DIROTASI

  • M AGUS PATRIA Menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan
  • IGB SUGIHARTHA Menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian
  • ANDI PRAMARIA Menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial
  • HJ PUTU SELLY ANDAYANI Menjadi Kepala DP3AP2KB NTB
  • AMRY RAKHMAN Menjadi Kepala Bappeda NTB
  • WEDHA MAGMA ARDHI Menjadi Kepala BPSDM NTB
  • TRI BUDIPRAYITNO Menjadi Kasatpol Pamong Praja NTB
  • LALU DIRJAHARTA Menjadi Kepala Bakesbangpoldagri NTB
  • MUHAMMAD RUM Menjadi Kepala DPMPTSP NTB
  • H AHSANUL KHALIK Menjadi Kadis Sosial NTB
  • WISMANINGSIH DRAJADIAH Menjadi Kadisnakertrans NTB

NON JOB

  • HM Suruji Menjadi Staf Khusus Gubernur NTB
- advertisement mobile-

Berita Terbaru

HARUM Goda Pemilih Millenial Lewat Lomba Film Pendek dan E-Sport

Bakal Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mencoba menggoda pemilih milenial. Caranya, dengan menggelar film pendek dan e-sport. "Orang yang menggeluti dunia film tidak banyak. Bagi sebagian orang ini ekslusif. Prosesnya panjang," kata Mohan Sabtu malam (19/9) lalu.

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.

“Menara Eiffel”di Desa Seruni Mumbul Lombok Timur Ramai Pengunjung

Pengelola wisata Denda Seruni, Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya tak ingin puas dengan keberhasilannya menyedot wisatawan. Realisasi target PADes Rp 30 juta per bulan harus dapat bertambah.

Bale Mediasi Lotim Damaikan Delapan Perselisihan

SELONG-Permohonan mediasi terus berdatangan ke Bale Mediasi Lotim. “Sudah ada 36 permohonan yang masuk,” kata Koordinator Administrasi Bale Mediasi Lotim Lalu Dhodik Martha Sumarna pada Lombok Post, kemarin (18/9).

Korem 162/WB Gelar Bakti Sosial di KEK Mandalika

Sejumlah kegiatan bakti sosial di gelar Korem 162/WB dalam rangka menyambut HUT TNI ke-75 di Loteng. “Terima kasih TNI karena menggelar salah satu rangkaian HUT-nya, di daerah kami tercinta,” ujar Asisten II Setda Loteng H Nasrun, kemarin (18/9).

Dugaan Korupsi Pembangunan RS Pratama Dompu Segera Naik Penyidikan

Penyelidikan dugaan korupsi pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama Manggelewa, Dompu, tahun 2017 sebentar lagi rampung. ”Kira-kira dua minggu lagi kita naikkan ke penyidikan,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra, kemarin (18/9).

Paling Sering Dibaca

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.
Enable Notifications    Ok No thanks