Rabu, 8 Februari 2023
Rabu, 8 Februari 2023

Polda NTB Pelototi 26 Jalur Tikus dalam Pengamanan KTT G20

MATARAM-Pihak kepolisian mendeteksi ada 26 jalur tikus di wilayah NTB. Lokasinya tersebar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Polda NTB yang ikut mengamankan KTT G20 di Bali, menaruh perhatian serius pada jalur-jalur tikus ini. “Itu juga menjadi atensi,” kata Karo Ops Polda NTB Kombespol Abu Bakar Tertusi.

Namun, dia enggan membeberkan lokasi-lokasi jalur tikus tersebut. Untuk pemantauannya akan dikoordinasikan dengan Ditpolairud Polda NTB. ”Bisa dilakukan pemantauan langsung melalui jalur laut dan udara,” ujarnya.

Patroli pengamanan jalur tikus dilakukan secara rotasi. Seluruh personel yang terlibat diminta memberikan laporan setiap jam. ”Itu sebagai bentuk antisipasi,” kata dia.

Tindak lanjut dari hasil identifikasi tersebut, Abu Bakar memastikan bahwa seluruh  polres jajaran telah menerima perintah kapolda NTB. Setiap polres harus menugaskan personel melakukan pengawasan di setiap jalur tikus. ”Kami tidak memutus jalur tikusnya. Hanya saja barang bawaan dari kapal-kapal yang masuk dari jalur tikus harus diperiksa,” jelasnya.

Baca Juga :  7.978 Kamar di Lombok Masih Available, Penonton MotoGP Gak Perlu Bingung

Selain mengawasi jalur tikus, seluruh kapolres telah diperintahkan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). Seperti menggelar patroli lapangan secara rutin untuk mengantisipasi segala potensi gangguan keamanan.

Semua itu dilakukan untuk menjaga kondusivitas daerah jelang pelaksanaan KTT-G20 di Bali. ”Sesuai perintah dari komandan Operasi Puri Agung 2022 untuk pengamanan KTT G20 di Bali, kami sebagai pihak pengamanan di daerah penyangga, diminta untuk memastikan tidak ada pelaku yang berniat mengacaukan ataupun membuat onar, salah satunya yang masuk melalui jalur tikus ini,” tutupnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks