Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Kadispar NTB yang Baru Janji Bakal Lebih Mesra dengan Asosiasi Pariwisata

MATARAM-Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Jamaluddin menyebut keberadaan asosiasi pariwisata sangat penting. Sehingga sebagai Kadispar yang menggantikan Yusron Hadi, Jamal menjanjikan sinergi lebih mesra dan erat dengan pelaku dan asosiasi di sektor pariwisata.

”Kami akan silaturahim. Duduk bareng untuk satu tujuan membangun industri pariwisata di NTB, di Lombok maupun Sumbawa,” kata Jamal.

Ia menyebut, asosiasi pariwisata merupakan mitra. Selama ini, ada anggapan komunikasi dispar provinsi dengan asosiasi tidak begitu harmonis. Begitu juga dengan jajaran dispar di kabupaten/kota.

Jamal mencoba untuk memperbaiki komunikasi dengan asosiasi dan kabupaten/kota. Sehingga terbentuk sinergi yang mesra dengan Dispar Provinsi NTB. ”Mungkin ada yang kurang, itu saya coba perbaiki sehingga kami semua bisa bersinergi,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Loteng Tak Setuju Pajak Hiburan MotoGP Diturunkan, Ini Alasannya!

Katanya, di 2023 dan tahun-tahun berikutnya, Provinsi NTB bakal menggelar banyak event sport tourism. Ada Motocross Grand Prix (MXGP) di Sumbawa dan Lombok. MotoGP dan World Superbike di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah. ”Belum lagi ditambah event skala nasional maupun regional,” tutur Jamal.

Seluruh event tersebut ditargetkan sukses terselenggara. Sehingga bisa memberikan dampak positif berupa peningkatan ekonomi bagi masyarakat maupun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Jamal menyebut, kesuksesan event tidak bisa lepas dari peran asosiasi pariwisata. Ada Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI); Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo); Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA); Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata atau Asita; hingga Mandalika Hotel Association maupun asosiasi pariwisata lain.

Baca Juga :  Pejabat Pemprov NTB Kembali Berikan Bantuan Paket Sembako

”Tidak mungkin hanya pemerintah yang sukseskan event. Harus kolaborasi, kerja sama. Sama-sama berbuat untuk pariwisata Indonesia dan NTB,” tandasnya. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks