alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Ada yang Mundur, BKD NTB Usulkan NIP untuk Pelamar CPNS Ranking Dua

MATARAM-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB mengirimkan satu usulan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP) susulan.

”Ini pengganti peserta lulus yang mengundurkan diri itu,” kata Kepala BKD NTB Muhammad Nasir.

Hasil seleksi CPNS Pemprov NTB 2021 menyatakan 385 pelamar lulus. Dari jumlah tersebut, pemprov telah lebih dulu mengirimkan usulan persetujuan teknis NIP terhadap 384 peserta. Dikarenakan satu orang peserta mengundurkan diri.

”Tinggal satu orang ini yang kita proses usulan NIP-nya. Yang lainnya sudah duluan. Untuk yang satu ini sudah kita kirim Jumat kemarin,” ujar Nasir.

Ia mengungkapkan, satu orang peserta yang mengundurkan diri berasal dari Sumbawa. Yang bersangkutan memilih mundur karena telanjur menandatangani kontrak dengan perusahaan tempat dia bekerja sekarang.

Baca Juga :  Indahnya Rinjani dan Pulau-pulau Kecil dari Puncak Mantar

Jika mengundurkan diri dan memilih menjadi CPNS Pemprov NTB, peserta tersebut harus membayar denda penatil yang cukup besar. ”Sudah ada perjanjian sebelumnya. Akhirnya dipilih mundur sebagai CPNS dan melanjutkan bekerja di sana,” ungkapnya.

Tentu ada konsekuensi juga saat mundur, setelah dinyatakan lulus sebagai CPNS. Yakni, masuk daftar hitam untuk seleksi CPNS. Yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti tes di tahun-tahun berikutnya.

Sanksi tersebut diatur Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS.

”Disebutkan di sana, pemblokiran dari seleksi CPNS itu selamanya. Diblacklist selamanya, jadi tidak satu atau dua tahun saja,” jelasnya. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/