alexametrics
Selasa, 20 April 2021
Selasa, 20 April 2021

Dispar NTB Usulkan Rapid Antigen Gratis untuk Wisatawan

MATARAM-Dinas Pariwisata (Dispar) NTB mengusulkan ada tes rapid antigen gratis bagi wisatawan yang berlibur di NTB. ”Kalau ada free rapid, lebih keren. Itu kita butuhkan sekarang,” kata Kadispar NTB H Lalu Mohammad Faozal, Rabu (7/4).

Berdasarkan surat edaran (SE) Satgas Nomor 12 Tahun 2021, masa berlaku rapid antigen untuk bagi pelaku perjalanan selama 2×24 jam. Adapun untuk tes PCR maksimal 3×24 jam. Ketentuan ini berlaku untuk transportasi udara.

Adapun untuk transportasi laut maupun darat, masa berlaku rapid antigen maupun PCR sama. Yakni selama 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Faozal menilai, durasi berlakunya rapid antigen terlalu singkat bagi wisatawan. Ketika mereka datang ke Lombok atau Sumbawa, durasi berliburnya akan sangat singkat. Disesuaikan dengan masa berlaku rapid antigen.

”Kalau orang berwisata, begitu dia datang, besok dia harus pulang. Karena antigen cuma berlaku dua hari,” tuturnya.

Wisatawan bisa saja menambah durasi liburannya di NTB. Namun, konsekuensinya hasil rapid antigen mereka tidak lagi berlaku. Tidak bisa digunakan untuk perjalanan pulang ke daerah masing-masing.

”Artinya apa? Harus bayar lagi mereka untuk swab antigen. Duit lagi keluar, lumayan kan,” ucap Faozal.

Menurut Faozal, free rapid akan berguna untuk wisatawan. Sangat membantu mereka. Durasi liburan bisa lebih lama, di atas dua hari. Secara langsung kondisi ini bakal menguntungkan pelaku usaha pariwisata di bidang perhotelan dan restoran. Termasuk masyarakat yang menggantungkan ekonomi mereka di sektor pariwisata.

Dengan gratis rapid, tak menutup kemungkinan juga mendongkrak kunjungan wisatawan ke NTB. ”Tentu ada syarat dan ketentuannya nanti. Makanya ini coba kita usulkan ada free rapid untuk wisatawan,” imbuh Faozal. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks