alexametrics
Senin, 28 September 2020
Senin, 28 September 2020

12 Negara Tutup Pintu, TKI Tak Bisa Kembali ke Malaysia

JAKARTA–Pandemi Covid-19 membuat pemerintah Malaysia menutup diri dari dunia luar. Mulai hari ini, warga dari beberapa negara, termasuk Indonesia, dilarang masuk ke wilayah Malaysia. Para buruh migran dari NTB yang sempat pulang dari Malaysia juga belum akan bisa kembali untuk bekerja ke sana.

Selain buruh migran, larangan tersebut berlaku bagi pemegang izin tinggal jangka panjang, pelajar, ekspatriat, penduduk tetap, anggota keluarga atau mereka yang memiliki pasangan warga Malaysia di Indonesia, dan peserta program Malaysia Rumah Kedua Ku.

Mengutip The Star, Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin menegaskan, larangan itu bertujuan untuk menghindari penularan Covid-19 dari luar negeri. Apalagi, status lockdown sudah dilonggarkan dengan menerapkan recovery movement control order (RMCO) sejak 7 Juni hingga 31 Desember mendatang.

’’Saat ini situasi terkendali. Namun, jika terjadi peningkatan kasus di daerah tertentu, pemerintah akan menggunakan pendekatan yang ditargetkan,’’ kata Muhyiddin dalam pernyataan resmi 28 Agustus lalu.

Meski demikian, karantina yang ketat masih diberlakukan pemerintah Malaysia untuk tempat-tempat tertentu. Dia menyadari risiko penularan Covid-19 yang sangat cepat. Siapa pun yang melanggar akan dihukum sesuai dengan ketentuan. ’’Untuk itu, saya mendukung usulan Kementerian Kesehatan untuk menaikkan denda majemuk untuk pelanggaran terkait setidaknya dua atau tiga kali lipat dari tarif saat ini,’’ tegasnya.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menuturkan, pihaknya telah memanggil duta besar (Dubes) Malaysia di Jakarta untuk meminta klarifikasi. Batas waktu kebijakan temporary travel resistance itu belum ditentukan hingga pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah negeri jiran. ’’Dalam pertemuan tersebut, Dubes Malaysia menyampaikan bahwa kebijakan itu bersifat sementara dan akan di-review setiap pekan,’’ ucap Judha dalam press briefing Jumat (4/9).

Dia juga menyampaikan, pemerintah Malaysia menambah daftar negara yang dilarang masuk menjadi 12 negara (lihat grafis) dari semula hanya 3 negara. Filipina, Indonesia, dan India. Karena itu, Kemenlu mengimbau seluruh WNI yang ada di dalam negeri untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. Kecuali jika ada keperluan yang sangat mendesak.

Terkait dengan kondisi WNI di Malaysia, Judha menjelaskan bahwa saat ini kondisi mereka lebih baik. Pemerintah Malaysia saat ini menerapkan RMCO yang memberikan kelonggaran untuk berbagai aktivitas ekonomi.

“Meski demikian, perwakilan kita di Malaysia selalu stand by untuk memberikan bantuan logistik bagi WNI kelompok rentan yang memang masih membutuhkan bantuan selama masa RMCO,’’ ungkapnya.

Pakar hubungan internasional Universitas Padjadjaran Bandung Teuku Rezasyah mengingatkan, Indonesia sebaiknya tidak terlalu reaktif atas keputusan Malaysia. ’’Kita harus bijaksana bahwa ini kewenangan Malaysia lho,’’ ujarnya. Bagaimanapun, Malaysia adalah negara berdaulat. Salah satu prinsip hubungan internasional adalah hubungan antarnegara yang saling menghargai.

Rezasyah mengakui, keputusan itu memang bisa menimbulkan kepanikan di masyarakat. Sebab, banyak buruh migran Indonesia yang bekerja di Malaysia. Maka, tugas pemerintah adalah menenangkan publik. ’’Bahwa ini aturan hukum. Malaysia terpaksa berbuat begitu dan kita nggak bisa memaksa Malaysia untuk mengubah,’’ lanjutnya.

Dari istana, Deputi III Kantor Staf Presiden Panutan Sakti Sulendrakusuma menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia perlu memahami langkah yang diambil Malaysia. ’’Langkah yang diambil tersebut adalah untuk melindungi kepentingan nasionalnya,’’ ujar Panutan dalam diskusi virtual kemarin (6/9). Dalam hal ini terkait dengan dampak pandemi Covid-19.

Memang, apabila larangan tersebut berlaku dalam kondisi normal, Indonesia tentu akan sangat terdampak, khususnya dalam hal pergerakan orang. Namun, saat ini kondisinya pandemi sehingga orang memang tidak bisa bebas bepergian. ’’Saat ini pekerja migran Indonesia yang banyak berada di luar negeri, termasuk di Malaysia, kan pulang juga,’’ lanjut Panutan.

Dari sisi pergerakan barang, kebijakan tersebut sama sekali tidak berpengaruh bagi kedua negara. Sebab, aktivitas ekspor-impor masih berjalan. Juli lalu, misalnya, Malaysia masih masuk enam besar negara tujuan ekspor Indonesia. Sebaliknya, pada bulan yang sama, Malaysia juga berada di urutan ketujuh negara asal impor yang masuk ke Indonesia.

 

Melbourne Perpanjang Lockdown

 

Sementara itu, penduduk Melbourne, Australia harus bersabar lebih lama. Lockdown di ibu kota Victoria itu seharusnya berakhir 13 September nanti. Namun, karena angka Covid-19 belum turun signifikan, kebijakan itu diperpanjang selama dua pekan hingga 28 Oktober mendatang.

’’Jika mencabut lockdown sekarang, kita akan kehilangan kontrol dengan sangat cepat,’’ ujar Perdana Menteri Negara Bagian Victoria Daniel Andrews kemarin siang (6/9) seperti dikutip Agence France-Presse. Dia meyakini, jika lockdown tidak diperpanjang, kasus akan naik lagi dan kebijakan kuntara itu harus diterapkan lagi sebelum akhir tahun.

Victoria adalah penyumbang terbesar Covid-19 di Australia dan pusat penularannya ada di Melbourne. Dari 753 kematian yang terjadi di negara tersebut, 90 persennya berasal dari Victoria. Lockdown kedua di Melbourne dan sekitarnya diterapkan sejak 9 Juli lalu.

Orang-orang boleh bepergian dalam radius 5 kilometer. Lebih dari itu harus ada izin khusus, misalnya untuk bekerja. Jam malam pun diterapkan dan berbagai toko, kafe, serta kelab malam juga ditutup.

Kebijakan yang sangat ketat tersebut akan dikurangi sedikit demi sedikit. Awal masa perpanjangan akan masuk fase 1. Yaitu, jam malam lebih singkat satu jam, dimulai pukul 21.00–05.00. Mereka yang tinggal sendirian boleh mengunjungi satu sama lain. Waktu olahraga juga diperpanjang dari 1 jam menjadi 2 jam. Seluruh sekolah tetap ditutup.

Jika pada 28 September kasus di negara bagian tersebut stabil antara 30–50, maka masuk fase tiga pembatasan. Batasan orang yang berkumpul dari dua rumah berbeda naik menjadi 5 orang. Beberapa sekolah boleh dibuka. Nah, jika pada 26 Oktober kasusnya di bawah 5, jam malam bakal dicabut.

Tak semua setuju dengan kebijakan pemerintah. Sehari sebelum pengumuman perpanjangan, massa menggelar aksi menentang kebijakan lockdown. Sekitar 300 orang turun ke jalan di Melbourne. ’’Orang-orang ingin ini segera berakhir, saya pun demikian,’’ tegas Andrews menyikapi aksi itu, seperti dikutip BBC.

Berdasar hasil survei yang diunggah majalah Forbes, Australia masuk di posisi ke-6 sebagai negara teraman dari Covid-19. Survei itu dilakukan Deep Knowledge Group sejak Juni dengan menggunakan sekitar 140 parameter. Ranking tersebut tidak hanya didasarkan atas berapa banyak infeksi dan kematian akibat Covid-19. Serangkaian penilaian kompleks dilakukan dari bebagai faktor. Medis, ekonomi, hingga politik ikut dipertimbangkan.

Aspek-aspek yang dinilai adalah apakah ada kemauan politik dan penerimaan masyarakat atas kebijakan karantina dan lockdown. Kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah juga dipertimbangkan. Ditambah kemampun monitoring dan deteksi serta sistem kesehatannya.

Jerman duduk di posisi pertama, disusul dengan Selandia Baru dan Korea Selatan. Amerika Serikat (AS) harus puas duduk di posisi ke-55. Indonesia bahkan terperosok di urutan ke-79, hanya unggul satu angka dibandingkan dengan India.

Covid-19 di India saat ini memang hampir tak terkendali. Kemarin ada 90.632 kasus baru. Itu adalah salah satu kasus harian tertinggi secara global. Total angka kematian di negara yang dipimpin PM Narendra Modi itu telah mencapai 70.626. Diperkirakan hari ini India akan mengambil alih Brasil di posisi kedua negara dengan kasus terbanyak. (han/wan/byu/c19/oni/JPG/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Belum Terima Bantuan Kuota, Siswa Diminta Lapor ke Sekolah

Bantuan subsidi kuota internet 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi dikucurkan sejak Selasa (22/9). Kuota diberikan bertahap. Bila hingga batas waktu belum menerima, peserta didik dan pendidik dipersilahkan lapor.

Penataan Kawasan Wisata Senggigi Dimulai

Penataan kawasan wisata Senggigi direalisasikan Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar). Sayang, dari tujuh proyek dalam perencanaan, hanya lima yang bisa dieksekusi.

LPPOM MUI NTB Target Sertifikasi Halal 125 Usaha Rampung Tahun Ini

”Rinciannya, dari Dinas Perindustrian NTB dan pusat sebanyak 75 usaha, serta Dinas Koperasi Lombok Barat sebanyak 50 usaha,” katanya, kepada Lombok Post, Rabu (23/9/2020).

Solusi BDR Daring, Sekolah Diminta Maksimalkan Peran Guru BK

Jika terkendala akses dan jaringan internet, layanan dilaksanakan dengan pola guru kunjung atau home visit. ”Di sanalah mereka akan bertemu dengan siswa, orang tua, keluarga. Apa permasalahan yang dihadapi, kemudiann dibantu memecahkan masalah,” pungkas Sugeng.

Subsidi Kuota Internet, Daerah Blank Spot di NTB Pertanyakan Manfaat

”Kalau jangkauan towernya luas, tentu ini sangat menunjang sekaligus mendukung pemanfaatan kebijakan pusat,” tandasnya.

Anugerah Pewarta Astra 2020 Kembali Digelar

Astra mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2020. ”Di NTB sendiri kami membina warga Kelurahan Dasan Cermen yang merupakan wilayah Kampung Berseri Astra. Harapannya, masyarakat dapat menggambarkan dukungan Astra untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih optimis demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujar Gusti Ayu.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.
Enable Notifications    Ok No thanks